Benarkah Isu yang Beredar Bahwa Air Kelapa Mampu Menyebabkan Keguguran ?

Sebagian ibu hamil merasa cemas ketika ingin hendak mengonsumsi air kelapa. Hal ini terjadi karena isu masyarakat daerah yang masih keliru mengenai air kelapa yang mampu membuat keguguran pada ibu hamil. Faktanya air kelapa mengandung antioksidan dan elektrolit yang tinggi untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Saat ini keadaan lingkungan yang semakin buruk, banyakpolusi udara dimana-mana maka antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh. Apalagi untuk ibu yang sedang hamil. Salah satu buah yang mengandung antioksidan yang tinggi adalah buah kelapa. Selain mengandung elektrolit dan antioksidan, pengaruh air kelapa bagi ibu hamil adalah membuat air ketubannya menjadi bersih dan jernih. Kedua zat itu dapat menyerap lendir dan kotoran dalam air ketuban. Jadi jika ada yang mengatakan minum air kelapa akan membuat kulit bayi putih, itu salah. Karena yang benar adalah air kelapa membuat air ketubannya menjadi bersih bukan kulit bayinya.

Air ketuban yang tidak jernih atau keruh akan membahayakan keselamatan bayi apabila tidak ditangani secara serius. Hingga saat ini belum ada bukti penelitian dari kandungan air kelapa muda yang membahayakan kehamilan apabila menyebabkan keguguran.

Pada umumnya penyebab keguguran pada saat kehamilan adalah terjadinya kerusakan kromosom saat pembelahan janin adapun beberapa penyebab lain yang mengakibatkan keguguran diantaranya adanya infeksi oleh mikroorganisme yang menyerang ibu hamil, penyakit yang kronis, rahim yang abnormal atau terjadinya kelainan hormonal pada ibu hamil, asupan nutrisi yang kurang terpenuhi dll. Bagi anda yang memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan buruk merokok, minuman keras, narkoba atau juga bisa dikarenakan fakktor psikis akan meningkatkan resiko keguguran yang lebih tinggi.

Bahkan beberapa penelitian menyarankan untuk mengkonsumsi air kelapa dikarenakan kandungan dari air kelapa yang akan mengurangi lemak yang menempel pada bagian kulit bayi saat dilahirkan. Kandungan nutrisi lainnya seperti klorida, magnesium dan kalium, sodium, protein dan kandungan gula alami sangat membantu dalam menjaga kehamilan anda.

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa air kelapa muda tidak memiliki hubungan dengan penyebab kegugaran. Keguguran yang dialami oleh ibu hamil dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat dan juga faktor abnormal yang terjadi di dalam ibu hamil. Bahkan ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa untuk menjaga kebersihan air ketuban, selain itu menjaga kesehatan ibu hamil dikarenakan kandungannya yang dapat menyeimbangkan hormon yang mengakibatkan keluhan selama kehamilan.

Jenis Buah Kelapa yang Dianjurkan pada Kehamilan

Air kelapa berasal dari jenis kelapa yang berbeda-beda. Biasanya perbedaannya terletak dari warna kulit kelapa yang lebih hijau, dan sabut kelapa yang memiliki unsur warna pink apabila dikupas. Kelapa ijo sangat dianjurkan dan baik dikonsumsi untuk kalangan ibu hamil dan menyusui, karena kandungan antioksidan dan elektrolit yang lebih tinggi.

Kandungan Buah Kelapa

1. Kandungan elektrolit alami

Elektrolit merupakan salah satu jenis mineral yang dapat membantu anda dalam mengembalikan fungsi cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Biasanya kekurangan cairan atau dehidrasi yang dialami tubuh akan terjadi seiring kegiatan yang dilakukan. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil, karena dehidrasi pada ibu hamil dapat menyebabkan :

• Sakit kepala

• Demam

• Kram dan kejang otot

2. Merupakan diuretik alami

Air kelapa muda memiliki sifat diuretik alami, yang steril dan aman dikonsumsi terutama bagi ibu hamil. Makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki sifat diuretik alami, membuat airkelapa muda dapat bermanfaat sebagai :

• Membantu memperlancar proses pembuangan urin

• Membantu membersihkan salurang kemih

• Membantu mengeluarkan zat racun yang yang mampu membayakan janin

• Mencegah terjadinya infeksi yang menyerang pada janin

3. Asam laurat untuk mencegah macam-macam penyakit

Air kelapa muda memiliki kandungan yang bernama asam laurat. Asam laurat ini merupakan jenis asam yang fungsinya dapat membantu melawan dan mencegah terjadinya penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil dara kandungan asam lauratnya :

• Anti bakteri

• Anti virus

• Menjaga kesehatan bayi dari virus berbahaya, seperti HIV dan herpes

4. Menghindari Keluhan SembelitPada Kehamilan

Salah satu kegunaan air kelapa adalah membantu melancarkan pencernaan pada kehamilan. Biasanya fungsi pencernaan pada kehamilan akan mengalami gangguan kehamilan seperti pelambatan mencerna makanan (konstipasi). Air kelapa dapat membantu melancarkan fungsi pencernaannya. Apabila fungsi pencernaan terjaga dan tetap fit, maka beberapa gangguan pencernaan dapat dicegah. Gangguan-gangguan pencernaan tersebut antara lain :

• Diare

• Sembelit

• Susah buang air besar

5. Meningkatkan HDL

Air kelapa muda terbukti memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Hal ini dapat menekan tingginya angka kolesterol jahat di dalam tubuh, dan dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis. Gangguan kehamilan ini juga akan terjadi pada ibu hamil yang memiliki kecenderungan kadar LDL yang tinggi sehingga akan menimbulkan sesak nafas, mudah merasa lelah, anemia dll

6. Menurunkan tekanan darah

Ibu hamil wajib menghindari terjadinya tekanan darah tinggi. Larangan ibu hamil ini memang penting, karena akan berpengaruh pada kondisi kesehatan janin. Untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil, maka air kelapa muda dapat dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil ini disebabkan oleh kandungan potassium yang terkandung di dalam air kelapa muda alami.

7. Salah satu sumber energi

Perlu diperhatikan, air kelapa muda memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi. Hal ini dapat membantu ibu hamil dalam memperoleh energi dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat paling utama adalah dengan tetap menjaga asupan energi setiap hari, disamping konsumsi makanan sehat dan bergizi lainnya.

8. Kandungan vitamin C

Salah satu kandungan penting dari air kelapa adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada air kelapa muda ini dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh setiap harinya, terutama bagi ibu hamil.

9. Mengandung vitamin B

Vitamin B juga merupakan salah satu jenis vitamin yang terkandung di dalam air kelapa muda. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil dengan adanya vitamin B, membantu penggantian jaringan-jarinagn tubuh yang rusak, produksi energi dalam tubuh, mengurangi resiko bayi cacat lahir, mengoptimalkan pertumbuhan janin dll.

10. Anti aging

Air kelapa mudah memiliki manfaat yang baik sebagai anti aging atau anti penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh sifat dari air kelapa muda yang dapat membantu memperbaharui sel-sel tubuh. Hal ini sangat baik dikonsumsi saat hamil maupun setelah kehamilan, untuk mengatasi masalah stretch mark di perut.

11. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dan magnesium tinggi yang terkandung pada air kelapa muda dapat membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan jantung, seperti serangan jantung dan detak jantung yang tidak stabil. Kondisi ini juga diperlukan untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan janinnya.

12. Mencegah penyumbatan pada pembuluh darah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, karena mengandung kolesterol baik yang cukup tinggi. Hal ini mampu menghindari dari gumpalan darah baku yang menyebabkan kerusakan jaringan plasenta

13. Meningkatkan metabolisma tubuh

Ibu hamil sangat membutuhkan metabolisma tubuh yang tinggi. Disinilah peran air kelapa muda akan terasa. Air kelapa muda dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, terutama bagi ibu hamil.

Frekuensi Mengonsumsi Kelapa Muda

Kandungan air kelapa muda memang bagus untuk dikonsumsi bagi kehamilan. Ibu hamil bisa mengonsumsi air kelapa muda setiap hari dan tidak berlebihan. Air kelapa mengandung Omega-6, dalam asupan yang pas bersama dengan omega-3 membantu pertumbuhan otak janin dan bayi. Akan tetapi dalam kondisi berlebih tidak baik untuk kesehatan janin bayi dan ibu hamil.

Citra Dewi Amd.Keb - July 20, 2018
Diskusi Dari:
Aisyah Putri Setiawan

selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat siang ibu bidan. Saat ini usia kandungan saya sudah semakin membesar, namun saya masih bingung untuk proses persalinan. Hal yang saya ingin tanyakan, persalinan seperti apa yang harus saya lakukan, dan apa manfaat yang bisa di dapatkan ketika saya melakukan persalinan dengan cara itu?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Nurfah Putriie Sopiant

Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
uye (wanita)

selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Sore dok, adik saya usia 3 tahun sekarang ini sedang mengalami masalah pencernaan. Sering buang air besar, sudah diobati tapi belum juga sembuh. Kira – kira obat yang aman untuk mengobati diare pada anak usia 3 tahun apa dok ? Terima kasih dok sebelumnya.

Dijawab Oleh : Yuli Ani