×

Tips Memilih Susu Formula Untuk Bayi Dengan Tepat

Bagikan Artikel :

www.curhatbidan.com – Dalam pemberian Air Susu Ibu (ASI) memang sangat disarankan untuk diberikan pada bayi terutama saat enam bulan pertama kehidupan mereka. Tetapi tidak semua ibu mampu memproduksi air susu yang baik dan juga lancar. Bagi ibu yang memang memiliki alasan khusus sehingga tidak dapat memberikan ASI pada bayinya, maka mau tidak mau harus memilih susu formula untuk dikonsumsi oleh bayinya.

Related Posts :

    Susu formula dijadikan sebagai pilihan guna untuk membantu dalam perkembangan sang bayi, terutama pada bayi baru lahir. Mengingat banyaknya produk susu formula yang djual dipasaran, lalu apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih asupan tambahan tersebut?

    Dalam memilih susu formula untuk bayi baru lahir atau pada bayi yang masih berusia dibawah satu tahun memang tidak mudah, karena pada usia tersebut bayi tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan termasuk pada susu formula, karena masih belum bisa melakukan pencernaan makanan dengan baik. Maka dari itu, sangat penting untuk diperhatikan saat memilih susu formula yaitu memeriksa kandungannya, bukan pada merk atau harganya.

    Berikut ada beberapa tips dalam memilih susu formula untuk bayi yang aman dan tepat :

    1. Pastikan Jenis Susu Formula

    Sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa kemasan susu formula tersebut sudah tertera keterangan bahwa susu tersebut cocok dikonsumsi oleh bayi usia 0-6 bulan atau bayi baru lahir. Selain itu pastikan juga produk susu tersebut menjadi pilihan yang sudah terdaftar di BPOM RI. Untuk bayi baru lahir sebaiknya berikan susu sapi dan bukan susu yang lain, karena dalam pemberian susu formula untuk bayi usia 6 bulan yaitu susu formula yang berasal dari susu sapi.

    2. Periksa Kandungan Nutrisi Susu Formula

    Dalam memilih susu formula untuk bayi baru lahir memang sangat penting, karena mengingat mereka belum dapat mencerna makanan dengan baik termasuk pada susu formula. Oleh karena itu, pemilihan asupan zat makanannya tidak boleh sembarangan, dan sebaiknya untuk periksa terlebih dahulu kandungan nutrisi didalamnya serta jangan terpengaruh pada harga atau merk.

    Pada umumnya susu formula memiliki kandungan nutrisi utama yang diperlukan untuk pertumbuhan dan juga perkembangan seperti protein, lemak, vitamin, karbohidrat dan juga mineral. Tetapi yang membedakannya yaitu jenis protein yang dikandungnya.

    3. Kandungan Protein Pada Susu Formula

    Pada umumnya, jenis protein inilah yang membedakan antara produk susu formula satu dengan yang lainnya, seperti protein jenis whey dan protein jenis kasein.

    Protein whey adalah unsur utama protein yang terdapat pada air susu ibu atau susu formula, dan terdiri dari asam amino esesnsial serta non esesnsial. Pada ASI yang memiliki kandungan sebanyak 65% protein whey, sedangkan pada susu formula memiliki kandungan sebanyak 18% unsur protein whey. Manfaat dari protein ini yaitu :

    • Dapat membangun otot, produksi hormon, meingkatkan kekebalan tubuh, rambut, enzim kulit, kuku dan organ tubuh lainnya. Pada protein ini juga menjadi unsur utama pada susu otot bagi orang dewasa.
    • Membantu dalam pembentukan antioksidan dalam tubuh dalam melindungi sel, memperlambat pertumbuhan bakteri dan jamur, serta menetralkan racun yang ada dalam tubuh.
    • Memperkuat tubuh dalam memerangi suatu infeksi.

    Sedangkan pada protein kasein adalah unsur utama dalam pembuatan kejua yaitu protein lengkap yang memiliki kandungan 9 asam amino esensial yang diperlukan tubuh dalam membangun otot supaya lebih optimal. Unsur ini juga mengandung karbohidrat, fosfor dan kalsium. Apabila pada protein whey bisa dicerna dengan cepat, maka protein kasein bersifat lebih lambat dan dapat dicerna setelah beberapa jam. Maka dari itu susu formula yang mengandung protein whey lebih cocok untuk bayi karena mudah dicerna dalam tubuh.

    4. Periksa Reaksi Bayi

    Sangat penting untuk memperhatikan reaksi bayi. Jika ia enggan meminum atau sering muntah setelah mengonsumsi susu tersebut, maka bisa jadi bayi tidak cocok dengan produk susu tersebut. Sebaiknya Anda dapat mempertimbangkan dengan merk yang lain. Atau jika diperlukan, Anda dapat konsultasikan pada dokter mengenai kondisi si kecil.

    Related post :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 10, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perbedaan Miom dan Kista Pada Wanita

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya nih apakah miom dan kista termasuk penyakit kanker? dan apakah keduanya merupakan penyakit yang sama atau berbeda? jika berbeda, apa perbedaannya?
    Terimakasih bu bidan, mohon di jawab yah:)

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Cara mengobati inpotensi

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 3 minggu, 2 hari yang lalu

    Dok saya mau menanyakan bagaimana cara mengobati impotensi dan bisakah ipotensi itu karena saraf yang putus?

    Jarak Kopi Dan Obat

  • Oleh : Novita dwi
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

    Herpes zooster

  • Oleh : Injelita Maharani
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, usia kehamilan 3 minggu, di awal kehamiln saya terkena herpes zooster di pinggang sebelah kanan dan konsumsi obat dari dokter kulit krn blm tau hamil, apakah obat yg saya konsumsi tsb berbahaya utk janin saya dan mengingat sampai skrg pinggang saya msh terasa gatal.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan