×

Tips Agar Bayi Mau Pakai Dot

Bagikan Artikel :

Tips Agar Bayi Mau Pakai Dot

Bagi ibu karir yang baru saja melahirkan pasti tidak selamanya bisa menyusui langsung dari payudara. Pada jam-jam kerja ibu terpaksa memberikan susu melalui botol dot, entah itu ASI perah atau susu formula.
Tapi sayang sekali tidak semua bayi bisa langung menerima botol dot setelah. Kadang di awal-awal mereka menolaknya. Memang membuat anak mau menyusu dari botol dengan dot, butuh perjuangan tersendiri. Nah di sini bidan Citra bakalan share beberapa tips agar bayi mau menyusu melalui botol dot

Related Posts :

    Cara Mudah Agar Bayi Mau Minum Susu Dengan Botol Dot

    1. Memilih botol susu yang beraliran tepat dan ukuran sesuai
      Botol susu masa kini memiliki ukuran, bentuk, dan fitur yang disesuaikan dengan keperluan bayi. Bahkan, ada juga botol dan dot yang didesain khusus untuk bayi berkebutuhan khusus, misalnya bayi berbibir sumbing.
      Namun pada umumnya, bayi membutuhkan botol susu yang sesuai dengan takaran konsumsi susunya. Bayi baru lahir bisa diberikan botol susu dengan takaran 60 ml, bayi usia sedang membutuhkan botol berukuran 120 ml atau 240 ml.
      Pilih bentuk botol yang ergonomis. Artinya, badan botol nyaman dipegang pemberi susu atau oleh lengan mungil si Kecil. Di usia 5 bulanan, bayi memang sudah akan berusaha memegang sendiri botol susunya.
      Aliran susu di dalam botol dipengaruhi bentuk, ukuran, dan juga fitur di botol. Ada botol yang menggunakan filter pengatur aliran susu atau ventilator sehingga tidak akan membuat bayi tersedak atau susu mengalir terlalu deras.
    2. Pilih dot yang mirip puting mama
      Menyusu membutuhkan tenaga. Dot yang tidak tepat bisa membuat bayi mengeluarkan tenaga terlalu besar untuk mendapatkan asupan gizinya.
      Beragam bahan dan bentuk dot, memberikan pengaruh pada kualitas makan si Bayi. Untuk meringankan usaha bayi, pilih dot yang kenyal dan bentuknya sedekat mungkin dengan payudara mama. Ada dot yang menyerupai puting dan bentuknya besar.
      Ingat juga bahwa ukuran lobang dot bermacam-macam. Pastikan juga lubangnya tidak terlalu besar sehingga bayi mudah tersedak.
    3. Minta tolong orang lain untuk memberikan susu
      Untuk mama yang tidak mampu memberi ASI secara langsung, alternatif lain agar dapat memberi makan bayi adalah menggantinya dengan susu formula atau ASI perah.
      Agar mudah, cobalah minta tolong orang lain untuk membantu sang Bayi meminum susu dari botol.
      Jika Anda sendiri yang memberikan, kemungkinan akan ditolak. Pasalnya, si Kecil bisa mengenali Anda dari aroma tubuh dan ia bisa mogok menyedot botol atau rewel karena ingin menyusu langsung. Oleh karena itu, Anda perlu meminta tolong suami atau sang Nenek untuk memberikan susu dari botol kepada si Kecil.
    4. Memberikan susu dengan posisi menyusui
      Beberapa posisi menyusui bisa menjadi cara agar bayi mau minum susu dari botol susu. Pada dasarnya ini bisa memengaruhi naluri bayi bahwa mereka mendapatkan susu dengan cara minum yang sama.
      Usahakan menjaga posisi telinga, bahu, serta pinggul bayi. Pastikan tubuhnya sejajar dengan tubuh Anda agar bayi bisa lebih mudah menelan selama minum susu menggunakan botol.
    5. Berikan dengan cara yang menyenangkan
      Ada situasi yang membuat memberi bayi susu botol terlalu menegangkan dan stres. Si Bayi bisa saja menolak botol susu dan rewel seharian.
      Jangan patah semangat! Cobalah lagi dengan metode yang berbeda. Berikan hiburan menyenangkan seperti bernyanyi atau bercerita dengan bayi saat ia menyusu.
      Ini salah satu usaha untuk merayunya agar ia tidak menolak saat diberi minum susu melalui botol.
    6. Memberi susu dari botol saat bayi mengantuk
      Umumnya, memberi susu memakai botol tidak langsung berhasil. Kali ini, cobalah mengenalkan botol susu pada bayi saat malam hari. Ketika bayi merasa mengantuk saat minum, sehingga mungkin saja bayi tidak sadar apa yang diminumnya.
    7. Menggendong bayi sambil mengayunkannya
      Agar bayi tidak sadar dengan yang diminumnya, cobalah membuat bayi nyaman dengan menggendong dan mengayunkannya. Kemudian berikan dot botol susu dengan pelan. Coba dengan jumlah yang sedikit.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 10, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hubungan intim

  • Oleh : Sefty Liani
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb! bu bidan ..saya mo tanya, saya kan pengantin baru tapi sampai saat ni penis belum masuk sepenuhnya kedalam vagina sehingga membuat suami saya merasa kesal dan marah kpd saya. Dia mengira saya ad penyakit n dia curiga sy mnyembunyikan sesuatu darinya. Bagaimana solusinya bu bidan?😊

  • Oleh : Sefty Liani
  • Vitamin Kehamilan

  • Oleh : ruqiah qiah
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan..
    sy mau bertanya tentang produk garden life Vitamin code Raw Prenatal apakah komposisinya aman dan halal..trimakasih

  • Oleh : ruqiah qiah
  • curhat

  • Oleh : Aini Muti
  • 4 tahun, 12 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bik sy mo nnya kan sy haid bulan kemaren tgl 19 oktber dan selsai haid tgl 25okt, nah sekarng sdh blan nov tgl 29 berart telat sdh bbrpa hari kan buk? Apa benar buk sdh di hitung 2 bulan

    Benjolan kecil di dalam bibir vagina sebelah kanan

  • Oleh : Yuni Setiasih
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore dok.
    Saya mau tanya.
    Apakah benjolan kecil di dalam bibir vagina sebelah kanan dengan berbahaya? Tidak sakit sih dok. Cuman kalo misal di pegang agak sedikit gatal. Lalu kalo di teken terasa sedikit sakit. Mohon jawabannya 🙏

  • Oleh : Yuni Setiasih
  • Keluar bercak merah kecoklatan sebelum masa haid

  • Oleh : Dwi Nanda
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Mau tanya dok apakah itu normal?, padahal saya baru umur 18 tahun dan memang siklus haid saya belum teratur

    Tanya Bidan