×

Tips Jitu Supaya Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Bagikan Artikel :

www.curhatbidan.com – Bagi orang tua baru, terkadang merawat sang buah hati yang masih kecil mungkin akan kesulitan apalagi jika sang buah hati merupakan anak pertama. Pada dasarnya, dengan merawat sang buah hati yang masih bayi ataupun anak-anak memang sangat dibutuhkan ekstra sabar. Para orang tua harus bersabar saat memberinya makan dan minum, memandikannya saat pagi dan sore, serta menidurkannya saat malam hari.

Karena merawat bayi memang sangat dibutuhkan kesabaran yang ekstra dari orang tua, salah satunya seperti pola tidur sang bayi yang tidak menentu. Jam tidur pada bayi memang masih belum teratur, dan hal seperti inilah yang dapat membuat waktu tidur si kecil menjadi berkurang.

Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mencoba beberapa tips supaya bayi tidur dengan cukup serta nyenyak pada malam hari, diantaranya :

  • Mandikan Bayi Dengan Air Hangat

Memandikan bayi dengan air hangat merupakan cara yang paling mudah dan jitu supaya bayi tidur dengan nyenyak. Air hangat yang dapat membuat tubuh bayi menjadi rileks serta menenangkan. Saat ia tenang, maka bisa dipastikan ia bisa istirahat atau tidur dengan baik. Tidak lupa juga untuk kombinasikan dengan pijatan lembut supaya tubuh bayi semakin rileks.

  • Berikan Susu Sebelum Tidur

Sebelum tidur pastikan bayi ada dalam kondisi kenyang. Sebelum ia terlelap tidur, berikan ia susu. Jangan biarkan ia ada dalam keadaan lapar, karena hal tersebut akan mengganggunya dan akan membuat ia menjadi rewel ketika sedang tidur.

Baca juga : Penyebab Kenapa Bayi Tidak Mau Minum ASI Beserta Solusinya

  • Pastikan Tempat Tidur Bersih dan Wangi

Usahakan supaya tempat tidur selalu bersih dan wangi. Karena kebersihan tempat tidur akan menjadi jaminan yang utama agar seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Buat suasana atau tempat tidur nyaman dan wangi. Jika perlu, berikan wewangian alami supaya si kecil merasakan rileks saat sedang tidur.

Related Posts :
    • Temani Bayi Ketika Sedang Tidur

    Bayi yang ditemani oleh orang tuanya akan lebih tenang dan lebih nyaman saat tidur. Tidak hanya semakin nyenyak, akan tetapi bayi juga akan mendapatkan tumbuh berkembang fisik maupun psikologis yang baik.

    • Lampu

    Berikan suasana yang paling nyaman dan tenang saat bayi sedang tidur dimalam hari. Untuk menciptakan suasana yang nyaman maka salah satunya yaitu dengan keberadaan lampu. Usahakan bayi tidur dibawah lampu yang hangat, hindari untuk menidurkan bayi dibawah sinar lampu yang terlalu terang karena hal tersebut dapat mengganggu kenyamanannya. Berikan lampu yag redup untuk sang bayi tetapi dapat memberikan kehangatan dan rasa nyaman.

    • Gunakan Popok Dengan Daya Serap Tinggi

    Selain bayi terbangun karena disebabkan oleh rasa haus atau lapar, bayi juga akan akan terbangun karena merasa tidak nyaman dengan penggunaan popok yang sedang dikenakannya. Namun jika Anda lebih suka si kecil dengan popok kain dibandingkan dengan popok yang sekali pakai, sebaiknya Anda juga lebih sering mengganti popoknya, karena popok yang kotor akan mengumpulkan bakteri serta dapat menimbulkan timbulnya iritasi pada kulit bayi.

    Itulah beberapa tips jitu supaya bayi tidur nyenyak dimalam hari. Pastikan waktu tidur untuk bayi konsisten, bila perlu berikan musik pengantar tidur untuk sang bayi. Semoga bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 1, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    IUD yang Masih Terpasang Saat Hamil, Bahayakah ?

  • Oleh : Jenni
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

    Terimakasih

    Lendir bayi

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Anak saya umur 4 bulan. Kenapa lendir dari lahir belum hilang sampai sekarang? Kira2 apa penyebabnya? Dan apa benar berlendir tidak akan naik berat badan bayi? Sekarang ini di tambah dengan batuk. Mohon solusi

    Gatal pada vagina

  • Oleh : Tristi Garneta
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok mau tanya vagina saya gatal ketika malam hari, kemudian saya baca di google katanya diberi baby oil ketika malam vaginanya.. setelah beberaha minggu saya beri baby oil ketika mai tidur kog setiap malam tambah gatal dan bulu kemaluan saya jadi banyak sampek di dalam pinggir vagina. Samapi sekarang masih gatal” kalau malam hari.. di garuk” kadang sembuh tapi meninggalkan rasa panas dvagina. Kemungkinan kenapa ya dok. Obat untuk menyembuhkannya apa yg alami? Terimakasih

    Masalah haid tidak teratur

  • Oleh : Dian Anggraini
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu bidan mau bertanya nih..
    Perkenalkan nama saya Dian umur sy 21th. Saya pny mslh mens udh 1thun lalu… Saya juga sudh periksa ke dr.Spog ,wktu sy priksa tdk ada masalah apa² cuma hormon sy kurang baik. Dan saat itu sy diberi obt Regumen trs saya minum smpai hbis skitar bbrp hri langsung mens. Tapi saya bingungny klo sy tdk konsumsi kok saya telat mens lagi ya bu bidan. Ap sy hrus minum obat itu terus? Soalny sy tkut klo sy ketergantungan. Sya udh telat 1bln… Dan saya coba buat minum ramuan dr bhn alami sih soalny pngn aja nggk minum obtny tp bisa mens. Tp saat ini blm ada tanda². Gimn ya bu bidan solusiny

  • Oleh : Dian Anggraini
  • Darah keluar setelah hubungan suami istri

  • Oleh : Donny Kusuma jr
  • 1 tahun, 12 bulan yang lalu

    Istri saya telah selesai masa haid d hari ke 10, d hari pertama setelah selesai haid kmi melakukan hubungan suami istri, dan setelah berhubungan istri saya mengeluarkan darah. Darah apakah itu dok?

  • Oleh : Donny Kusuma jr
  • Tanya Bidan