×

Wajib Melakukan Tummy Time Untuk Perkembangan Si Kecil

Bagikan Artikel :

Wajib Melakukan Tummy Time Untuk Perkembangan Si Kecil

Bunda, bayi mu sudah dilakukan tummy time belum? Tummy time ini penting lho untuk perkembangan bayi mu. Tummy time ini harus dilakukan sesering mungkin saat bayi sedang tidak tidur. Namun pastikan bayi tidak dalam kondisi lapar atau lelah. Tummy time adalah sesi bermain bayi dalam keadaan telungkup atau tengkurap.
Aktivitas ini bahkan dilakukan sejak bayi baru beberapa menit lahir, yaitu saat inisiasi menyusui dini. Sementara American Academy of Pediatrics menyarankan tummy time dilakukan saat usia bayi 3-4 bulan.

Ingat ya bunda, jangan tengkurapkan bayi dalam keadaan perutnya penuh. Tunggu sekitar satu jam setelah makan untuk menghindari ‘gumoh’ atau muntah.
Ketika bayi mulai menangis, coba untuk membujuknya agar bertahan sedikit lebih lama dengan mengajaknya berbicara atau bermain dengannya. Bunda sebaiknya juga dalam posisi tengkurap ketika melakukan hal ini.

Jika bayi benar-benar merasa tidak nyaman, sudahi sesi tummy time dengan mengangkat lalu mengusap-usap perutnya. Tingkat toleransi bayi terhadap waktu tengkurap cenderung akan meningkat secara bertahap. Dan kebanyakan bayi akan lebih nyaman ketika mereka mulai bisa mengangkat kepalanya sendiri (sekitar usia 3 minggu).

Related Posts :

    Jika bayi tidak nyaman dengan posisinya saat tummy time, Mama tidak usah khawatir. Itu adalah hal biasa. Biarkan Si Kecil berusaha mengangkat kepalanya. Berusahalah membuat bayi nyaman melakukan aktivitas ini. Tidak perlu waktu lama, cukup 2-5 menit per hari. Jika bayi sudah terbiasa, tingkatkan menjadi 3-5 kali sehari selama 5 menit.

    Manfaat Tummy Time

    1. Kegiatan ini baik untuk menguatkan otot leher, dada, dan lengan
    2. Melatih keseimbangan tubuh agar bayi bisa segera merangkak.
    3. Tummy time juga membantu bayi belajar mengangkat tubuhnya dalam posisi push up, sit up, berguling, merangkak, dan juga memanjat untuk berdiri,
    4. Mengurangi resiko placiogephaly, yaitu kondisi dimana kepala bayi sedikit datar di bagina belakangnya. Kondisi ini biasanya terjadi karena bayi terlalu sering berbaring dengan punggungnya

    Apabila Bayi Jarang Melakukan Tummy Time

    Para ahli mengatakan bayi yang jarang melakukan tummy time, kemampuan motoriknya lebih berisiko terlambat. Selain itu bayi juga akan malas untuk bergerak dan berusaha untuk belajar merangkak dan berjalan.

    Tips Agar Bayi Nyaman Melakukan Tummy Time.

    1. Cari waktu yang tepat
      Pastikan bayi tidak lapar saat melakukan tummy time. Tapi tidak juga dalam perut yang kenyang.
      Jangan lakukan tummy time setelah makan, tunggulah hingga 1 jam agar Si Kecil tidak muntah.
    2. Ajak bayi berinteraksi
      Bayi akan sebentar bertahan bila perutnya sudah terasa tidak nyaman. Selain menangis, dia juga akan berusaha berguling agar merasa lega.
      Mama bisa mengajak bayi berbicara, bernyanyi atau bermain “ci luk ba” untuk mengalihkan perhatiannya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 10, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pusar bayi yang bernanah

  • Oleh : audrycolunga4
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

    Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • Ingin Hamil Setelah Melepas KB

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • Kapan sebaiknya anak minum obat cacing

  • Oleh : carmonhbw5058
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya untuk waktu yang tepat anak mengkonsumsi obat cacing kapan yah?? Mohon jawabannya

    cara mengatasi alergi dingin

  • Oleh : lusia
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan