×

Waktu Yang Tepat Memandikan Bayi Bunda

Bagikan Artikel :

Selamat datang dan terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung ke website Bidan Online, situs kesehatan yang memberikan berbagai informasi termasuk waktu yang tepat memandikan bayi bunda . Bayi boleh dimandikan kapan saja selama waktunya tidak bertabrakan dengan waktu tidur atau makannya. Hingga saat ini waktu untuk memandikan bayi yaitu pagi hari sekitar jam 09.00 sampai 11.00 . Namun karena adanya alasan seperti pekerjaan rumah yang belum selesai atau hal lainnya, sehingga kebanyakan orang tua memandikan bayinya saat siang atau sore hari. Bahkan ada sebagian orang tua yang memandikan bayi nya malam hari sebagai ritual agar bayi mereka bisa tidur dengan nyenyak.

Meskipun hal ini memang bukan menjadi masalah yang besar tapi tetap bunda harus memastikan si kecil tidak kedinginan saat dimandikan. Oleh karena itu memilih waktu yang tepat bisa membuat si kecil juga mandi dengan senang. Namun, bunda juga harus menetapkan waktu mandinya sehingga si kecil bisa terbiasa dengan kegiatan yang satu ini.

Waktu Yang Tepat Memandikan Bayi Bunda

Bayi yang baru lahir dan berusia 3 bulan lebih rentan terkena udara dingin. Maka dari itu, sebaiknya bunda memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat kuku jika pagi atau malam hari. Setelah mandi keringkan hingga benar – benar kering sehingga si kecil tidak kedingingan. Jika cuaca sedang hujan di malam hari dan bunda ingin memandikan si kecil juga aman selama bunda bisa memastikan si kecil tidak akan kedinginan. Kecuali bagi bayi yang baru lahir dan tali pusarnya saja belum di lepas tidak disarankan.

Bayi yang tali pusarnya belum di lepas, tidak boleh mandi dalam bak mandi bayi sekalipun airnya hangat. Kondisi ini karena tali pusarnya tidak boleh terkena air. Jika ada tali pusar yang sampai terkena air maka peluang terjadinya infeksi akan semakin besar dan maka dari itu memandikan bayi bisa dengan cara mengusap dengan menggunakan lap bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Related Posts :

    Memandikan Bayi Setelah Diberi Susu

    Sebagian orang tua ada yang memandikan si kecil setelah memberikan ASI, hal ini aman dilakukan. Tetap yang terpenting, barikan jeda waktu antara menyusui atau memberikan si kecil susu formula dengan waktu mandi untuk menjaga agar si kecil tidak dalam keadaan terlalu kenyang saat dimandikan. Jika perut bayi tertekan tanpa sengaja ketika sedang kenyang, dia bisa muntah.

    Memandikan bayi merupakan hal yang harus bunda lakukan tanpa adanya gangguan seperti menelpon atau terdesak karena adanya kegiatan lainnya. Mak dari itu carilah waktu yang kosong dan tepat sehingga bunda bisa memandikan si kecil dengan tenang dan fokus.

    Berapa kali sehari bayi mandi ?

    Meskipun idelanya memandikan bayi 2-3 kali sehari untuk mencegah kulit bayi kering, namun di negara Indonesia yang memiliki iklim tropis ini bayi dimandikan 2 kali sehari. Udara di Indonesia cenderung lembab dan panas sehingga mandi dua kali sehari bisa membuat bayi menjadi lebih nyaman terlebih saat cuaca sedang panas.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 20, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Terlambat datang bulan

  • Oleh : Marisa Marisa
  • 6 hari, 3 jam yang lalu

    Dok saya mau tanya. Saya sudah lepas KB suntik dari bulan Juni tapi 2 bulan ini saya belum datang bulan, dan saya sudah tes 2x hasilnya negatif jadi kenapa ya dok saya kok belum haid juga?

  • Oleh : Marisa Marisa
  • kesehatan

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

    Keputihan

  • Oleh : Rismawati Sr
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Dok.. Nama Saya Rismawati Umur 20 Tahun, Saya Keputihan Mulai Bulan 8 Thn Kemarin Dok, sampai Sekarang Belum Sembuh, Padahal Udah minum BanyaK Obat, Jamu, udah pake Daun Sirih juga tapi gak ada perubahan, Keputihan Saya Gatal, Bau Amis, warnanya agak kuning, Terus Kental, kalau berhubungan Nyeri, Panas, terus ada benjolan juga Dok.. Mohon Solusinya Dok, Soalnya Saya Belum Punya Anak, Saya Udah Nikah 1 tahun Lebih….

    Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Tentang kb iud

  • Oleh : Asyifa Lestari
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Bu saya mau tanya sya udh 16 bulan pke kb IUD tp haid selalalu lama dan bnyak hampir sebulan, dan kaya pendarahan gtu semakin bergerak semakin banyak yg keluar, kenapa ya, apa saya harus ganti kb?
    Trs apa kb suntik bisa membuat kegemukan? Saya binggung kalo ganti mau pke kb apa?

    Tanya Bidan