×

Usia Berapa Bayi Boleh Makan Cokelat?

Bagikan Artikel :

Usia Berapa Bayi Boleh Makan Cokelat?

Cokelat adalah jenis makanan yang paling banyak digemari. Selain lezat cokelat ini bisa meredakan stress dan kesal. Ajaibnya cokelat ini bisa juga meredakan tantrum pada anak. Nah tidak hanya orang dewasa dan anak-anak, bahkan pada saat bunda mengonsumsi cokelat di hadapan bayi, si Kecil biasanya akan merengek untuk makan cokelat juga. Meskipun begitu, bunda tak boleh selalu mengikuti kemauan bayi karena cokelat bukan tergolong makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai MPASI.

Lalu, bolehkah memberikan cokelat sebagai camilan atau kudapan pada MPASI bayi? Untuk mendapatkan jawabannya yuk simak di bawah ini!

Related Posts :

    Cokelat Tidak Diperbolehkan Untuk Bayi

    Ada tiga jenis cokelat yang beredar di pasaran yakni cokelat hitam atau dark chocolate, white chocolate, dan cokelat susu atau milk chocolate. Dari ketiga jenis cokelat itu, dark chocolate dipercaya mengandung lebih banyak manfaat. Namun, hal itu hanya berlaku untuk orang dewasa, bukan untuk bayi.

    Dilansir dari Live Strong, cokelat tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi berusia di bawah 18 bulan. Sebab, cokelat mengandung banyak gula dan susu yang dapat membahayakan kesehatan si Kecil.

    Kandungan gula pada cokelat bisa merusak email gigi bayi. Sementara itu, cokelat juga mengandung kafein yang menyebabkan sakit kepala, sakit perut, hingga bayi sulit konsentrasi.

    Kandungan Gula Tinggi Pada Cokelat Berbahaya Untuk Dijadikan MPASI Bayi

    Tak hanya kandungan gula dan kafein yang tinggi, cokelat juga mengandung pemanis buatan. Tentu saja kandungan kimia dalam pemanis buatan bisa berisiko pada kesehatan si Kecil.

    Pada beberapa kasus, kandungan pemanis buatan dapat menyebabkan alergi. Gejalanya berupa gatal-gatal, muncul ruam di kulit, atau lidah menjadi bengkak. Selain itu, pemanis buatan bisa membuat bayi mengalami obesitas, diabetes, dan detak jantung menjadi lebih cepat.

    Sistem Pencernaan Bayi Belum Bisa Mencerna Cokelat

    Seperti dijelaskan sebelumnya, ketika menginjak usia enam bulan, bayi sudah bisa mengonsumsi MPASI. Jenis MPASI yang dianjurkan untuk bayi adalah makanan padat berupa sereal basah atau sayuran dan daging yang diolah menjadi bubur. Sementara itu, cokelat tidak termasuk dalam golongan makanan padat.

    Apabila bunda memberikan cokelat kepada bayi berusia di bawah satu tahun, maka cokelat tidak dapat diserap sempurna oleh sistem pencernaan si Kecil. Sebab, sistem pencernaan si Kecil hanya mampu menyerap makanan padat yang telah dihancurkan hingga halus.

    Kapan Bayi Boleh Makan Cokelat?

    Seorang bayi baru bisa mentolerir rasa manis pada cokelat ketika dia berusia lebih dari dua tahun. Namun, tidak semua cokelat boleh dikonsumsi.

    Si Kecil hanya boleh mengonsumsi cokelat putih karena mengandung lebih sedikit kafein dibanding dark chocolate maupun milk chocolate. Walaupun diperbolehkan untuk dikonsumsi, pemberian cokelat sebagai camilan harus diimbangi makanan bergizi lainnya seperti sayuran dan buah-buahan juga pemberian cokelat tidak boleh berlebihan. Mengingat lambung Si Kecil yang kecil maka si Kecil akan mudah kenyang dan kebutuhan nutrisi lain akan tidak terpenuhi.

    Bunda sebaiknya memberikan makanan bergizi pada tahun pertama pemberian MPASI. Hindari pemberian camilan-camilan tidak sehat yang bisa membahayakan kesehatan si Kecil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 25, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara Mengatasi Ruam Merah pada Kulit Bayi

  • Oleh : Didin Bajarudin
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

  • Oleh : Didin Bajarudin
  • Apakah Ada Cara Untuk Meringankan Rasa Sakit Saat Bersalin?

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Sore bu bidan, alhamdulillah bulan ini menginjak usia kehamilan 9 bulan. Dan ini adalah kehamilan kedua saya. Biasanya saat menuju proses lahiran ada beberapa rasa sakit, apakah ada beberapa tips untuk meringankannya? Saya khawatir, karena kelahiran anak saya yang pertama itu rasa sakitnya parah sekali bu bidan.
    Saya tunggu jawabannya ya, terimakasih 🙂

    apakah ini hamil atau tidak

  • Oleh : muhammad faiz
  • 1 tahun yang lalu

    halo dok saya mau tanya jika remaja melakukan hubungan seks dan tidak menggunakan alat pengaman, tetapi ia mengeluarkan nya di luar di sekitaran perut apakah ada kemungkinan remaja tersebut mengalami kehamilan ?

  • Oleh : muhammad faiz
  • kehamilan

  • Oleh : dita febri
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Siang,saya mau tanya bu saya hamil udah 7 bln…waktu itu saya mlakukan hbungan tpi knapa ya setelat berhubungan pasti perut saya kencang dan pinggang sakit itu knapa ya?

  • Oleh : dita febri
  • Tentang benjolan di dalam selengkangan atas istri saya

  • Oleh : Sutan Rajab
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Benjolannya tidak ada rasanya cman besar sebesar kulit kacang..trus tu halus itu gmnbya bu???

  • Oleh : Sutan Rajab
  • Tanya Bidan