Benarkah Berat Badan Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita

curhatbidan.com – Berat Badan Mempengaruhi Kesuburan Wanita -, Percayakah Anda bahwa ternyata berat badan memiliki faktor yang cukup penting dalam hal kesuburan seorang wanita ? Dalam penelitian yang telah dilakukan menunjukan dimana wanita yang memiliki berat badan berlebih membutuhkan waktu dua kali lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memliki berat badan normal. Dan, penelitian lainnya juga berlaku bagi wanita yang kurang berat badan atau kurus, mereka justru membutuhkan waktu empat kali lebih lama untuk dapat hamil dibandingkan dengan berat badan normal.

Apabila IBM atau Indeks Massa Tubuh Anda normal, maka tidak perlu khawatir jika berat badan akan berdampak kurang baik pada kesuburan Anda. Tapi, bukan berarti juga Anda akan cepat untuk mendapatkan kehamilan karena berat badan hanya salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Jadi bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan dan memiliki berat badan berlebih atau justru kurang berat badan, berusahalah untuk mendapatkan berat badan yang ideal atau normal.

Mulai sekarang bagi Anda yang kelebihan berat badan, mulailah dengan berolahraga secara teratur dan jangan terlalu berat dalam melakukan olahraga karena ini bisa membahayakan kesuburan Anda. Apabila Anda tidak mempunyai olahraga yang cukup mulai dengan melakukan aerobik setiap hari setidaknya setengah jam perhari dan jangan lupa menjaga pola makan Anda. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung mineral, antioksidan serta asam folat.

Dan bagi Anda yang kurang berat badan, mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu berat badan Anda naik yaitu makanan yang bergizi, memiliki kalori tinggi dan kaya akan protein.

Kedua usaha di atas baik Anda yang kelebihan berat badan atau kekurangan membutuhkan waktu serta komitmen dan terus berusaha mendapatkan berat badan yang normal serta Anda akan memperoleh kesuburan yang lebih baik.

Berat badan hanya salah satu dari banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita dan jadi jika Anda sedang menjalankan program hamil namun berlangsung lama maka Anda harus mempehatikan faktor lain yang bisa mengakibatkan peluang kehamilan Anda terhambat.

Sepasang suami istri yang ingin mendapatkan kehamilan tentunya harus bekerja sama dan berusaha serta berdoa yang terbaik untuk program yang sedang Anda jalankan. Jadi jangan lupa perhatikan faktor lain yang bisa membatu Anda dan suami mendapatkan buah hati dalam waktu dekat.

Artikel Terkait Lainnya :

Citra Dewi Amd.Keb - November 5, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Rhiyad Suhpriatin

Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Lutfi Maharani

Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Tika

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit perut oh ya saya sedang hamil 7 bulan apakah hal ini normal atau berbahaya. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Rani Anggraeni

Sore bu bidan.
Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

Perlu Jawaban