×

Tips Jitu Supaya Bayi Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Bagikan Artikel :

www.curhatbidan.com – Bagi orang tua baru, terkadang merawat sang buah hati yang masih kecil mungkin akan kesulitan apalagi jika sang buah hati merupakan anak pertama. Pada dasarnya, dengan merawat sang buah hati yang masih bayi ataupun anak-anak memang sangat dibutuhkan ekstra sabar. Para orang tua harus bersabar saat memberinya makan dan minum, memandikannya saat pagi dan sore, serta menidurkannya saat malam hari.

Karena merawat bayi memang sangat dibutuhkan kesabaran yang ekstra dari orang tua, salah satunya seperti pola tidur sang bayi yang tidak menentu. Jam tidur pada bayi memang masih belum teratur, dan hal seperti inilah yang dapat membuat waktu tidur si kecil menjadi berkurang.

Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mencoba beberapa tips supaya bayi tidur dengan cukup serta nyenyak pada malam hari, diantaranya :

  • Mandikan Bayi Dengan Air Hangat

Memandikan bayi dengan air hangat merupakan cara yang paling mudah dan jitu supaya bayi tidur dengan nyenyak. Air hangat yang dapat membuat tubuh bayi menjadi rileks serta menenangkan. Saat ia tenang, maka bisa dipastikan ia bisa istirahat atau tidur dengan baik. Tidak lupa juga untuk kombinasikan dengan pijatan lembut supaya tubuh bayi semakin rileks.

  • Berikan Susu Sebelum Tidur

Sebelum tidur pastikan bayi ada dalam kondisi kenyang. Sebelum ia terlelap tidur, berikan ia susu. Jangan biarkan ia ada dalam keadaan lapar, karena hal tersebut akan mengganggunya dan akan membuat ia menjadi rewel ketika sedang tidur.

Baca juga : Penyebab Kenapa Bayi Tidak Mau Minum ASI Beserta Solusinya

  • Pastikan Tempat Tidur Bersih dan Wangi

Usahakan supaya tempat tidur selalu bersih dan wangi. Karena kebersihan tempat tidur akan menjadi jaminan yang utama agar seseorang bisa tidur dengan nyenyak. Buat suasana atau tempat tidur nyaman dan wangi. Jika perlu, berikan wewangian alami supaya si kecil merasakan rileks saat sedang tidur.

  • Temani Bayi Ketika Sedang Tidur

Bayi yang ditemani oleh orang tuanya akan lebih tenang dan lebih nyaman saat tidur. Tidak hanya semakin nyenyak, akan tetapi bayi juga akan mendapatkan tumbuh berkembang fisik maupun psikologis yang baik.

Related Posts :
    • Lampu

    Berikan suasana yang paling nyaman dan tenang saat bayi sedang tidur dimalam hari. Untuk menciptakan suasana yang nyaman maka salah satunya yaitu dengan keberadaan lampu. Usahakan bayi tidur dibawah lampu yang hangat, hindari untuk menidurkan bayi dibawah sinar lampu yang terlalu terang karena hal tersebut dapat mengganggu kenyamanannya. Berikan lampu yag redup untuk sang bayi tetapi dapat memberikan kehangatan dan rasa nyaman.

    • Gunakan Popok Dengan Daya Serap Tinggi

    Selain bayi terbangun karena disebabkan oleh rasa haus atau lapar, bayi juga akan akan terbangun karena merasa tidak nyaman dengan penggunaan popok yang sedang dikenakannya. Namun jika Anda lebih suka si kecil dengan popok kain dibandingkan dengan popok yang sekali pakai, sebaiknya Anda juga lebih sering mengganti popoknya, karena popok yang kotor akan mengumpulkan bakteri serta dapat menimbulkan timbulnya iritasi pada kulit bayi.

    Itulah beberapa tips jitu supaya bayi tidur nyenyak dimalam hari. Pastikan waktu tidur untuk bayi konsisten, bila perlu berikan musik pengantar tidur untuk sang bayi. Semoga bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 1, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah saya hamil?

  • Oleh : uye (wanita)
  • 8 tahun yang lalu

    selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

    Menambah berat badan bayi dalam kandungan dengan posisi bayi yang sungsang

  • Oleh : tylermcphillamy
  • 7 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Lidah bayi

  • Oleh : Imaqu Tamengsada
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat siang, saya mau tanya, anak saya usia 3 bulan, sudah 3 hari ini lidahnya muncul putih2 yang menyebar sampai mulut atas dan bawah, kadang ia rewel waktu minum susu tapi kadang juga tidak. Anak saya full ASI tapi kemarin dan kemarin lusa anak saya minum sufor soya untuk menyambung ASI saat saya bekerja. Selain itu, anak saya juga sering menghisap kedua tangannya. Apakah sufor dan tangan itu penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya ya? Terima kasih🙏🏻

  • Oleh : Imaqu Tamengsada
  • Sperma encer

  • Oleh : Sarah Safitri
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr wb bu bidan saya ingin bertanya apakah pada wanita juga bisa terjadi sperma encer? Lalu jika memang bisa bagaimana cara mengatasi? Karena sebelumnya saya menyadari saat keluar seperti keputihan bentuknya kental lalu kedua kalinya bening seperti air

    Program Hamil

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Tanya Bidan