Tips Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online -, Tips Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi -, Rambut adalah mahkota bagi sebagian besar perempuan dan ungkapan ini tidak hanya berlaku untuk kaum hawa saja. Sekarang ini banyak laki – laki yang memperhatikan perawatan rambut. Rambut yang sehat selain indah dipandang mata juga menjadi pertanda kecukupan nutrisi pada tubuh. Begitu juga dengan rambut anak Anda. Bagi Adna yang menginginkan rambut si kecil sehat maka lakukan perawatan sedini mungkin.

    Rambut memiliki jenis, tekstur dan warna yang berbeda. Apabila anak Anda memiliki rambut lurus maka Anda tidak akan mengalami masalah ketika melakukan perawatan rambut berbeda dengan anak yang berambut keriting. Anak yang memiliki rambut kering terkadang menolak untuk di sisir karena rambut yang mudah kusut akan menyulitkan ketika di sisir dan membuat anak Anda kesakitan. Adakah tips perawatan rambut keriting pada bayi ?

    Taukah Anda Bunda? Rambut bayi adalah rambut velus yaitu rambut sementara yang akan habis hingga usia 1-3 bulan. Pada dasarnya untuk tebal dan tipis itu di pengaruhi oleh faktor keturunan. Rambut keriting memiliki ragam yang berbeda diantaranya rambut kering besar, kecil atau keriting melingkar. Rambut keriting sering kali memiliki masalah dalam hal perawatan karena memiliki tekstur yang berbeda.

    Anak yang memiliki rambut keriting maka perawatan yang bisa dilakukanya yaitu berikut di bawah ini.

    • Menjaga Kelembapan

    Anak yang memiliki tekstur rambut keriting harus menjaga kelembapan rambut sehingga rambut keriting akan lembut dan halus. Anda bisa menggunakan perawatan deep conditioning dua minggu sekali. Sedangkan pada anak yang memiliki rambut kering sebaiknya tidak terlalu sering berkeramas.

    • Mengeringkan Rambut

    Bagi Anak yang memiliki rambut keriting hindari untuk menggunakan handuk dengan bahan kasar ketika mengeringkan rambut atau Anda sengaja membungkus rambut anak Anda dengan menggunakan handuk untu membuat rambut cepat kering. Jika anak Anda memiliki rambut keriting, cara mengerinkan rambutnya harus secara perlahan. Anda bisa menggunakan handuk yang halus dan usapkan secara perlahan sehingga rambut tidak berantakan.

    • Oleskan Conditioner

    Bunda bisa memakaikan conditioner yang aman untuk mencuci rambut bayi, pilihlah conditioner yang tepat agar memudahkan Anda saat menyisir rambut si kecil setelah selesai berkeramas. Pemakaian produk perawatan bayi harus diperhatikan terlebih bayi memiliki kulit yang sensitif sehingga Anda harus benar – benar memperhatikan penggunaan kosmetik bayi seperti conditioner. Jika si kecil mengalami gangguan kulit sebaiknya segera melakukan penanganan dini dengan membawanya ke dokter.

    • Pilih Sisir yang Tepat

    Anak yang memiliki jenis rambut keriting sangat di sarankan untuk menggunakan sisir yang lebih renggang atau jarang untuk memudahkan rambut keriting di rapikan. Sisir jarang akan membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat rambut keriting yang kusut. Sedangkan pada anak yang berusia di bawah satu tahun, rambut keritingnya masih belum terlihat jelas dan Anda bisa menggunakan sisir lembut khusus untuk bayi.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 28, 2017
    Diskusi Dari:
    Rikha Fatimah

    Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Amel Fayunl

    Siang Bu..
    Saya sekarang lagi hamil usia kandungan saya sudah memasuki 24 minggu, tapi akhir-akhir ini daerah vagina dan selangkangan saya sering sakit, terus mau pindah posisi tidur rasa sakitnya itu semakin terasa, apakah itu berbahaya untuk saya dan janin?

    Dijawab Oleh : Amel Fayunl
    Diskusi Dari:
    Cantika Rahayu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    demetriusnies67

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

    Dijawab Oleh : demetriusnies67
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    Dijawab Oleh : uye (wanita)