Tips Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Tips Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi -, Rambut adalah mahkota bagi sebagian besar perempuan dan ungkapan ini tidak hanya berlaku untuk kaum hawa saja. Sekarang ini banyak laki – laki yang memperhatikan perawatan rambut. Rambut yang sehat selain indah dipandang mata juga menjadi pertanda kecukupan nutrisi pada tubuh. Begitu juga dengan rambut anak Anda. Bagi Adna yang menginginkan rambut si kecil sehat maka lakukan perawatan sedini mungkin.

    Rambut memiliki jenis, tekstur dan warna yang berbeda. Apabila anak Anda memiliki rambut lurus maka Anda tidak akan mengalami masalah ketika melakukan perawatan rambut berbeda dengan anak yang berambut keriting. Anak yang memiliki rambut kering terkadang menolak untuk di sisir karena rambut yang mudah kusut akan menyulitkan ketika di sisir dan membuat anak Anda kesakitan. Adakah tips perawatan rambut keriting pada bayi ?

    Taukah Anda Bunda? Rambut bayi adalah rambut velus yaitu rambut sementara yang akan habis hingga usia 1-3 bulan. Pada dasarnya untuk tebal dan tipis itu di pengaruhi oleh faktor keturunan. Rambut keriting memiliki ragam yang berbeda diantaranya rambut kering besar, kecil atau keriting melingkar. Rambut keriting sering kali memiliki masalah dalam hal perawatan karena memiliki tekstur yang berbeda.

    Anak yang memiliki rambut keriting maka perawatan yang bisa dilakukanya yaitu berikut di bawah ini.

    • Menjaga Kelembapan

    Anak yang memiliki tekstur rambut keriting harus menjaga kelembapan rambut sehingga rambut keriting akan lembut dan halus. Anda bisa menggunakan perawatan deep conditioning dua minggu sekali. Sedangkan pada anak yang memiliki rambut kering sebaiknya tidak terlalu sering berkeramas.

    • Mengeringkan Rambut

    Bagi Anak yang memiliki rambut keriting hindari untuk menggunakan handuk dengan bahan kasar ketika mengeringkan rambut atau Anda sengaja membungkus rambut anak Anda dengan menggunakan handuk untu membuat rambut cepat kering. Jika anak Anda memiliki rambut keriting, cara mengerinkan rambutnya harus secara perlahan. Anda bisa menggunakan handuk yang halus dan usapkan secara perlahan sehingga rambut tidak berantakan.

    • Oleskan Conditioner

    Bunda bisa memakaikan conditioner yang aman untuk mencuci rambut bayi, pilihlah conditioner yang tepat agar memudahkan Anda saat menyisir rambut si kecil setelah selesai berkeramas. Pemakaian produk perawatan bayi harus diperhatikan terlebih bayi memiliki kulit yang sensitif sehingga Anda harus benar – benar memperhatikan penggunaan kosmetik bayi seperti conditioner. Jika si kecil mengalami gangguan kulit sebaiknya segera melakukan penanganan dini dengan membawanya ke dokter.

    • Pilih Sisir yang Tepat

    Anak yang memiliki jenis rambut keriting sangat di sarankan untuk menggunakan sisir yang lebih renggang atau jarang untuk memudahkan rambut keriting di rapikan. Sisir jarang akan membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat rambut keriting yang kusut. Sedangkan pada anak yang berusia di bawah satu tahun, rambut keritingnya masih belum terlihat jelas dan Anda bisa menggunakan sisir lembut khusus untuk bayi.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 28, 2017
    Diskusi Dari:
    francesca21c

    Selamat pagi ibu bidan, saya mau tau dong ada ga tips sehat yang harus dilakukan ibu hamil penderita diabetes?

    Dijawab Oleh : francesca21c
    Diskusi Dari:
    Nelly Tampubolon

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Dijawab Oleh : Nelly Tampubolon
    Diskusi Dari:
    Riri

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Riri
    Diskusi Dari:
    Gigin Gumay

    Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

    Dijawab Oleh : Gigin Gumay
    Diskusi Dari:
    Dwickadeck Doen

    Selamat siang bu bidan, saya Yesa dari losarang mau tanya tentang kesehatan wanita, bagaimana sih cara agar tubuh kita tetap sehat, fit, ideal meskipun kesibukan kita penuh dari pagi sampai sore. Ditunggu jwabanya bu bida terimakasih

    Perlu Jawaban