×

Tips Menerapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Tips Menerapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi -, Dizaman sekarang ini sudah banyak para orang tua yang menerapkan metode baby led weaning pada buah hatinya. Meskipun masih banyak orang tua yang belum terlalu paham mengenai metode yang satu ini dan cara mengaplikasikannya kepada bayi.

Metode Baby Led Weaning atau sebuah pendekatan dengan membiarkan bayi menyantap makanan padatnya tanpa harus ada campur tangan orang tua.

Cara yang satu ini dianggap menjadi salah satu tips pendekatan bayi dengan makanana padat yang lebih efektif karena disamping bayi menjadi belajar mandiri juga bisa memilih makanan padat yang disukainya. Hanya saja, Anda sebagai orang tua harus tetap mengawasi buah hati Anda.

Bayi sudah menginjak usia 6 bulan memang sudah saatnya diberikan makanan padat karena pencernaan bayi sudah siap dan mampu mencerna jenis makanan lain yang lebih padat. Disamping itu, bayi yang berusia 6 bulan membutuhkan nutrisi dan gizi yang lebih besar dengan rasa lebih enak sehingga dengan demikian pada usia ini, ibu bisa memberikan bayi Anda makanan padat yang sehat dan cocok untuk bayi usia 6 bulan tentunya.

Namun bagi sebagian orang tua, hal ini tidak mudah seperti kelihatannya apalagi jika Anda merupakan orang tua yang masih baru memiliki anak dan minim pengalaman. Rasa khawatir membiarkan anak mengkonsumsi makananya sendiri akan menjadi kendala sendiri karena rasa sayang Anda kepada buah hati Anda. Bagi orang tua yang tinggal di daerah perkotaan mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah baby led weaning karena menginginkan anaknya bisa mandiri sejak kecil dan membiarkan anaknya untuk mengambil makannya sendiri dan menikmati apa yang dia pilih.

Selain dapat mencicipi segala macam jenis makanan, bayi juga bisa memiliki semangat  untuk mencoba makanan sehat, adapun jenis makanan yang bisa disesuaikan dalam menerapkan metode ini pada si kecil yaitu jenis makanan finger food dimana makanan akan lebih mudah diraih oleh tangan si kecil.

Metode yang satu ini lebih menekankan agar bayi bisa makan dengan sendiri dan menjadi pilihan untuk bisa mengeksplor banyak hal yang dia pilih sendiri dan yang pasti metode yang satu ini memungkinkan si kecil bisa makan makanan padat untuk pertama kalinya dengan tangannya sendiri.

Nah Berikut di bawah ini beberapa tips menerapkan metode baby led weaning pada bayi yang bisa Anda lakukan dengan si kecil.

Tips Menerapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

  • Makan Bersama

Makan bersama dengan keluarga adalah salah satu waktu yang sangat berharga dan ini bisa menjadi salah satu cara yang tepat agar bayi bisa mengasah baby led weaningnya dengan baik. Ajak semua anggota keluarga yang lainnya untuk makan bersama dan tempatkan menu makanan yang sama di piring di kecil jangan lupa juga dudukkan si kecil di high chair-nya. Sifat si kecil yang suka meniru akan menambah semangat untuk makan dan hal ini bisa menjadi tontonan yang menarik untuk acara makan keluarga Anda melihat bagaimana cara si kecil makan sendiri.

  • Pilihan Makanan

Memilihkan makanan untuk bayi usia 6 bulan tidak begitu sulit, berbeda dengan balita karena bayi yang masi berusia 6 bulan belum paham mengenai rasa dan makanan yang disukainya. Berbeda dengan balita yang sudah mengetahui jenis makanan seperti apa yang mereka sukai. Anda bisa memberikan makanan (sayuran) yang memiliki gizi tinggi seperti brokoli dan wortel serta untuk cara pengolahannya bisa dengan cara dikukus dan untuk buah – buahannya Anda bisa memberikan si kecil pisang dan pepaya serta jangan lupa berikan potongan ukuran yang bisa di genggam oleh tanganya yang mungil serta mengurangi adanya tersedak.

  • Berikan Beberapa Pilihan

Sama denan orang dewasa, anak – anak juga senang dengan adanya banyak pilihan di samping itu, pilihan yang banyak bisa memberikan si kecil lebih banyak memilih jenis makanan yang diinginkannya. Serta si kecil bisa beradaptasi dengan berbagai macam jenis rasa dan menghindari si kecil dalam pemilihan makanan atau picky eater.

  • Waktu Yang Tepat Baby Led Weaning

Biarkan buah hati Anda makan sendiri ketika sarapan, makan siang dan sore hari sebelum menjekang makan malam. Jangan berikan waktu BLW pada sikecil ketika benar – benar sedang merasa kelaparan karena si kecil bisa mengamuk jika jenis makannya tidak sesuai dengan yang diinginkan seperti terlalu hambat atau terlalu keras.

Demikian penjelasan mengenai tips menerapkan baby led weaning pada bayi yang bisa Anda coba terapkan pada buah hati Anda. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda yang sedang mencari informasi metode baby led waning. Terima kasih sudah berkunjung ke curhat bidan.

Baca Juga :

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 6, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

  • Oleh : Siti Rohmah
  • Jari Dan Persendian

  • Oleh : Mbak aty
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat siang dok, saya kan sering membunyikan bagian jari dan juga persendian saya saat sedang pegal. Apakah hal ini berbahaya dok bagi kesehatan?

    Penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan

  • Oleh : frenni franita
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    gangguan kehamilan

  • Oleh : Rezkika Ayu Pribadi
  • 8 bulan yang lalu

    dok,mau tanya dong kenapa ya setelah saya minum soda perut saya sakit sekali nyeri dibagian semua perut dan punggung, pinggang saya juga sakit sekali,dan celana dlm saya terasa basah dan saya lihat pagi hari nya berwarna coklat agak kuning dok, tlg jwb ya

    Sakit Perut Bagian Bawah

  • Oleh : Nurul
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya, ko akhir akhir ini saya sering merasakan sakit pada bagian perut ya? Saat saya pegang bagian itu malah semakin sakit. Memang badan ini terbilang gemuk, apa kah ini bisa berpengaruh pada kondisi perut yang menjadi keras dan besar? Mohon penjelasnnya dok, Terimakasih

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan