Bolehkah Wanita Yang Sedang Menstruasi Berenang ?

Bolehkah Wanita Yang Sedang Menstruasi Berenang ?

Pada saat menstruasi tiba, bukan berarti wanita harus menghentikan segala aktifitasnya termasuk hobby. Justru melakkukan aktifitas, hobby dan olahraga ringan bisa membuat nyeri menstruasi berkurang.

Salah satu olahraga yang dihindari wanita pada saat menstruasi adalah berenang. Dalam ilmu kedokteran wanita yang sedang menstruasi boleh melakukan berbagai aktifitas termasuk berenang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa berenang dapat membantu mengurangi kram, dan meningkatkan mood.

Tapi sebagian masyarakat takut untuk berenang pada saat menstruasi karea terkait pada aspek kebersihan. Kekhawatiran masyarakat disebut wajar karena memang kolam renang silih berganti dimasuki banyak orang. Ini tentu rentan menjadi media penyebaran bakteri.

Berenang Mengurangi Nyeri Haid

Latihan intensitas rendah seperti berenang sebenarnya bisa membantu meringankan kram menstruasi. Selama olahraga, tubuh Anda melepaskan endorfin yang bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami dan memberi Anda perasaan sehat yang meningkat

Darah Yang Rembes Saat Menstruasi

Dengan menggunakan menstrual cup, darah haid akan terlindung dari kebocoran. Jika darah telanjur merembes, jangan khawatir karena darah akan larut dalam air kolam.  Kolam renang mengandung sejumlah kecil cairan tubuh seperti keringat dan urine, tetapi biasanya akan dinetralisasi oleh klorin untuk mencegah penyebaran penyakit.

Saat Berenang Darah Menstruasi Tidak Keluar

Pada saat berenang darah menstruasi akan terkesan berhenti mengalir. Dengan demikian maka perempuan akan berenang tanpa memakai tampon atau pembalut. Ini lantaran mereka merasa darah menstruasi tidak akan keluar saat di dalam kolam renang. Hal ini terjadi karenan adanya tekanan yang timbul di dalam air selama berenang. Tekanan ini membuat darah menstruasi jadi lebih lambat keluar atau terkesan tidak merembes.

Meski diperbolehkan berenang saat menstruasi, tapi ada waktu terbaik untuk berenang seperti hari-hari terakhir menstruasi merupakan saat yang tepat bagi wanita yang datang bulan untuk berenang. Saat itu, menstruasi hanya menyisakan bercak-bercak darah sehingga perempuan tidak perlu takut darahnya tembus ke air.

Cara aman berenang saat menstruasi

1. Wanita yang sedang menstruasi sebaiknya jangan memakai pembalut ketika berenang. Bagi Anda yang pernah mengenakan pembalut saat berenang, tentu akan merasakan hal yang tak nyaman untuk bergerak akibat pembalut yang terkena air. Selain rasa tidak nyaman saat bergerak, pembalut akan membesar dan lembap. Pembalut cenderung membuat vagina jadi lembap. Lembap tersebut menjadi tempat kesukaan bakteri atau mikroorganisme. Bakteri dari luar, dalam hal ini dari kolam renang, akan berkoloni dengan bakteri yang ada di vagina.

Apalagi, hal ini didukung dengan derajat keasaman darah menstruasi yang basa dan pH air kolam renang. Alhasil, itu akan memicu infeksi vagina. Jadi sebaiknya wanita yang sedang menstruasi dan hendak berenang dianjurkan menggunakan tampon, menstrual cup, sea sponge tampons, atau periode panties ketika berenang.

Namun, tampon tetap harus sering diganti jika dirasa darah menstruasi yang keluar sudah penuh dan jangan pernah memakainya selama lebih dari delapan jam. Pasalnya darah menstruasi bisa berceceran di kolam renang. Darah yang bocor ke air jadi sumber pertumbuhan bakteri. Kolam renang menjadi tercemar. Akibatnya, bakteri menyebar. Selain membuat risih, itu berbahaya bagi pengunjung dan perempuan.

2. Bawa persediaan ekstra. Jika sedang mengenakan tampon, Anda perlu menggantinya beberapa kali sepanjang hari itu. Ambil beberapa persediaan yang akan diperlukan, untuk persiapan jika rombongan Anda memutuskan untuk menikmati hari dan tinggal lebih lama. Jika Anda ingin mengganti tampon dengan pembalut setelah selesai berenang dan mengenakan pakaian dan pakaian dalam biasa, Anda juga bisa membawa keduanya.

Jika Anda sedang memakai tampon pada saat aliran menstruasi sangat deras, gantilah tampon setiap tiga sampai empat jam sekali. Jika memakai mangkuk menstruasi, maka Anda bisa menggunakanya hingga 12 jam.

3. Kenakan pakaian renang yang berwarna lebih gelap jika Anda khawatir akan kebocoran warna gelap akan menyembunyikan noda-noda yang mengganggu. Walaupun darah menstruasi tidak mungkin bocor mengenai bagian bawah baju renang jika Anda masukkan tampon atau mangkuk menstruasi dengan benar, mengenakan baju renang berwarna gelap mungkin akan membuat Anda lebih tenang. Pilihlah warna yang bagus seperti biru tua atau ungu tua.

4. Sebelum masuk ke dalam kolam renang, pergilah ke kamar kecil. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan perdarahan di kolam.

Citra Dewi Amd.Keb - September 7, 2018
Diskusi Dari:
Disa Khaerunisa

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya benarkah ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi? jika itu salah, sebaiknya bagaimana aturan yang tepat dalam mengkonsumsi kafein pada ibu hamil. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

Dijawab Oleh : Disa Khaerunisa
Diskusi Dari:
Chika ELlo

Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

Dijawab Oleh : Chika ELlo
Diskusi Dari:
Indri Ekawaty

Bu bidan saya mau bertanya, saya sekarang sedang mengandung, usia kandungan saya baru menginjak 3 bulan, tapi kenapa akhir akhir ini saya susah tidur. Kalau saya minum obat tidur apakah tidak apa ?

Dijawab Oleh : Indri Ekawaty
Diskusi Dari:
Aryanto Id

siang dok, tante saya sedang hamil 5 bulan. tapi dia mengeluh karena akhir-akhir ini dia sering sakit sendi dan kaku malah kemarin terjadi bengkak dok, kira-kira tante saya kenapa yah? apakah itu penyakit rematik? bagaimana solusinya ?

Dijawab Oleh : Aryanto Id
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah