×

Tips Cara Merawat Bayi Kembar dengan Benar

Bagikan Artikel :

Mungkin di antara anda ada yang ingin melahirkan bayi kembar atau memang baru-baru ini mendapatkan anugerah melahirkan bayi kembar. Apalagi jika bayi kembar tersebut berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Anda pun harus merawat keduanya dengan cara yang cukup berbeda dari cara yang selama ini diterapkan untuk bayi-bayi pada umumnya, (bukan kembar).

Walaupun persiapan yang cukup matang telah anda siapkan untuk menantikan kehadiran bayi kembar yang akan dilahirkan, terutama kesiapan mental, fisik, dan finansial yang ekstra, anda juga jangan melupakan cara yang tepat untuk mengurus kedua bayi anda tersebut sampai ia tumbuh besar. Untuk membantu para bunda dan ayah yang mungkin merasa kesulitan dalam mengurus bayi kembar, anda bisa ikuti beberapa tips cara merawat bayi kembar dengan benar yang direkomendasikan para bidan berikut ini dilihat dari berbagai hal, di antaranya :

Memandikan

Memandikan bayi menjadi salah satu kegiatan yang cukup merepotkan bagi para bunda, apalagi bunda harus memandikan kedua buah hatinya secara bersamaan. Namun, para pakar kesehatan menyarankan untuk memandikan bayi anda secara bergantian atau bergiliran pada usia anak 0-6 bulan, karena tubuhnya masih rentan. Selain itu, anda bisa meminta bantuan suami atau sanak saudara untuk membantu memegang sang buah hati agar ia bisa dimandikan dengan benar. Ketika mereka sudah mulai bisa duduk, baru anda bisa memandikan keduanya bersamaan.

Mengganti baju

Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah ketika mengganti pakaian si kecil. Pastikan jika pakaian, kosmetika (jika perlu), handuk, dan perlengkapan lainnya telah anda siapkan sebelum memandikan. Persiapan ini tentu akan memudahkan anda menggantikan baju anak, terutama jika bayi anda mudah rewel. Anak kembar tak harus selalu memakai pakaian yang sama yah.

Related Posts :

    Menyusui

    Memberikan ASI eksklusif pada bayi penting untuk anda lakukan. Jika diperlukan, anda mungkin bisa menyiapkan ASI perah yang bisa dibutuhkan secara tiba-tiba. Selain itu, anda juga bisa menggunakan 2 bantal untuk menopang tubuh kedua bayi anda agar bisa menyesuaikan posisi yang nyaman ketika menyusui.

    Makanan pendamping ASI

    Saat anak usia 6 bulan, anda sudah mulai bisa memberikan makanan pendamping ASI untuk si kecil. Anda bisa siapkan 2 piring makanan (porsi bayi) untuk melihat porsi makan mereka. Selain itu, anda pun bisa menyuapi mereka berdua secara bergantian atau memanggil suami dalam membantu memberikan makan untuk kedua buah hati. yang perlu anda ingat adalah, berusahalah untuk selalu memberikan makanan yang menyenangkan agar mereka bisa makan dengan lahap.

    Stroller

    Stroller atau roda bayi tentu akan anda butuhkan untuk bayi kembar agar bisa anda bawa kemanapun, karena tak mungkin jika anda harus menggendong kedua buah hati anda tersebut. Anda pun harus memilih jenis stroller khusus bayi kembar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa memberikan kenyamanan pada si kecil.

    Ketika kedua buah hati sudah tumbuh, berikan mereka kesadaran bahwa mereka merupakan 2 orang yang sama, namun memiliki beberapa perbedaan yang perlu dimengerti juga, seperti hobby, kekuatan mental, kecerdasan, juga ketahanan tubuh.

    Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat atau mengurus bayi kembar yang selama ini dianggap merepotkan ketika ia masih kecil, namun akan terlihat menarik dan cute ketika mereka mulai tumbuh besar. Jangan sampai anda salah dalam melakukan perawatan bayi kembar, karena ini berkaitan pula dengan pertumbuhan, perkembangan, maupun kesehatannya mereka.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 25, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tidak haid

  • Oleh : novia shentiana
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya minum pil kb lalu dipertengahan pil saya berhenti minum,setelah saya berhenti minum sampai sekarang tidak haid apakah itu normal saja dan berapa waktu pemulihan sampai hadi lagi

  • Oleh : novia shentiana
  • vagina

  • Oleh : bintang kafah
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    assalamualaikum. saya mau nanya. sudah 3 hari ini ada benjolan sedang dan keras, letakny di area vagina tapi agak mendekati selangkangan. itu penyakit apa ya? apakah kista juga?

  • Oleh : bintang kafah
  • Benjolan di payudara

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Hai dok… Mau nanya nih knapa di payudara sebelah kiri saya ada benjolan ya tapi gak sakit padahal saya masih umur 18 tahun
    Mohon di jawab ya dok trimakasih.

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • Ingin Segera Memiliki Keturunan

  • Oleh : Gek Anik
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

  • Oleh : Gek Anik
  • Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Tanya Bidan