Tips Mengenalkan Telur Sebagai Makanan Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting untuk Anda yaitu Tips Mengenalkan Telur Sebagai Makanan Bayi. Sampai sekarang ini masih banyak orang tua yang keliru mengaplikasikan makanan pendamping ASI  pada buah hatinya.

    Permasalahannya, usia yang masih begitu belia untuk si kecil membuat pencernaannya belum bisa menerima makanan selain ASI dari ibunya dan jika kurang dari 6 bulan maka bisa menyebabkan pencernaan bayi bekerja menjadi lebih berat untuk mengolah makanan lainnya. Memang, 6 bulan tidak harus menjadi patokan dimana bayi bisa menerima asupan makanan padat selain ASI karena pencernaan setiap bati tentunya berbeda – beda dan maka dari itu Anda sebagai orang tua harus mengenali beberapa hal yang bisa menjadi salah satu tanda bahwa si kecil membutuhkan asupan makanan selain ASI.

    Dari sekian banyaknya jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk bayi, pilihan pertama tertuju pada telur karena telur ayam memiliki nutrisi yang sangat baik untuk bayi dan orang dewasa, bahkan mengandung protein dan berbagai kandungan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

    Menurut seorang pakar gizi mengatakan bahwa telur adalah makanan yang paling padat gizi antaranya karena mengandung 90% kalsium, mineral dan zat besi dimana kandungan ini sebagian besar bisa Anda temukan dalam kuning telur. Selain beberapa hal di atas, telur ayam juga mengandung kandungan lainnya diantaranya ; vitamin A, vitam B6, kalium, ribovlafin, zat besi, fosfor, kalsium dan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh.

    Apabila Anda memberikan telur yang kaya akan nutrisi dan vitamin pada bayi terlebih dengan tekstur yang lembut pada telur juga akan memudahkan pencernaan bayi untuk mencerna makanan yang sudah masuk ke dalam tubuhnya sehingga tubuh menyerap makanan dengan baik.

    Anda bisa mengenalkan telur pada bayi saat usianya mulai menginjak 6 bulan, jenis makanan yang satu ini sangat disarankan untuk diberikan pada bayi sebagai pendamping Asi dan pada saat memberikan telur pada bayi sebaiknya dahulukan memberikan kuning telur dan jika muncul reaksi alergi maka tunda pemberian telur hingga usia anak 1 tahun.

    Tips Mengenalkan Telur Sebagai Makanan Bayi

    • Berikan Pada Saat Usia Bayi 6 Bulan

    Seperti makanan pendamping asi lainnya, telur boleh Anda berikan pada si kecil setelah usianya 6 bulan hal ini karena mengkonsumsi makanan lain selain asi bisa membuat sistem pencernaan si kecil menjadi bekerja lebih keras dari seharusnya.

    • Putih Telur Salah Satu Penyebab Alergi

    Meskipun nikmat dan memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak, tetapi telur juga bisa menjadi salah satu sumber masalah pada penderita alergi dan untuk sementara it bayi yang baru pertama kali mencoba mengkonsumsi telur, Anda belum bisa menentukan bahwa si kecil memiliki alergi atau tidak. Maka dari itu dahulukan kuning telur dan jika si kecil bereaksi tidak beres sebaiknya tunda pemberian telur sampai usia si kecil 1 tahun.

    • Tanda Si Kecil Alergi Telur

    Dengan mengetahui tanda atau ciri alergi telur hal ini diperlukan untuk mengetahui tanda yang terjadi pada buah hati jika mengalami alergi pada makanan telur dan berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui diantaranya:

    Setelah bayi mengkonsumsi telur maka akan muncul gatal pada hidung dan terdapat cairan yang keluar dari bagian tersebut
    Mata bayi yang gatal dan disertai dengan berair serta kondisi ini pada umumnya akan terlihat dari gerak bayi yang mulai melakukan gerakan tangan di area mata
    Muncul bengkak atau ruam merah di tubuh bayi dan jika ibu menemukan kondisi ini pada bayi setelah mengkonsumsi telur maka bisa jadi kondisi ruam yang terdapat pada tubuh bayi akibat mengkonsumsi telur.

    • Hindari Memberikan Telur Setengah Matang

    Sebagian besar orang menyukai telur setengah matang rebus dan bahkan tidak sedikit ibu yang keliru serta menerapkan metode seperti ini pada bayi. Padahal kegiatan seperti ini bisa membahayakan kondisi kesehatan si kecil karena ada bakteri salmonela yang kemungkinan belum mati dan bakteri ini hanya akan mati pada saat suhu 71 derajat celcius.

    • Mengkombinasikan Telur

    Metode terakhir yang bisa menjadi salah satu tips mengenalkan telur sebagai makanan bayi yaitu mengkombinasikan telur dengan bubur yang akan disantap dan metode yang satu ini akan lebih memudahkan si kecil untuk menyantap telur yang disajikan.

    Demikian informasi mengenai tips mengenalkan telur sebagai makanan bayi semoga penjelasan dari kami bisa bermanfaat serta dijadikan referensi untuk Anda.

    Baca Artikel Lainnya:

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 23, 2017
    Diskusi Dari:
    heidi8931881

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

    Dijawab Oleh : heidi8931881
    Diskusi Dari:
    erin dianawati

    Halo Bu Bidan,
    Saya ingin bertanya, anak saya usia 8 bulan ketika tidur malam hari sering berkeringat padahal udaranya dingin. Apa ada masalah dengan anak saya saya ? Terimakasih sebelumnya

    Dijawab Oleh : erin dianawati
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Milda

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Milda