Berbagai Macam Manfaat Petroleum Jelly Untuk Merawat Kulit Bayi

www.curhatbidan.com – Sebenarnya merawat kulit bayi yang sensitif tidak terlampau sulit. Hanya saja untuk cara merawat bayi baru lahir memang diharuskan ekstra hati-hati, dikarenakan kulit bayi sangat sensitif sehingga akan mudah iritasi. Mungkin Bunda perlu untuk mencoba menggunakan petroleum jelly untuk menjaga kulit bayi. Pada zat yang satu ini memang sangat baik untuk kulit bayi.

Petroleum jelly atau disebut dengan petrolatum yang terbuat dari campuran minyak mineral dan lilin sehingga membentuk zat semi padat seperti jelly. Dulu petroleum jelly sering digunakan untuk menyembuhkan luka dan luka bakar, tetapi untuk sekarang petroleum jelly dikemas untuk menahan air dan kelembapan air pada kulit. Maka dari itu, petroleum jelly sangat banyak direkomendasikan untuk kulit kering.

Apa saja manfaat petroleum jelly untuk kulit bayi?


Manfaat Petroleum Jelly Untuk Kulit Bayi

Petroleum jelly tidak hanya digunakan untuk orang dewasa, tetapi untuk bayi juga dapat digunakan, guna untuk menjaga kulit dan sebagai perawatan kulit khusus. Tidak sedikitnya para orang tua juga memilih petroleum jelly karena pelembab tersebut tidak menggunakan pewarna ataupun pewangi. Berikut berbagai manfaat petroleum jelly untuk kulit bayi, antara lain :

  • Mencegah dan mengurangi eksim

Biasanya eksim pada bayi akan mulai muncul sejak 2 hingga 6 bulan setelah lahir. Tanda-tanda dari munculnya eksim yaitu adanya ruam merah pada bagian pipi, gatal, kulit pipi kering dan bersisik. Eksim terjadi karena kulit bayi yang sensitif dan kering. Untuk meringankan kondisi tersebut, Bunda dapat mengoleskan petroleum jelly sebelum makan dan sebelum tidur, guna untuk menjaga kelembapan kulit si kecil.

  • Mencegah ruam popok

Ruam popok yang sering terjadi pada bayi, dikarenakan terjadinya gesekan antara kulit dengan popok atau kontak antara kulit bayi yang sensitif dengan kotoran. Tanda dari ruam popok yaitu adanya ruam pada paha, pantat, dan bagian alat kelamin. Biasanya bayi yang terkena ruam popok akan sering menangis atau berkeringat saat area tersebut disentuh. Ruam popok bisa terjadi pada bayi meskipun orang tua sudah mengganti popoknya secara teratur. Oleh karena itu, dalam tindakan pencegahan alangkah baiknya untuk segera dilakukan, seperti mengoleskan petroleum jelly pada area yang sensitif terhadap ruam.

  • Membantu penyembuhan luka

Ketika penyembuhan luka, kulit akan cenderung mengering dan tidak jarang kondisi tersebut malah akan memperlama penyembuhan luka, terlebih jika bagian tersebut mengelupas. Dengan penggunaan petroleum jelly yang diketahui dapat membantu proses penyembuhan luka serta mencegah terbentuknya keropeng ketika luka telah mengering. Petroleum jelly juga dapat membantu mengurangi rasa gatal saat dalam masa penyembuhan, serta menurunkan resiko terbentuknya bekas luka pada kulit. Seperti penyembuhan yang disebabkan oleh tergores atau pada penyembuhan luka sunat, tetapi kondisi tersebut sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk penggunaannya.

Bagaimana cara penggunaan petroleum jelly untuk kulit bayi?

Manfaat dari petroleum jelly memang telah diketahui oleh orang banyak, tetapi untuk para orang tua juga harus mengetahui cara penggunaannya secara tepat, yaitu :

1. Gunakan petroleum jelly ini sehabis mandi dan dalam keadaan bayi bersih. Perlu diketahui, jangan mengoleskan petroleum jelly pada bayi dengan keadaan bayi tidak bersih, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi yang diakibatkan oleh jamur atau bakteri.

2. Perhatikan penggunaan pelembab ini pada area dekat mata. Begitu juga pada bayi dengan pneumonia. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terhadap penggunaan pelembab tersebut jika dioleskan pada sekitar hidung.

3. Oleskan secara tipis dan jangan terlalu tebal. Serta pastikan juga tangan anda bersih ketika akan mengoleskan pelembab ini.

Related post :

Citra Dewi Amd.Keb - December 15, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama produksi ASI saya dan apa ada tips bagi ibu menyusui yang berpuasa? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Novita dwi

Halow, saya mau tanya masalah masa subur
Bln desember 2017 haid tgl 15
Bulan januari 2018 haid tgl 8
Tgl 21 januari 2018 menikah
Bulan februari 2018 haid tgl 3
Bulan maret 2018 haid tgl 1

Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
Mohon di jawab terimakasih..

Dijawab Oleh : Novita dwi
Diskusi Dari:
Marini Sjola Manoppo

Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat pagi
Saat ini saya tengah hamil anak pertama, sehingga saya belum memiliki banyak pengalaman di kehamilan ini. Untuk menjaga kehamilan saya tetap sehat dan tumbuh kembang janin saya tetap terjaga. Nutrisi baik apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan dan menu makanan apa yang bisa memenuhi asupan nutrisi tersebut? Terimakasih.

Dijawab Oleh : Gigin Gumay
Diskusi Dari:
Jasmine Putri Mustofah

Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

Dijawab Oleh : Jasmine Putri Mustofah