×

Wajarkah Jika Bayi Sering Mencakar Wajahnya Sendiri Hingga Terluka?

Bagikan Artikel :

Wajarkah Jika Bayi Sering Mencakar Wajahnya Sendiri Hingga Terluka?

Wajah bayi bunda sering terluka karena cakaranya sendiri? Anda mungkin takut ia akan menyakiti matanya. Namun, ketika tangannya sudah mendekati mata, secara refleks mata akan berkedip untuk menghindari hal tersebut. Tapi kenapa sih bayi sering mencakar wajah nya sendiri? Nah bunda sebetulnya hal ini terjadi karena bayi masih sulit mengontrol gerak tangannya. Hal ini memang terjadi pada semua bayi dan tidak berarti bayi anda secara sengaja melakukannya.

Bahayakah Luka Cakaran Bayi ?

Luka cakaran akan sembuh tanpa meninggalkan bekas. Jika luka cakaran menjadi infeksi, meski ini sangat jarang terjadi, segera konsultasikan kepada dokter. Biasanya, Si Kecil akan diberikan salep antibiotik.

Apakah Perlu Menggunakan Sarung Tangan?

Sebetulnya orangtua tidak perlu memakaikan sarung tangan untuk menghindari masalah ini. Bayi butuh merasakan dan mengeksplorasi sekitarnya menggunakan jemarinya. Ini sangat penting bagi proses perkembangannya.

Penyebab Bayi Mencakar Wajahnya Sendiri

  1. Tidak nyaman.
    Seringkali bayi merasa tidak nyaman terhadap situasi kondisi yang ada di sekitarnya. Hal ini dapat disebabkan karena udara yang terlalu dingin, suara yang terlalu berisik, atau bahan kain yang tidak nyaman. Rasa mengantuk juga dapat menjadi penyebab mengapa bayi merasa tidak nyaman.
  2. Gatal
    Adanya gigitan nyamuk atau biang keringat juga dapat menjadi alasan mengapa bayi sering menggaruk bagian wajahnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengoleskan minyak kayu putih atau bedak bayi agar bentolan dan bintik-bintik dapat segera hilang.
  3. Ingin berwesplorasi
    Bayi yang baru lahir umumnya masih ingin mencoba untuk menggerakkan seluruh tubuhnya, termasuk tangan. Penasaran akan bagian tubuh yang ia miliki, bayi biasanya sering menggosokkan tangannya ke bagian wajah, hidung, dan telinga sebagai bentuk eksplorasi yang ingin ia lakukan.
  4. Infeksi
    Rasa sakit yang dialami oleh bayi di sekitar telinga atau wajah juga dapat menjadi penyebab mengapa bayi sering menggaruk. Infeksi dalam telinga atau pilek yang dirasakan di dalam hidung dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan memberikan tanda kepada orang tuanya bahwa ia sedang merasa sakit.
    Menggaruk wajah dapat menjadi salah satu tahap perkembangan bayi yang harus diperhatikan. Berikan kenyamanan dan keamanan terbaik untuk bayi Anda. Awasi dan penuhi kebutuhan gizi yang cukup agar anak Anda tumbuh dengan sehat dan optimal.

Bagaimana Untuk Mencegah Luka Di Wajahnya?

Untuk itu, Anda disarankan untuk selalu menggunting kuku Si Kecil, agar tetap pendek setiap 2 kali seminggu. Apabila ingin menggunting kukunya, tunggu sampai ia tidur atau lakukan ketika sedang menyusui. Taruh juga gunting kuku di mobil. Umumnya, bayi akan terlelap di car seat-nya sepanjang perjalanan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 7, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah Nyeri Haid Mempengaruhi Kesuburan ?

  • Oleh : Risky nur
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

  • Oleh : Risky nur
  • Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Rahang Sakit

  • Oleh : Riza
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kenapa ya ko rahang saya terasa sangat sakit sekali ketika membuka mulut atau menguap? Hal ini sudah saya rasakan lumayan cukup lama

    Pendarahan

  • Oleh : githa
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Saya hamil 8 minggu tp sblmnya tdk masalah tp saya ada flek dan dan darah saat pup. Rasanya kaya haid

    Faktor yang berpengaruh agar memiliki bayi kembar

  • Oleh : Siska zumrotul fauziah
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Tanya Bidan