×

Tips Agar Buah Hati Anda Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Bagikan Artikel :

curhatbidan.com,- Memiliki anak merupakan dambaan bagi setiap pasangan, terutama pasangan baru. Namun, bagi pasangan yang baru saja memiliki anak, pasti akan merasa kerepotan ketika merawat si kecil yang masih bayi. Orangtua harus sabar untuk memberinya makan dan minum, memandikannya, serta menidurkannya di malam hari.  Agar buah hati Anda bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, simak informasi seputar tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari berikut ini !

5 Tips Agar Buah Hati Anda Tidur Nyenyak Di Malam Hari

                               

Tidak jarang ibu selalu merasa sangat kerepotan ketika menidurkan bayi di malam hari. Bayi yang berusia beberapa bulan biasanya sering terbangun di malam hari, sehingga ibupun turut bangun saat mendengar si kecil menangis. Memang hal ini menjadi kewajiban bagi seorang ibu. Namun, jika hal tersebut terlalu sering terjadi, justru jadwal tidur akan terganggu yang dapat berdampak pada kesehatan.

Untuk mencegah agar si kecil tidak sering bangun di malam hari, berikut ini beberapa tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari yang bisa bunda lakukan :

Pastikan Tempat Tidur Bersih dan Wangi

Sebelum menidurkan buah hati Anda, pastikan tempat tidur yang akan digunakan si kecil bersih dan wangi. Kebersihan tempat tidur menjadi jaminan utama agar seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Selain bersih, usahakan juga agar suasana tempat tidur nyaman dan wangi. Jika diperlukan, berikan wewangian alami (minyak lavender) agar buah hati semakin rileks ketika tidur.

Perhatikan Lampu

Ketika tidur di malam hari, berikan suasana yang paling nyaman dan tenang pada bayi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana paling nyaman, adalah dengan meletakkan lampu di kamar si kecil. Usahakan agar si kecil tidur di bawah nyala lampu yang hangat. Hindari menidurkan bayi di bawah sinar lampu yang terlalu terang, karena hal ini bisa memicu ketidaknyamanan pada buah hati Anda. Gunakan lampu yang redup namun hangat dan nyaman di kamar tidur si kecil.

Temani Buah Hati Anda Saat Tidur

Ketika si kecil sedang tidur, usahakan orangtua untuk selalu ada disampingya. Bayi yang tidur dengan ditemani orangtua akan lebih tenang, lebih pulas, dan lebih nyaman saat tidur. Bayi akan merasa aman ketika ia melihat orangtuanya berada disampingnya. Selain tidurnya semakin nyenyak, bayi yang ditemani orangtua saat tidur juga akan semakin percaya diri dan mendapatkan tumbuh kembang fisik maupun psikologis yang baik.

Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Related Posts :

    Tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari berikutnya yang mudah juga ampuh yaitu memandikannya dengan air hangat. Air hangat bisa membuat tubuh bayi menjadi rileks dan tenang. Ketika ia tenang, maka bisa dipastikan ia bisa tidur dengan baik. Sertakan pijatan pelan saat bayi mandi agar tubuhnya semakin rileks dan tenang.

    Susui Bayi Sebelum Tidur

    Bunda, jangan lupa untuk memastikan agar bayi dalam kondisi kenyang saat tidur. Karena jika kondisi bayi dalam keadaan yang lapar ketika tidur, maka hal ini akan mengganggunya dan tidak jarang membuatnya menjadi rewel. Maka dari itu, untuk membuat buah hati Anda merasa cukup kenyang, berilah makanan atau susu bayi sebelum tidur.

    Nah, bunda, jika si kecil sering terbangun dan rewel pada malam hari, 5 tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari tersebut bisa bunda lakukan untuk mengatasi sekaligus mencegah bayi terbangun di malam hari. Jika si kecil bisa tidur dengan nyenyak, maka kualitas tidur ibu dan si kecil pun menjadi lebih baik dan akan bangun dengan kondisi yang lebih segar di pagi hari. Semoga bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 1, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Benjolan di vagina

  • Oleh : Teresha Vio
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bu bidan kok di vagina saya itu kok ada benjolan ya, itu kenapa ya Bu bidan?

    Benjolan pada Miss v

  • Oleh : Wasilatul Bariroh
  • 3 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum dok mau tanyak kenapa setiap kali saya mau buang air kecil atau air besar ketika mengejan di Miss v sapa tepat pada di area lubangnya muncul benjolan yang warnanya merah

  • Oleh : Wasilatul Bariroh
  • Cara menunda kehamilan

  • Oleh : Sumarni
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu allaikum…bu bidan.sy mau tanya.sya sdah 8 blan hbis mlahirkan.tpi suami dan ibu mertua sya kurang stuju dngan KB.tpi sya ragu tkut hamil lgi.agar sya tdak hmil lgi,bgaimana caranya dok?terimakasi

    Tentang kehamilan

  • Oleh : Vianney Valista
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan..mohon pencerahannya ya.
    Saya baru saja menikah,pengetahuan saya tetang hubungan intim dan kehamilan msh sangat minim sekali.
    Saya dan suami ingin menunda kehamilan krn ada bbrp alasan perkerjaan.
    Tadi kami melakukan hubungan intim di H+2 setelah saya haid dan suami saya membuang diluar.itu tidak membuat saya hamil kan bu?mohon pencerahan dan penjelasannya?

    Tanya Bidan