Berbagai Macam Manfaat Petroleum Jelly Untuk Merawat Kulit Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • www.curhatbidan.com – Sebenarnya merawat kulit bayi yang sensitif tidak terlampau sulit. Hanya saja untuk cara merawat bayi baru lahir memang diharuskan ekstra hati-hati, dikarenakan kulit bayi sangat sensitif sehingga akan mudah iritasi. Mungkin Bunda perlu untuk mencoba menggunakan petroleum jelly untuk menjaga kulit bayi. Pada zat yang satu ini memang sangat baik untuk kulit bayi.

    Petroleum jelly atau disebut dengan petrolatum yang terbuat dari campuran minyak mineral dan lilin sehingga membentuk zat semi padat seperti jelly. Dulu petroleum jelly sering digunakan untuk menyembuhkan luka dan luka bakar, tetapi untuk sekarang petroleum jelly dikemas untuk menahan air dan kelembapan air pada kulit. Maka dari itu, petroleum jelly sangat banyak direkomendasikan untuk kulit kering.

    Apa saja manfaat petroleum jelly untuk kulit bayi?


    Manfaat Petroleum Jelly Untuk Kulit Bayi

    Petroleum jelly tidak hanya digunakan untuk orang dewasa, tetapi untuk bayi juga dapat digunakan, guna untuk menjaga kulit dan sebagai perawatan kulit khusus. Tidak sedikitnya para orang tua juga memilih petroleum jelly karena pelembab tersebut tidak menggunakan pewarna ataupun pewangi. Berikut berbagai manfaat petroleum jelly untuk kulit bayi, antara lain :

    • Mencegah dan mengurangi eksim

    Biasanya eksim pada bayi akan mulai muncul sejak 2 hingga 6 bulan setelah lahir. Tanda-tanda dari munculnya eksim yaitu adanya ruam merah pada bagian pipi, gatal, kulit pipi kering dan bersisik. Eksim terjadi karena kulit bayi yang sensitif dan kering. Untuk meringankan kondisi tersebut, Bunda dapat mengoleskan petroleum jelly sebelum makan dan sebelum tidur, guna untuk menjaga kelembapan kulit si kecil.

    • Mencegah ruam popok

    Ruam popok yang sering terjadi pada bayi, dikarenakan terjadinya gesekan antara kulit dengan popok atau kontak antara kulit bayi yang sensitif dengan kotoran. Tanda dari ruam popok yaitu adanya ruam pada paha, pantat, dan bagian alat kelamin. Biasanya bayi yang terkena ruam popok akan sering menangis atau berkeringat saat area tersebut disentuh. Ruam popok bisa terjadi pada bayi meskipun orang tua sudah mengganti popoknya secara teratur. Oleh karena itu, dalam tindakan pencegahan alangkah baiknya untuk segera dilakukan, seperti mengoleskan petroleum jelly pada area yang sensitif terhadap ruam.

    • Membantu penyembuhan luka

    Ketika penyembuhan luka, kulit akan cenderung mengering dan tidak jarang kondisi tersebut malah akan memperlama penyembuhan luka, terlebih jika bagian tersebut mengelupas. Dengan penggunaan petroleum jelly yang diketahui dapat membantu proses penyembuhan luka serta mencegah terbentuknya keropeng ketika luka telah mengering. Petroleum jelly juga dapat membantu mengurangi rasa gatal saat dalam masa penyembuhan, serta menurunkan resiko terbentuknya bekas luka pada kulit. Seperti penyembuhan yang disebabkan oleh tergores atau pada penyembuhan luka sunat, tetapi kondisi tersebut sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk penggunaannya.

    Bagaimana cara penggunaan petroleum jelly untuk kulit bayi?

    Manfaat dari petroleum jelly memang telah diketahui oleh orang banyak, tetapi untuk para orang tua juga harus mengetahui cara penggunaannya secara tepat, yaitu :

    1. Gunakan petroleum jelly ini sehabis mandi dan dalam keadaan bayi bersih. Perlu diketahui, jangan mengoleskan petroleum jelly pada bayi dengan keadaan bayi tidak bersih, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi yang diakibatkan oleh jamur atau bakteri.

    2. Perhatikan penggunaan pelembab ini pada area dekat mata. Begitu juga pada bayi dengan pneumonia. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terhadap penggunaan pelembab tersebut jika dioleskan pada sekitar hidung.

    3. Oleskan secara tipis dan jangan terlalu tebal. Serta pastikan juga tangan anda bersih ketika akan mengoleskan pelembab ini.

    Related post :

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - December 15, 2017
    Diskusi Dari:
    reinaldo9976

    Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang mengatakan saat bayi di jemur jangan langsung terkena sinar matahari. Yang sanya mau tanyakan bagaimana cara menjemur bayi yang benar ya mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : reinaldo9976
    Diskusi Dari:
    Iphunk Charger

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    wastini

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya istri saya mengalami haid yang tidak lancar setelah melahirkan namun di awal nipas haid istri saya lancar-lancar saja. Dan setelah itu selama 3 bulan istri saya tidak haid juga mohon penjelasannya apakah ini normal?

    Dijawab Oleh : wastini
    Diskusi Dari:
    Siska zumrotul fauziah

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Siska zumrotul fauziah
    Diskusi Dari:
    Reny Anggra

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

    Perlu Jawaban