×

Tips Cara Merawat Bayi Kembar dengan Benar

Bagikan Artikel :

Mungkin di antara anda ada yang ingin melahirkan bayi kembar atau memang baru-baru ini mendapatkan anugerah melahirkan bayi kembar. Apalagi jika bayi kembar tersebut berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Anda pun harus merawat keduanya dengan cara yang cukup berbeda dari cara yang selama ini diterapkan untuk bayi-bayi pada umumnya, (bukan kembar).

Walaupun persiapan yang cukup matang telah anda siapkan untuk menantikan kehadiran bayi kembar yang akan dilahirkan, terutama kesiapan mental, fisik, dan finansial yang ekstra, anda juga jangan melupakan cara yang tepat untuk mengurus kedua bayi anda tersebut sampai ia tumbuh besar. Untuk membantu para bunda dan ayah yang mungkin merasa kesulitan dalam mengurus bayi kembar, anda bisa ikuti beberapa tips cara merawat bayi kembar dengan benar yang direkomendasikan para bidan berikut ini dilihat dari berbagai hal, di antaranya :

Memandikan

Memandikan bayi menjadi salah satu kegiatan yang cukup merepotkan bagi para bunda, apalagi bunda harus memandikan kedua buah hatinya secara bersamaan. Namun, para pakar kesehatan menyarankan untuk memandikan bayi anda secara bergantian atau bergiliran pada usia anak 0-6 bulan, karena tubuhnya masih rentan. Selain itu, anda bisa meminta bantuan suami atau sanak saudara untuk membantu memegang sang buah hati agar ia bisa dimandikan dengan benar. Ketika mereka sudah mulai bisa duduk, baru anda bisa memandikan keduanya bersamaan.

Mengganti baju

Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah ketika mengganti pakaian si kecil. Pastikan jika pakaian, kosmetika (jika perlu), handuk, dan perlengkapan lainnya telah anda siapkan sebelum memandikan. Persiapan ini tentu akan memudahkan anda menggantikan baju anak, terutama jika bayi anda mudah rewel. Anak kembar tak harus selalu memakai pakaian yang sama yah.

Menyusui

Memberikan ASI eksklusif pada bayi penting untuk anda lakukan. Jika diperlukan, anda mungkin bisa menyiapkan ASI perah yang bisa dibutuhkan secara tiba-tiba. Selain itu, anda juga bisa menggunakan 2 bantal untuk menopang tubuh kedua bayi anda agar bisa menyesuaikan posisi yang nyaman ketika menyusui.

Makanan pendamping ASI

Saat anak usia 6 bulan, anda sudah mulai bisa memberikan makanan pendamping ASI untuk si kecil. Anda bisa siapkan 2 piring makanan (porsi bayi) untuk melihat porsi makan mereka. Selain itu, anda pun bisa menyuapi mereka berdua secara bergantian atau memanggil suami dalam membantu memberikan makan untuk kedua buah hati. yang perlu anda ingat adalah, berusahalah untuk selalu memberikan makanan yang menyenangkan agar mereka bisa makan dengan lahap.

Stroller

Stroller atau roda bayi tentu akan anda butuhkan untuk bayi kembar agar bisa anda bawa kemanapun, karena tak mungkin jika anda harus menggendong kedua buah hati anda tersebut. Anda pun harus memilih jenis stroller khusus bayi kembar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa memberikan kenyamanan pada si kecil.

Ketika kedua buah hati sudah tumbuh, berikan mereka kesadaran bahwa mereka merupakan 2 orang yang sama, namun memiliki beberapa perbedaan yang perlu dimengerti juga, seperti hobby, kekuatan mental, kecerdasan, juga ketahanan tubuh.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat atau mengurus bayi kembar yang selama ini dianggap merepotkan ketika ia masih kecil, namun akan terlihat menarik dan cute ketika mereka mulai tumbuh besar. Jangan sampai anda salah dalam melakukan perawatan bayi kembar, karena ini berkaitan pula dengan pertumbuhan, perkembangan, maupun kesehatannya mereka.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 25, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Payudara

  • Oleh : wiwid widia
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dok. usia saya 26 thn. saya belum menikah. saya memiliki payudara yg rata. saya mau bertanya, apa berarti saya mengalami hipolasia payudara?apakah berbahaya? apa bisa menghasilkan asi? apa harus dikonsultasikan ke bidan? dan brp bnyak wanita yg mengalami hipolasia seperti saya? karena jujur saya merasa takut, malu dan minder. Terimakasih sebelumnya. Saya harap pertanyaan saya bisa langsung dijawab.

  • Oleh : wiwid widia
  • Keputihan Yang Tak Normal

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • Apakah masturbasi mempengaruhi kesuburan?

  • Oleh : teenasuttor096
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan saya mau tanya apakah onani atau masturbasi bisa mempengarhi kesuburan? Mohon jawabannya

    Kemandulan

  • Oleh : Ahmad Fajar Fathurahman
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bidan
    Selamat sore,
    Saya mau tanya apakah benar terlalu sering onani menyebabkan kemandulan ?

    Terima kasih bidan

    Seputar payudarah

  • Oleh : Risma Syifa
  • 4 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum. Malam bu bidan, saya mau tanya sempat beberapa kali puting saya mengeluarkan bercah putih sehabis mandi tapi alhamdulillah sudah lama tidak. Tapi kalo sama melakukan sadari alhamdulillah tidak ada keluar cairan seperti yang bu bidan katakan diyoutube. Itu kenapa ya bu?

    Tanya Bidan