×

Tips Agar Buah Hati Anda Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Bagikan Artikel :

curhatbidan.com,- Memiliki anak merupakan dambaan bagi setiap pasangan, terutama pasangan baru. Namun, bagi pasangan yang baru saja memiliki anak, pasti akan merasa kerepotan ketika merawat si kecil yang masih bayi. Orangtua harus sabar untuk memberinya makan dan minum, memandikannya, serta menidurkannya di malam hari.  Agar buah hati Anda bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, simak informasi seputar tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari berikut ini !

5 Tips Agar Buah Hati Anda Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Related Posts :

                                   

    Tidak jarang ibu selalu merasa sangat kerepotan ketika menidurkan bayi di malam hari. Bayi yang berusia beberapa bulan biasanya sering terbangun di malam hari, sehingga ibupun turut bangun saat mendengar si kecil menangis. Memang hal ini menjadi kewajiban bagi seorang ibu. Namun, jika hal tersebut terlalu sering terjadi, justru jadwal tidur akan terganggu yang dapat berdampak pada kesehatan.

    Untuk mencegah agar si kecil tidak sering bangun di malam hari, berikut ini beberapa tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari yang bisa bunda lakukan :

    Pastikan Tempat Tidur Bersih dan Wangi

    Sebelum menidurkan buah hati Anda, pastikan tempat tidur yang akan digunakan si kecil bersih dan wangi. Kebersihan tempat tidur menjadi jaminan utama agar seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Selain bersih, usahakan juga agar suasana tempat tidur nyaman dan wangi. Jika diperlukan, berikan wewangian alami (minyak lavender) agar buah hati semakin rileks ketika tidur.

    Perhatikan Lampu

    Ketika tidur di malam hari, berikan suasana yang paling nyaman dan tenang pada bayi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana paling nyaman, adalah dengan meletakkan lampu di kamar si kecil. Usahakan agar si kecil tidur di bawah nyala lampu yang hangat. Hindari menidurkan bayi di bawah sinar lampu yang terlalu terang, karena hal ini bisa memicu ketidaknyamanan pada buah hati Anda. Gunakan lampu yang redup namun hangat dan nyaman di kamar tidur si kecil.

    Temani Buah Hati Anda Saat Tidur

    Ketika si kecil sedang tidur, usahakan orangtua untuk selalu ada disampingya. Bayi yang tidur dengan ditemani orangtua akan lebih tenang, lebih pulas, dan lebih nyaman saat tidur. Bayi akan merasa aman ketika ia melihat orangtuanya berada disampingnya. Selain tidurnya semakin nyenyak, bayi yang ditemani orangtua saat tidur juga akan semakin percaya diri dan mendapatkan tumbuh kembang fisik maupun psikologis yang baik.

    Mandikan Bayi dengan Air Hangat

    Tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari berikutnya yang mudah juga ampuh yaitu memandikannya dengan air hangat. Air hangat bisa membuat tubuh bayi menjadi rileks dan tenang. Ketika ia tenang, maka bisa dipastikan ia bisa tidur dengan baik. Sertakan pijatan pelan saat bayi mandi agar tubuhnya semakin rileks dan tenang.

    Susui Bayi Sebelum Tidur

    Bunda, jangan lupa untuk memastikan agar bayi dalam kondisi kenyang saat tidur. Karena jika kondisi bayi dalam keadaan yang lapar ketika tidur, maka hal ini akan mengganggunya dan tidak jarang membuatnya menjadi rewel. Maka dari itu, untuk membuat buah hati Anda merasa cukup kenyang, berilah makanan atau susu bayi sebelum tidur.

    Nah, bunda, jika si kecil sering terbangun dan rewel pada malam hari, 5 tips agar buah hati Anda tidur nyenyak di malam hari tersebut bisa bunda lakukan untuk mengatasi sekaligus mencegah bayi terbangun di malam hari. Jika si kecil bisa tidur dengan nyenyak, maka kualitas tidur ibu dan si kecil pun menjadi lebih baik dan akan bangun dengan kondisi yang lebih segar di pagi hari. Semoga bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 1, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Saya mau bertanya tantang kehamilan saya buk

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Asalamualikum buk saya mau bertanya saya kan hpht tanggal 25 september buk saya tp tanggal 5 oktober hasil nya positif buk sya sampai tes 2 kali trus tnggal 9 sya keluar darah slam 3 hari kyak hait dan saya tp masih 2 gris nya jarak nya 2 minggu setelah berdarh dan sya tp kmarin kok bisa gris satu buk dan sya sampai sekarng jga ngak ada keluar darah lagi bun tpi perut smakin besar tolong penjelasan nya buk terimakasih

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • Amankah episiotomi saat persalinan?

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    N

  • Oleh : Pak Eko
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya berhubungan pada tanggal 18 saya agak ragu air maninya keluar di dalam atau di luar tetapi banyak air mani yang terbuang keluar dan saya ragu kalau masih ada air mani yang masuk ke dalam dan pada tanggal 30 saya mengalami haid,apakah bisa terjadi kehamilan dok?

  • Oleh : Pak Eko
  • Jari Dan Persendian

  • Oleh : Mbak aty
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya kan sering membunyikan bagian jari dan juga persendian saya saat sedang pegal. Apakah hal ini berbahaya dok bagi kesehatan?

    tentang kehamilan

  • Oleh : ridhillah gusni
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    buk bidan, saya baru menikah 5 bulan lalu, smpe saat ini masih belum hamil. saya mengalami flek udh sekitar 2 minggu ini, des saya telat mens 10 hari, namun tadi pagi coba tespack hasil nya negative, jadi flek saya itu kenapa ya buk bidan..?

    Tanya Bidan