Waktu Yang Tepat Memandikan Bayi Bunda

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Selamat datang dan terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung ke website Bidan Online, situs kesehatan yang memberikan berbagai informasi termasuk waktu yang tepat memandikan bayi bunda . Bayi boleh dimandikan kapan saja selama waktunya tidak bertabrakan dengan waktu tidur atau makannya. Hingga saat ini waktu untuk memandikan bayi yaitu pagi hari sekitar jam 09.00 sampai 11.00 . Namun karena adanya alasan seperti pekerjaan rumah yang belum selesai atau hal lainnya, sehingga kebanyakan orang tua memandikan bayinya saat siang atau sore hari. Bahkan ada sebagian orang tua yang memandikan bayi nya malam hari sebagai ritual agar bayi mereka bisa tidur dengan nyenyak.

    Meskipun hal ini memang bukan menjadi masalah yang besar tapi tetap bunda harus memastikan si kecil tidak kedinginan saat dimandikan. Oleh karena itu memilih waktu yang tepat bisa membuat si kecil juga mandi dengan senang. Namun, bunda juga harus menetapkan waktu mandinya sehingga si kecil bisa terbiasa dengan kegiatan yang satu ini.

    Waktu Yang Tepat Memandikan Bayi Bunda

    Bayi yang baru lahir dan berusia 3 bulan lebih rentan terkena udara dingin. Maka dari itu, sebaiknya bunda memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat kuku jika pagi atau malam hari. Setelah mandi keringkan hingga benar – benar kering sehingga si kecil tidak kedingingan. Jika cuaca sedang hujan di malam hari dan bunda ingin memandikan si kecil juga aman selama bunda bisa memastikan si kecil tidak akan kedinginan. Kecuali bagi bayi yang baru lahir dan tali pusarnya saja belum di lepas tidak disarankan.

    Bayi yang tali pusarnya belum di lepas, tidak boleh mandi dalam bak mandi bayi sekalipun airnya hangat. Kondisi ini karena tali pusarnya tidak boleh terkena air. Jika ada tali pusar yang sampai terkena air maka peluang terjadinya infeksi akan semakin besar dan maka dari itu memandikan bayi bisa dengan cara mengusap dengan menggunakan lap bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.

    Memandikan Bayi Setelah Diberi Susu

    Sebagian orang tua ada yang memandikan si kecil setelah memberikan ASI, hal ini aman dilakukan. Tetap yang terpenting, barikan jeda waktu antara menyusui atau memberikan si kecil susu formula dengan waktu mandi untuk menjaga agar si kecil tidak dalam keadaan terlalu kenyang saat dimandikan. Jika perut bayi tertekan tanpa sengaja ketika sedang kenyang, dia bisa muntah.

    Memandikan bayi merupakan hal yang harus bunda lakukan tanpa adanya gangguan seperti menelpon atau terdesak karena adanya kegiatan lainnya. Mak dari itu carilah waktu yang kosong dan tepat sehingga bunda bisa memandikan si kecil dengan tenang dan fokus.

    Berapa kali sehari bayi mandi ?

    Meskipun idelanya memandikan bayi 2-3 kali sehari untuk mencegah kulit bayi kering, namun di negara Indonesia yang memiliki iklim tropis ini bayi dimandikan 2 kali sehari. Udara di Indonesia cenderung lembab dan panas sehingga mandi dua kali sehari bisa membuat bayi menjadi lebih nyaman terlebih saat cuaca sedang panas.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - October 20, 2017
    Diskusi Dari:
    ade

    Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

    Dijawab Oleh : ade
    Diskusi Dari:
    salsa amelia

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

    Dijawab Oleh : salsa amelia
    Diskusi Dari:
    Ratu

    Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

    Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

    Dijawab Oleh : Ratu
    Diskusi Dari:
    Amel Fayunl

    Masa nifas saya selesai tgl 4nov.2017..Masa subur saya kira2 tgl BRP yah..

    Dijawab Oleh : Amel Fayunl
    Diskusi Dari:
    Ai Ni

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

    Perlu Jawaban