×

Usia Berapa Bayi Boleh Tidur Tengkurap?

Bagikan Artikel :

Usia Berapa Bayi Boleh Tidur Tengkurap?

Banyak ibu yang tidak mengetahui bahwa posisi tidur tengkurap pada bayi adalah hal yang membahayakan. Memang beberapa bayi nyaman dan nyenyak tidur tengkurap. tapi jika dibiarkan bisa meningkatkan risiko sindrom bayi meninggal mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS). Rentang usia paling rawan untuk tidur tengkurap adalah saat bayi baru berusia 1-4 bulan.

Risiko Jika Dibiarkan Tidur Tengkurap

  1. Asupan oksigen terbatas
  2. Napas tersumbat
  3. Panas berlebih
  4. Sudden infat death syndrome (SIDS)

Posisi yang Tepat

Parents disarankan tetap menidurkan bayi dalam posisi tidur telentang hingga usia satu tahun. Pastikan untuk menjaga agar mulut dan hidungnya tidak terhalang oleh benda-benda yang bisa menutupi wajahnya.
Sebagian orang tua khawatir, bayi tidur telentang dapat tersedak ataupun menelan muntah yang seharusnya dikeluarkan. Namun, organisasi kesehatan anak asal Amerika menegaskan bahwa tidak tampak adanya peningkatan risiko tersebut pada bayi yang tidur telentang.
Bagaimana jika bayi tidur dalam posisi miring? Hal ini juga tidak disarankan oleh para ahli, sebab tetap ada risiko bayi akan bergerak selama tidur.
Saat bayi tidur telentang, ada kemungkinan pertumbuhan rambut bagian belakang kepala menjadi terhambat, hingga tampak botak. Namun, tak perlu khawatir, kondisi ini dapat diatasi dengan sesekali mengganti posisi tidur bayi di bawah pengawasan, atau dengan tummy time, yaitu bermain dalam posisi tengkurap. Posisi ini juga bisa mencegah perubahan bentuk kepala bayi menjadi tidak rata.

Tips Aman Menidurkan Bayi

• Pastikan kasur bayi tidak terlalu empuk dan memakai sprei yang pas. Jangan pernah menidurkan bayi pada tempat tidur air, bantal, sofa, kursi, ataupun permukaan empuk lainnya.
• Jangan menaruh bantal ekstra, selimut, atau boneka, dan jangan menggunakan bumper atau pelapis pada pinggiran boks bayi.
• Pakaikan baju yang nyaman dan tidak berlebihan pada bayi. Sesuaikan suhu ruang tidur bayi, agar tidak terlalu hangat dan tidak terlalu dingin.
• Hindari bayi dari asap rokok atau asap lainnya.
• Upayakan menyusui bayi Anda. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa risiko sindrom kematian bayi mendadak dapat menurun dengan memberikan ASI pada bayi. Alasan yang diduga adalah karena ASI melindungi bayi dari infeksi yang meningkatkan risiko SIDS.
• Berikan dot bayi atau empeng setelah usia satu bulan, untuk membantunya tidur. Dot bayi tersebut diduga dapat menurunkan risiko SIDS. Namun, jika bayi menolak, jangan dipaksa.
• Bayi dengan dengan gangguan asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), kemungkinan lebih baik tidur tengkurap. Konsultasikan dengan dokter anak untuk posisi tidur terbaik.

Usia Berapa Bayi Boleh Tidur Tengkurap ?

Sebaiknya bayi dibolehkan tidur tengkurap saat sudah bisa berguling sendiri. Biasanya usia 6 bulan ke atas. namun, orangtua harus ingat untuk selalu menidurkan bayi dalam posisi telentang. Dengan demikian risiko SIDS pun akan berkurang karena bayi bisa berguling sendiri saat dia merasa tidak nyaman dan tidak aman.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 19, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • Batuk dan sesak

  • Oleh : Risky nur
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    Sperma Kosong, Apakah Normal ?

  • Oleh : Santana jaya
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Let It Ovum

  • Oleh : Tika
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya kasus mengenai let it ovum.. itu kasus yang seperti apa ya? Ada nama lain nya tidak? Saya cari di google tdk ada

    Tanya Bidan