Bolehkah Menggunakan Permainan Sex Toys Untuk Menambah Sensasi Seksual ?

Bolehkah Menggunakan Permainan Sex Toys Untuk Menambah Sensasi Seksual ?

Hubungan seksual pada pasangan suami istri adalah suatu kebutuhan yang harus terpenuhi. Selain itu, keharmonisan dan kehangatan pasangan bisa dipengaruhi oleh kegiatan seksualnya. Namun adakalanya hubungan seksual menjadi sesuatu yang membosankan. Tidak jarang pasangan suami istri menggunakan tambahan alat seperti permainan sex toys untuk menambah sensasi hubungan seksual karena untuk menghidupkan aktivitas seksual bukan hanya soal posisi dan tekniknya saja.

Dalam dunia medis permainan sex toys boleh saja dilakukan asal tidak membahayakan bagian tubuh dan organ reproduksi. Selain itu bahan yang digunakan dalam pembuatan sex toys harus diperhatikan karena ada beberapa yang menggunakan bahan kimia berbahaya yang menyebabkan alergi, cedera dan lain-lain.

Risiko Penggunaan Permainan Sex Toys

1. Penyakit menular seksual

penggunaan sex toys pada pasangan bisa meningkatkan risiko penularan penyakit kelamin dan berbagai penyakit lain yang dapat ditularkan melalui cairan tubuh. Cairan tubuh Anda dan pasangan seperti sperma atau cairan vagina bisa menempel pada mainan seks. Jika mainan tersebut digunakan secara bergantian, virus atau bakteri yang menempel pun akan pindah ke pasangan. Beberapa contoh penyakit menular seksual yang bisa ditularkan lewat mainan seks adalah HIV, hepatitis, klamidia, dan gonorea.

2. Cedera, luka, atau alergi

Beberapa mainan seks menggunakan penggetar yang dikendalikan oleh mesin. Jika Anda dan pasangan tidak berhati-hati ketika memainkan sex toys, Anda dan pasangan rentan mengalami cedera, luka, atau iritasi pada alat kelamin atau anggota tubuh lain yang bersentuhan dengan mainan seks Anda. Anda dan pasangan juga mungkin memiliki kulit sensitif yang akan bereaksi ketika bersentuhan dengan plastik, karet, kain, atau bahan pelumas yang biasanya sudah dilumuri pada mainan seks tertentu.

3. Permaian seks yang mengandung bahan kimiaberbahaya

Ada beberapa permainan seks yang setelah diteliti mengandung bahan kimia dan bisa menyebabkan adanya bahaya diabetes hingga ketidaksuburan pada penggunanya. Bahan kimia itu adalah senyawa phthalates. Phthalates adalah senyawa kimia yang digunakan untuk melunakkan bahan plastik.

Bahaya phthalates bagi kesehatan tubuh

1. Alergi kulit
2. Asma
3. Penyakit kelamin
4. Gangguan motorik atau saraf perkembangan otak
5. Kanker payudara
6. Obesitas
7. Diabetes tipe 2
8. Gangguan perilaku (kesehatan mental)
9. Masalah reproduksi dan tingkat kesuburan yang rendah

Cara Merawat dan Menjaga Permainan Seks

Merawat dan menjaga kebersihan permainan seks adalah hal yang penting. Jika setelah pemakaian permainan seks diabaikan begitu saja dapat membawa bibit-bibit penyakit seksual. Dianjurkan untuk menggunaan kondom pada mainan seks agar tetap aman saat digunakan. Ada beberapa tips untuk memilih dan merawat mainan seks sehingga aman digunakan:

1. Pilih mainan seks yang bebas phthalates
2. Cuci dengan menggunakan sabun setelah pemakaian
3. Gunakan kondom
4. Tidak menggunakan permainan seks bersama-sama atau berbagi dengan orang lain.
5. Sebaiknya jangan gunakan sex toys untuk seks anal dan seks oral secara berkelanjutan tanpa dibersihkan terlebih dulu.
6. Jangan menggunakan sex toys yang berpotensi melukai hingga mengeluarkan darah. Jika terdapat luka kecil pada organ reproduksi Anda atau pasangan Anda, hal ini berpotensi untuk menularkan infeksi seperti hepatitis, gonorhoe, HIV dan lain-lain

Citra Dewi Amd.Keb - July 17, 2018
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI
apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan?
bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
Debby

Siang Bu Bidan,
Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Via

ibu bidan, saya mau bertanya tentang istri saya yang mengalami buang-buang air mencret, katanya perutnya tidak enak seperti ada bunyi air deras, dia juga punya maag. apa bahaya nanti buat janin di dalam perutnya?

Dijawab Oleh : Via
Diskusi Dari:
Claudia harapankita

Dok selama ini saya sering kali merasakan masalah dibagian hidung seperti hidung yang terasa perih sehingga membuat saya kesulitan untuk bernafas dimana hal ini sering juga disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian kepala. Biasanya saya merasakan hal ini dimana saat musim dingin dok. Dulu saya sempat tinggal di daerah perkampungan yang udaranya sangat dingin sehingga tiap malam dan pagi hari saya sering merasakan masalah pada bagian hidung serta bersin bersin. Saya mau tanya, kira kira ini salah satu gejala penyakit apa ya dok? Terus berbahaya gak ya bagi kesehatan saya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Risky nur

Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

Dijawab Oleh : Risky nur