×

Tulang Bayi Sering Bunyi? Ini Penyebabnya

Bagikan Artikel :

Tulang Bayi Sering Bunyi? Ini Penyebabnya

Sering banget dapat pertanyaan dari para bunda mengenai tulang bayi yang kalau diangkat atau dipegang tulangnya bunyi seperti kretek atau kletuk. Kira-kira nih menurut bunda bahaya atau tidak?

Tulang bayi yang seringkali menimbulkan bunyi adalah hal yang wajar jika tidak ditemukan gangguan pergerakan pada anggota gerak bayi. Suara tulang yang terjadi pada bayi, entah tulang kaki, tulang lutut, leher atau sebagainya disebabkan oleh suatu gesekan antar tulang. Semua ini terjadi pada saat jaringan lunak atau biasa yang disebut dengan ligamen telah berinteraksi dengan jaringan keras atau tulang. Tetapi gesekan ini sangatlah umum, mengingat bayi yang masih dalam masa pertumbuhan. Untuk mendukung daya kesehatan tulangnya,

Related Posts :

    Tapi perlu Anda ketahui bahwa seorang bayi mempunyai tulang lebih lunak di bandingkan orang dewasa. Sehingga Bunda harus berhati-hati saat mengangkat atau menggendong bayi.

    Bunyi Tulang Bayi Yang Berbahaya

    Tulang bayi yang seringkali menimbulkan bunyi tidak sepenuhnya bahaya. Tergantung dari penyebabnya itu sendiri. Jika memang terjadi gesekan pada sendi atau jaringan di dalamnya, mungkin biasa. Namun yang di khawatirkan adalah ketika tulang mengalami sentuhan tak lembut hingga menjadikan tulang bayi akan berbunyi, inilah yang harus di waspadai. Sebaiknya memang harus melakukan pemeriksaan.

    Apalagi bila suara terdengan di area panggul bayi dan disertai dengan gangguan pergerakan misalnya satu kaki terlihat lebih lemas dan lebih tidak bergerak dibandingkan kaki sebelahnya. Maka segera bawa ke IGD, dokter atau bidan terdekat.

    Cara Mengatasi Tulang Bayi Sering Berbunyi

    1. Lakukan Pemeriksaan
      Memeriksakan bayi anda ke dokter adalah langkah awal yang paling tepat. Hanya dengan cara inilah anda bisa menemukan solusi terbaik atas keluhan yang sedang di hadapi. Melihat kondisi seperti itu, pastinya seorang ibu tidaklah tega dan terhindar dari rasa khawatir.
    2. Pijat bayi
      Cara mengatasi yang lainnya adalah dengan melakukan pijat. Bawa bayi anda pada terapis profesional untuk memijat. Bunda tidak perlu khawatir, para terapis tentu sudah mengerti seberapa besar tekanan yang harus di lakukan untuk seorang bayi.
    3. Berhati-Hati Saat Menggendong
      Perhatikan pada saat menggendong bayi, ini juga termasuk dari cara mengatasi tulang bayi yang sering bunyi. Karena seperti yang banyak di sangka beberapa Bunda, tentang bunyinya tulang bayi lantaran salah dalam memberikan gendongan atau memposisikan sang bayi itu sendiri. Nah, mulai sekarang lebih berhati-hati dalam membawa bayi.
    4. Memahami Usia Bayi
      Mampu memahami usia bayi adalah bagian dari cara mengatasi tulang bayi sering saja bunyi. Karena, setiap bayi sudah mempunyai masa sendiri-sendiri dimana untuk usia tertentu harus di lakukan sesuatu.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 21, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bisul

  • Oleh : Dewi Sugiarti
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Benjolan di bibir vagina kanan terasa sakit dan nyut2an

  • Oleh : Dewi Sugiarti
  • Haid dan Datang Bulan

  • Oleh : Diajeng Dwi Putri
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualikum dok. Dok saya mau tanya bulan kemaren datang bulan nya tanggal 15 desember dok sekarang udah lewat tanggal 15 januari belum juga datang bulan dok. Pas saya tetspack garis nya ada 2 apakah itu hamil dok?

  • Oleh : Diajeng Dwi Putri
  • Wasir / Ambeien Saat Hamil

  • Oleh : Ririn
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

  • Oleh : Ririn
  • Keluhan mestruasi

  • Oleh : Nurul Rohmah
  • 5 bulan yang lalu

    Halo dokter, saya mau tanya.
    Mens saya 2 bulan terakhir selalu telat, dan di mens kali ini perut saya bnrbnr sakit. Itu tanda apa ya dok?
    Mohon penjelasannya. Terima kasih

  • Oleh : Nurul Rohmah
  • Jerawat di vagina

  • Oleh : Agustina Effendi
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Mau bertanya, kmrn di vagina saya daerah tumbuhnya rambut ada satu jerawat, jerawat ini muncul beberapa hari setelah saya mencukur bulu, dan berbarengan jg dgn kemunculan jerawat di wajah.
    Jerawat yg di vagina td seperti pecah dan mengeluarkan darah. Kira2 berbahaya atau tidak ya?

    Tanya Bidan