×

Tips Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Bidan Online -, Tips Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi -, Rambut adalah mahkota bagi sebagian besar perempuan dan ungkapan ini tidak hanya berlaku untuk kaum hawa saja. Sekarang ini banyak laki – laki yang memperhatikan perawatan rambut. Rambut yang sehat selain indah dipandang mata juga menjadi pertanda kecukupan nutrisi pada tubuh. Begitu juga dengan rambut anak Anda. Bagi Adna yang menginginkan rambut si kecil sehat maka lakukan perawatan sedini mungkin.

Rambut memiliki jenis, tekstur dan warna yang berbeda. Apabila anak Anda memiliki rambut lurus maka Anda tidak akan mengalami masalah ketika melakukan perawatan rambut berbeda dengan anak yang berambut keriting. Anak yang memiliki rambut kering terkadang menolak untuk di sisir karena rambut yang mudah kusut akan menyulitkan ketika di sisir dan membuat anak Anda kesakitan. Adakah tips perawatan rambut keriting pada bayi ?

Taukah Anda Bunda? Rambut bayi adalah rambut velus yaitu rambut sementara yang akan habis hingga usia 1-3 bulan. Pada dasarnya untuk tebal dan tipis itu di pengaruhi oleh faktor keturunan. Rambut keriting memiliki ragam yang berbeda diantaranya rambut kering besar, kecil atau keriting melingkar. Rambut keriting sering kali memiliki masalah dalam hal perawatan karena memiliki tekstur yang berbeda.

Anak yang memiliki rambut keriting maka perawatan yang bisa dilakukanya yaitu berikut di bawah ini.

  • Menjaga Kelembapan

Anak yang memiliki tekstur rambut keriting harus menjaga kelembapan rambut sehingga rambut keriting akan lembut dan halus. Anda bisa menggunakan perawatan deep conditioning dua minggu sekali. Sedangkan pada anak yang memiliki rambut kering sebaiknya tidak terlalu sering berkeramas.

  • Mengeringkan Rambut

Bagi Anak yang memiliki rambut keriting hindari untuk menggunakan handuk dengan bahan kasar ketika mengeringkan rambut atau Anda sengaja membungkus rambut anak Anda dengan menggunakan handuk untu membuat rambut cepat kering. Jika anak Anda memiliki rambut keriting, cara mengerinkan rambutnya harus secara perlahan. Anda bisa menggunakan handuk yang halus dan usapkan secara perlahan sehingga rambut tidak berantakan.

  • Oleskan Conditioner

Bunda bisa memakaikan conditioner yang aman untuk mencuci rambut bayi, pilihlah conditioner yang tepat agar memudahkan Anda saat menyisir rambut si kecil setelah selesai berkeramas. Pemakaian produk perawatan bayi harus diperhatikan terlebih bayi memiliki kulit yang sensitif sehingga Anda harus benar – benar memperhatikan penggunaan kosmetik bayi seperti conditioner. Jika si kecil mengalami gangguan kulit sebaiknya segera melakukan penanganan dini dengan membawanya ke dokter.

  • Pilih Sisir yang Tepat

Anak yang memiliki jenis rambut keriting sangat di sarankan untuk menggunakan sisir yang lebih renggang atau jarang untuk memudahkan rambut keriting di rapikan. Sisir jarang akan membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat rambut keriting yang kusut. Sedangkan pada anak yang berusia di bawah satu tahun, rambut keritingnya masih belum terlihat jelas dan Anda bisa menggunakan sisir lembut khusus untuk bayi.

Baca Juga :

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 28, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 12 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    Organ kewanitaan

  • Oleh : Asmi Ruswita
  • 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, keluhan saya yaitu keputihan tapi bening dan sediki sedikit ingin pipis seperti anyang anyangan. Kalau buang air kecil sedikit panas jika setelah selesae buang air kecil. Apakah itu normal atau bagaimana dok solnya saya baru pertma kali mengalami seperti ini.
    Tlong jawabanya dok terimakasi

    Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

  • Oleh : Pradita
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

    Sering merasa nyeri dan geli

  • Oleh : Dini sulistyorini
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Farchah Dwiyani
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya mau tanya adik saya umur 16 tahun ada benjolan kecil dipayudara sebelah kanan benjolan bisa digerakan dan tidak terasa sakit bahaya gak ya

    Tanya Bidan