×

Tips Memilih Baby Car Seat

Bagikan Artikel :

Tips Memilih Baby Car Seat

Membawa bayi berjalan-jalan menggunakan mobil selain menstimulasi perkembanganya juga akan menjadi quality time bagi keluarga. Tapi karena bayi belum bisa duduk sendiri, maka bunda harus menggendongnya di sepanjang perjalanan. Mungkin selama perjalanan bunda akan merasa pegal menggendong bayi, sehingga tidak jarang para orangtua memilih untuk menggunakan baby car seat. Baby car seaat hadir sebagai solusi kenyamanan bagi bunda dan anak-anak saat berada di mobil.

Alat ini umum digunakan di negara maju seperti Amerika, Australia, Inggris dan Jerman. Sedangkan di Indonesia, baby car seat pun mulai naik daun dan cukup digemari para pengendara. Selain menjamin keamanan, baby car seat jugamendukung peraturan lalu lintas yang ada. Seperti yang diketahui, agar aman dan nyaman pengendara mobil diwajibkan menggunakan safety belt. Anak-anak yang memiliki tubuh kecil tentunya belum bisa memakai safety belt. Untuk itu, baby car seat hadir menjamin keamanan dan kenyamanan anak saat di mobil.

Dengan baby car seat, orang tua tak perlu capek dan repot memangku anaknya saat berkendara. Anak-anak pun nyaman dan bisa tertidur di baby car seat. Jadi, orang tua nyaman anak pun aman. Sejalan dengan itu, baby car seat banyak tersedia di pasar, pengendara bebas memilih sesuai selera dan kebutuhan. Nah, agar tak salah pilih, ini dia cara tips cerdas memilih baby car seat. Penting banget nih bagi orang tua.

Tips Memilih Baby Car Seat

  1. Pastikan mobil kalian didukung fitur International Standards Organization FIX (ISOFIX). Mobil dengan fitur tersebut memiliki sandaran jok untuk mengaitkan baby car seat.
  2. Pilih baby car seat dengan merek yang sudah terpercaya dan sesuai dengan standar nasional Indonesia
  3. Alangkah lebih baik membawa anak-anak saat membeli baby car seat agar sesuai dengan ukuran tubuh.
  4. Sesuaikan berat badan bayi dengan kemampuan baby car seat
  5. Agar semakin awet, pilihlah baby car seat yang bisa dimodifikasi menghadap ke depan (forward-facing) atau ke belakang (rear-facing)
  6. Pilih baby car seat jenis infant-capsule karena lebih nyaman digunakan bayi
  7. Jangan memilih bahan baby car seat yang panas
  8. Untuk anak usia di bawah 15 bulan, sebaiknya anak-anak didudukkan menghadap ke belakang (rear-facing).

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 8, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Agar tidak hamil.

  • Oleh : Sumarni
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Mat mlm dok.sya sdah mlahirkan anak pertama.cara agar untuk mnunda kehamilan saya,bagaimna dok

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 3 tahun yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Kemandulan

  • Oleh : Ahmad Fajar Fathurahman
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bidan
    Selamat sore,
    Saya mau tanya apakah benar terlalu sering onani menyebabkan kemandulan ?

    Terima kasih bidan

    Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Tanya Bidan