×

Tips Mencegah dan Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Bagikan Artikel :

Bunda yang baru saja menjadi seorang ibu, mungkin masih bingung bagaimana caranya agar si kecil tak selalu rewel di siang ataupun malam hari. Bunda sendiri sebenarnya harus tahu dan mengerti penyebab dari rewelnya si kecil. Apakah ia ngantuk, ingin menyusu, demam, atau, penyebab lainnya yang bisa terjadi.

Nah, dalam membantu masalah yang sedang bunda hadapi sekarang ini, Bidan Online akan memberikan beberapa tips mencegah dan mengatasi bayi rewel di malam hari yang bisa memberikannya tidur berkualitas dan nyenyak.

Tips Mencegah dan Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Related Posts :



    Menghindari kontak mata

    Salah satu alasan bayi rewel adalah mengantuk. Dengan melakukan kontak dengannya, hal itu akan membuatnya tetap terjaga, sulit untuk tidur, dan rewel. Oleh karenaya, bunda harus menghindari kontak mata dengan si kecil ketika ia rewel, terutama saat tengah malam.

    Mengecek popok

    Jangan lupa untuk mengecek popok bayi sebelum tidur, karena popok yang dirasa kurang nyaman oleh si bayi, dapat membuatnya lebih mudah rewel. Popok bayi yang terlalu basahlah yang membuatnya tidak nyaman. Oleh sebab itu, cek dulu popok si kecil sebelum ia tidur, jangan sampai terlewatkan.

    Mandikan bayi sebelum tidur

    Bayi yang memiliki kulit lebih sensitif ini lebih cepat mengalami ruam atau bintik merah pada kulitnya. Hal ini diakibatkn oleh keringat yang terus keluar dari sang bayi, terutama ketika ia sedang tidur. Oleh karena itu, memandikan bayi sebelum tidur bisa dilakukan untuk menghindari iritasi kulit akibat keringat. Jika di malam hari, cukup dengan menyeka tubuhnya saja menggunakan kain atau tissu basah.

    Minum susu sebelum tidur

    Sudah menjadi kebiasaan banyak bayi atau anak-anak yang harus minum susu sebelum tidur. Bayi yang tidur dalam kondisi kenyang, biasanya akan bisa tidur lebih nyenyak, karena rewelannya akibat lapar tak akan terdengar. Ya, bayi biasanya akan terbangun jika ia sedang lapar ini bisa anda tangani dengan memberikannya ASI. Makanan sekaligus minuman yang paling sehat untuk bayi anda saat ini.

    Berikan teman untuk bayi

    Penyebab lain dari bayi yang selalu rewel adalah membutuhkan teman. Ia yang mungkin merasa kesepian, membutuhkan teman bermain. Bunda bisa memberikannya teman bermain seperti bonek lembut dan lucu. Ingat bun, jangan memberikannya mainan yang bisa melukainya.

    Berikan sentuhan hangat

    Sentuhan hangat yang bunda berikan pada si kecil akan membuatnya merasa lebih tenang, nyaman, dan tak rewel lagi. Bunda bisa memberikan tepukan kecil pada pantat bayi beberapa kali. Cara seperti ini juga bisa membuat bayi tidur lebih nyenyak dan tak mudah terbangun di tengah malam.

    Aromaterapi

    Seperti halnya bunda, bayi pun kemungkinan tak akan nyaman berada di ruangan yang memiliki bau kurang sedap. Untuk mengantisipasinya, bunda bisa memasang aromaterapi dengan wangi yang menyegarkan dan menenangkan untuk membuat tubuh lebih rileks dan tidur dengan nyenyak.

    Mengatur jam tidur bayi

    Jam tidur yang kurang tepat bisa menjadi penyebab bayi yang sering terbangun di tengah malam dan membuatnya rewel. Untuk itu, anda sebaiknya mengatur jam tidur si kecil. Ajak ia bermain terlebih dahulu sebelum waktu tidur tiba. Hal ini bisa membuatnya mengantuk dan tidurnya bisa lebih nyenyak.

    Bayi yang demam atau sedang sakit, biasanya akan lebih rewel meskipun bunda telah melakukan berbagai cara. Untuk itu, bunda harus segera membawa bayi ke dokter untuk diketahui apa sebenarnya yang terjadi padanya. Bayi yang demam, flu, batuk, biasanya memiliki tingkat rewel yang lebih tinggi di bandingkan dengan bayi pada umumnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 28, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Istri hamil 4 bulan sering merasakan sakit di perut

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Maaf bu bidan saya mau tanya. istri saya hamil 5 bulan dan sering merasakan rasa sakit pada perut, apakah itu tanda gejala penyakit ataukah itu hanya reaksi sang bayi di dalam kandungan ?

    Testpack garis 2 tetapi samar

  • Oleh : Ira Wati
  • 2 hari, 23 jam yang lalu

    Malam bu bidan, saya mau nanya, saya sudah melakukan testpack garisnya ada 2 tapi yg 1 samar 1 nya jelas, itu artinya apa ya bu? Kalau memang artinya saya positif hamil, kira” kapan saya harus periksa ke bidan atau USG ke dokter kandungan? Terima kasih.

  • Oleh : Ira Wati
  • Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Kehamilan

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan