Benarkah Payudara Besar Lebih Berpeluang Terkena Kanker Payudara ?


Memiliki payudara yang besar, padat dan berisi memang dambaan hampir semua wanita. Hal ini karena wanita merasa dengan bentuk payudara seperti itu akan terlihat lebih seksi dan menarik. Namun, pada kenyataannya memiliki payudara besar bisa membuat seorang wanita justru lebih rentan terkena kanker payudara.

Menurut dr.Saptadi Setia Basuki, Sp.B.Onk, semakin besar ukuran payudara, makin besar pula jaringan payudara yang dimiliki. Karena jaringannya besar ini berarti sel-selnya juga lebih banyak. Sel-sel ini jika mengalami mutasi genetik bisa bermutasi menjadi sel kanker.

Besarnya Payudara Dikaitkan dengan Faktor Obesitas

Ukuran payudara yang lebih besar lebih sering terjadi pada obesitas yang dikaitkan dengan kanker payudara pada wanita sebelum dan sesuadah menopause. Wanita dengan payudara besar memiliki stadium penyakit yang lebih lanjut karena payudara wanita gemuk yang lebih besar dan dapat membuat sulit untuk mendeteksi penyakit kanker payudara secara dini dengan pemeriksaan SADARI.  Hasil buruk dari kanker payudara pada obesitas dapat dikaitkan dengan ukuran tumor yang lebih besar.

Payudara Kecil Lebih Mudah di Deteksi

Wanita yang payudaranya kecil, lebih mudah di deteksi secara dini. Sekecil apapun benjolannya, teraba dengan cepat. Jadi bisa diketahui dengan cepat dan tidak terlambat ditangani. Sedangkan wanita yang cenderung memiliki payudara ukuran besar, sulit mendeteksi benjolan yang masih ukuran kecil. Selain itu bentuk payudara yang besar juga sulit di-mamografi. Dengan begitu, cenderung ditemukan saat kankernya sudah memasuki stadium akhir.

Ukuran Payudara yang Berpeluang Terkena Kanker

Peluang terkena kanker antara payudara kecil dan besar sama. Hanya saja, payudara besar lebih sulit mendeteksi benjolan kecil karena lemak yang terkandung di dalamnya lebih banyak, sehingga ditemukannya saat sudah stadium 3 atau 4 dan sudah menyebar. Selain pemeriksaan SADARI. payudara yang berukuran besar bisa melakukan USG jika mencurigai adanya risiko kanker.

Citra Dewi Amd.Keb - July 19, 2018
Diskusi Dari:
Tivaa Rachmawati Putri

Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Indri Ekawaty

Bu bidan saya mau bertanya, saya sekarang sedang mengandung, usia kandungan saya baru menginjak 3 bulan, tapi kenapa akhir akhir ini saya susah tidur. Kalau saya minum obat tidur apakah tidak apa ?

Dijawab Oleh : Indri Ekawaty
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

Dijawab Oleh : Khansa Adeline
Diskusi Dari:
Nurfah Putriie Sopiant

Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

Perlu Jawaban