×

Trik Menstimulasi Bayi Duduk Tegak

Bagikan Artikel :

Trik Menstimulasi Bayi Duduk Tegak

Bayi setelah duduk secara mandiri akan lebih anteng bermain sendiri. Betul kan Bun? Nah kemampuan bayi untuk duduk adalah salah satu tumbuh kembang bayi. Perkembangan tersebut menandakan anak tumbuh dengan optimal dan perlahan semakin mandiri untuk beraktivitas.

Perilaku anak pada saat duduk sedikit banyak dipengaruhi oleh kepribadiannya. Ada anak yang sangat aktif saat duduk dengan terus-menerus berusaha untuk bergerak, ada juga anak yang lebih nyaman duduk mengamati objek dan aktivitas yang terjadi di sekitarnya.

Umumnya, anak mulai mampu untuk duduk saat usianya sekitar 6 bulan. Namun jika pada waktu tersebut anak masih belum mampu, Anda tak perlu khawatir. Pada beberapa anak, kemampuan tersebut bisa dikuasai lebih lambat. Kemampuan anak untuk duduk akan sedikit demi sedikit terlatih setelah anak mulai terampil merangkak, mengangkat kakinya hingga ke mulut, dan memutar badan untuk tengkurap. Hingga beberapa bagian tubuh mulai semakin kuat, maka anak akan mampu untuk beranjak ke posisi duduk.

Lalu, apa yang bisa dilakukan orang tua untuk melatih kemampuan duduk pada anak secara mandiri? Simak di bawah ini yah Bun!

Related Posts :

    Trik menstimulasi anak untuk belajar duduk

    1. Bantuan Bunda
      Bunda bisa melatih bayi belajar duduk dengan memposisikan bayi tidur telentang lalu tarik kedua tangannya hingga posisinya duduk.
    2. Gendong anak dalam posisi tegak dengan tetap menyangga tubuhnya
      Pada saat Anda menggendong anak usia 0-2 bulan dalam posisi ini, ia akan belajar menggunakan otot lehernya untuk menopang kepala. Bantu latihannya sedikit demi sedikit dengan mengubah posisi tubuh yang disangga, mulai dari tubuh bagian atas, lalu berpindah ke tengah. Jika leher anak mulai cukup kuat, Anda bisa menggendong dengan menyangga pinggulnya.
      Selain itu, Anda juga bisa menggendongnya dengan posisi kepala menghadap ke bawah. Cara ini akan menstimulasi refleksnya untuk menarik kepala ke atas, sehingga otot lehernya akan semakin kuat. Selalu perhatikan gerakan anak dan pastikan anak tetap aman.
    3. Pindahkan anak ke posisi tengkurap di tempat tidur/Tummy time
      Seperti pada saat digendong, posisi tengkurap di tempat tidur akan menstimulasi bayi untuk mengangkat kepalanya. Anak juga akan mulai menggunakan lengan dan sikunya untuk mendorong tubuhnya ke atas. Anda bisa meningkatkan stimulasi dengan menyentuh bagian punggung dan lehernya.
      Berikan juga mainan yang ia sukai untuk memancing keinginan anak untuk meraihnya. Cara ini akan melatih kekuatan punggung anak.
    4. Bermain dengan punggung di posisi terlentang
      Bermain dengan anak pada saat telentang akan menstimulasinya untuk melakukan gerakan mengangkat bagian tubuhnya, dari tangan hingga kaki. Anak dapat mengangkat sendiri kedua kakinya hingga didekatkan ke mulut. Gerakan ini akan melatih otot perut anak yang juga diperlukan untuk menopang tubuh pada posisi duduk nantinya.
    5. Bantu bayi berlatih memutar badan
      Pada saat bergerak berputar, otot-otot tubuh anak saling berkoordinasi dan akan semakin kuat. Berikan sedikit bantuan pada saat anak mulai memiringkan badannya. Dengan latihan terus-menerus, anak akan mampu memutar badan dengan sendirinya. Perhatikan juga anggota tubuhnya yang lain, agar pada saat ia berputar tidak ada bagian tubuh yang berada pada posisi yang berbahaya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 13, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ginekomastia

  • Oleh : Abyan Wahyu
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamuallaikum, saya mau tanya cara agar memperkecil payudara pada pria yg terkana ginekomastia gimna ya dok? Saya resah bgt
    Saya tunggu jawaban nya ya dok, terima kasih

  • Oleh : Abyan Wahyu
  • Cara Untuk Menghilangkan Luka Yang Hitam

  • Oleh : Opik Taufik
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok. Saya memiliki bekas luka yang memang cukup hitam dibagian kulit dan susah sekali untuk hilang. Saya mau bertanya, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan masalah kulit hitam ini pada kulit agar seperti warna kulit semula? Jika ada, bagai mana caranya?

  • Oleh : Opik Taufik
  • Organ kewanitaan

  • Oleh : Asmi Ruswita
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, keluhan saya yaitu keputihan tapi bening dan sediki sedikit ingin pipis seperti anyang anyangan. Kalau buang air kecil sedikit panas jika setelah selesae buang air kecil. Apakah itu normal atau bagaimana dok solnya saya baru pertma kali mengalami seperti ini.
    Tlong jawabanya dok terimakasi

    Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Rasa tidak nyaman di area payudara

  • Oleh : Ana Sari
  • 3 tahun yang lalu

    Assalamualaikum dok maaf mengganggu nama sya ana umur 20 th mau tnya dok kenapa ya akhir” ini payudara sya terasa tidak nyaman apalagi saat menggunakan bra dan pada saat sya tidur pada posisi miring itu rasa nya bagian payudara gk nyaman dan terasa sedikit panas di bagian dada dan payudara… 3 bulan nan yg lalu saya juga pernah merasakan gejala ini, tapi saat sya haid gk lama payudara sya baik seperti biasanya tapi kok itu berulang terus ya dok setelah/ sesudah haid tapi terkadang 2 bulan gk ngerasaain itu tapi nnti bakalan ada lagi rasa gk nyaman di payudara nya… Sya sudah pakai bra yg gk terlalu ketat ttp aja gk nyaman tapi pada saat sya gk pakai bra agak lebih baik tapi masih ada rasa panas di dada dan bawah payudara saar tidur.. Kira” apa penyebabnya ya dok mohon bantuan nya dok

    Tanya Bidan