Tips Cara Merawat Bayi Kembar dengan Benar

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Mungkin di antara anda ada yang ingin melahirkan bayi kembar atau memang baru-baru ini mendapatkan anugerah melahirkan bayi kembar. Apalagi jika bayi kembar tersebut berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Anda pun harus merawat keduanya dengan cara yang cukup berbeda dari cara yang selama ini diterapkan untuk bayi-bayi pada umumnya, (bukan kembar).

    Walaupun persiapan yang cukup matang telah anda siapkan untuk menantikan kehadiran bayi kembar yang akan dilahirkan, terutama kesiapan mental, fisik, dan finansial yang ekstra, anda juga jangan melupakan cara yang tepat untuk mengurus kedua bayi anda tersebut sampai ia tumbuh besar. Untuk membantu para bunda dan ayah yang mungkin merasa kesulitan dalam mengurus bayi kembar, anda bisa ikuti beberapa tips cara merawat bayi kembar dengan benar yang direkomendasikan para bidan berikut ini dilihat dari berbagai hal, di antaranya :

    Memandikan

    Memandikan bayi menjadi salah satu kegiatan yang cukup merepotkan bagi para bunda, apalagi bunda harus memandikan kedua buah hatinya secara bersamaan. Namun, para pakar kesehatan menyarankan untuk memandikan bayi anda secara bergantian atau bergiliran pada usia anak 0-6 bulan, karena tubuhnya masih rentan. Selain itu, anda bisa meminta bantuan suami atau sanak saudara untuk membantu memegang sang buah hati agar ia bisa dimandikan dengan benar. Ketika mereka sudah mulai bisa duduk, baru anda bisa memandikan keduanya bersamaan.

    Mengganti baju

    Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah ketika mengganti pakaian si kecil. Pastikan jika pakaian, kosmetika (jika perlu), handuk, dan perlengkapan lainnya telah anda siapkan sebelum memandikan. Persiapan ini tentu akan memudahkan anda menggantikan baju anak, terutama jika bayi anda mudah rewel. Anak kembar tak harus selalu memakai pakaian yang sama yah.

    Menyusui

    Memberikan ASI eksklusif pada bayi penting untuk anda lakukan. Jika diperlukan, anda mungkin bisa menyiapkan ASI perah yang bisa dibutuhkan secara tiba-tiba. Selain itu, anda juga bisa menggunakan 2 bantal untuk menopang tubuh kedua bayi anda agar bisa menyesuaikan posisi yang nyaman ketika menyusui.

    Makanan pendamping ASI

    Saat anak usia 6 bulan, anda sudah mulai bisa memberikan makanan pendamping ASI untuk si kecil. Anda bisa siapkan 2 piring makanan (porsi bayi) untuk melihat porsi makan mereka. Selain itu, anda pun bisa menyuapi mereka berdua secara bergantian atau memanggil suami dalam membantu memberikan makan untuk kedua buah hati. yang perlu anda ingat adalah, berusahalah untuk selalu memberikan makanan yang menyenangkan agar mereka bisa makan dengan lahap.

    Stroller

    Stroller atau roda bayi tentu akan anda butuhkan untuk bayi kembar agar bisa anda bawa kemanapun, karena tak mungkin jika anda harus menggendong kedua buah hati anda tersebut. Anda pun harus memilih jenis stroller khusus bayi kembar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa memberikan kenyamanan pada si kecil.

    Ketika kedua buah hati sudah tumbuh, berikan mereka kesadaran bahwa mereka merupakan 2 orang yang sama, namun memiliki beberapa perbedaan yang perlu dimengerti juga, seperti hobby, kekuatan mental, kecerdasan, juga ketahanan tubuh.

    Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat atau mengurus bayi kembar yang selama ini dianggap merepotkan ketika ia masih kecil, namun akan terlihat menarik dan cute ketika mereka mulai tumbuh besar. Jangan sampai anda salah dalam melakukan perawatan bayi kembar, karena ini berkaitan pula dengan pertumbuhan, perkembangan, maupun kesehatannya mereka.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - October 25, 2016
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
    Diskusi Dari:
    Vina

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Dijawab Oleh : Vina
    Diskusi Dari:
    Cheriesa Maradeka Kusuma

    Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Cantika Rahayu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Dini sulistyorini

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Dijawab Oleh : Dini sulistyorini