Buah Buahan Yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Puasa

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Buah Buahan Yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Saat PuasaBidan Online,- Memasuki bulan puasa tentunya berbagai keperluan harus di persiapkan terlebih lagi untuk ibu hamil. Ya ibu hamil yang berpuasa memang harus pintar dalam memilih makanan yang akan di konsumsi tentunya hal tersebut dilakukan tidak lain dan bukan untuk memenuhi asupan nutrisi ibu hamil. Selain sayuran segar ibu hamil juga sangat wajib untuk mengkonsumsi buah-buahan segar. Mengapa? bukan sebuah rahasia lagi jika buah-buahan segar menjadi salah satu makanan yang memberikan manfaat negitu besar bagi kesehatan ibu hamil. Lalu apa saja buah buahan yang bagus di konsumsi ibu hamil saat berpuasa? simak ulasannya berikut ini

    Tidak diragukan lagi jika buah-buahan segar mengandung berbagai macam nutrisi dan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan terutama untuk ibu hamil. Para pakar kesehatan juga sangat menyarankan ibu hamil untuk sering mengkonsumsi buah-buahan untuk menunjang tumbuh kembang janin juga kesehatan ibu hamil sendiri. Buah-buahan faktanya mengandung berbagai vitamin, serat, juga mineral yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai keluhan pada ibu hamil. Tidak hanya itu ibu hamil yang sering mengkonsumsi buh-buahan biasanya akan terhindar dari sembelit karena buah-buahan kaya akan serat.

    Lalu bagaimana pada saat ibu hamil berpuasa? mengkonsumsi buah-buahan segar nyatanya dapat mencegah dehidrasi, membuat ibu hamil lebih berenergi, mengatasi rasa mual, hingga mencegah anemia. Lalu buah apa saja yang sebaiknya di konsumsi ibu hamil yang sedang berpuasa? berikut daftar buah-buahan bernutrisi yang bagus di konsumsi ibu hamil:

    Kurma
    Buah kurma menjadi ikon buah yang tidak bisa di pisahkan dengan bulan puasa. Memiliki rasa yang manis faktanya buah kurma sangat bagus di konsumsi ibu hamil yang berpuasa. Kurma mengandung glukosa yang sangat diserap tubuh sehingga dapat menghasilkan energi bagi ibu hamil. Tidak hanya dapat membuat ibu hamil lebih berenergi nyatanya manfaat kurma bagi kesehatan banyak sekali seperti melancarkan buang air besar, mencegah anemia karena mengandung zat besi, meningkatkan fungsi organ pencernaan. Dan untuk ibu hamil yang mempunyai masalah dengan asam lambung mengkonsumsi buah kurma saat berbuka dapat membantu menetralkan asam lambung atau kebasaan lambung selama berpuasa. Selain beberapa kandungan tersebut buah kurma juga kaya akan kalisum yang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin juga mencegah osteoporosis pada ibu hamil.

    Semangka
    Buah semangka menjadi buah kedua yang wajib di konsumsi ibu hamil yang sedang berpuasa. Buah semangka kaya akan kandungan air hampir 90%. Nah kandungan air dalam buah semangka tidak hanya dapat mengusir haus pada ibu hamil yang sdang berpuasa namun juga mencegah ibu hamil mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Ibu hamil juga snangat mengetahui jika dehidrasi sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil tidak hanya itu, nyatanya buah semangka yang di konsumsi ibu hamil saat berbuka puasa dapat mengatasi rasa mual. Kandungan vitamin A dan C pada buah semangka bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun janin, meningkatkan perkembangan otak pada janin, juga mencegah pre-eklampisa pada ibu hamil.

    Jeruk
    Buah dengan kandungan vitamin C tinggi ini menjadi buah ketiga yang sangat bagus di konsumsi ibu hamil. Biasanya jeruk sangat gemar dikonsumsi ibu hamil karena sangat efektif untuk mengusir rasa mual. Tidak hanya itu kandungan vitamin C dan asam folat pada buah jeruk sangat  bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Beberapa manfaat buah jeruk bagi ibu hamil yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil juga janin, menunjang tumbuh kembang janind alam kandungan, juga bertindak sebagai antibodi alami untuk melawan berbagai penyakit seperti flu.

    Pisang
    Buah dengan kandungan kalium tinggi ini menjadi buah keempat yang wajib di konsumsi ibu hamil saat berpuasa. Selain buah kurma, pisang juga kaya akan kandungan zat besi yang bertugas untuk mencegah dan mengatasi anemia pada ibu hamil. Beberapa kandungan nutrisi pada buah pisang yaitu mengandung vitamin B6, asam folat, juga kalium. beberapa kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah kram kaki yang sering di rasakan ibu hamil, melancarkan sistem pencernaan, juga sangat baik untuk sistem saraf janin serta mencegah kecacatan pada janin. Namun ingat karena pisang mengandung kalori yang cukup tinggi maka ibu hamil tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Cukup konsumsi 1 buah pisang saat berbuka dan 1 pisang saat sahur.

    Pepaya
    Buah dengan daging buah berwarna orange ini memiliki rasa yang manis. Buah pepaya sangat identik dengan buah yang dapat melancarkan buang air besar karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya maka ibu hamil akan terhindar dari sembelit. Pakar kesehatan banyak menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah pepaya saat berpuasa karena faktanya buah pepaya mengandung mineral tinggi. Selain itu kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

    Alpukat
    Buah dengan daging berwarna hijau muda ini tidak hanya memiliki rasa yanag enak namun juga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Buah alpukat dapat membuat ibu hamil berenergi kembali tidak hanya itu buah alpukat juga sangat bagus untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Kandungan asam folat pada buah pepaya sangat bagus untuk perkembangan otak janin dan mencegah kelainan pada janin. Ditambah lagi buah alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi pada ibu hamil.

    Itulah beberapa buah-buahan yang harus di konsumsi ibu hamil saat berpuasa, tidak hanya memiliki rasa yang enak namun juga sangat baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar
    Manfaat Penyangga Perut Atau Maternity Belt Untuk Ibu Hamil
    Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
    Tips Tidur Nyenyak dan Pulas Saat Hamil Trimester Tiga

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - May 17, 2017
    Diskusi Dari:
    Mohammad ikhsan

    Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

    Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    Apa evidence base dari persiapan persalinan??

    Dijawab Oleh :
    Diskusi Dari:
    Diranan

    Selamat pagi, saat ini saya lagi hamil dan memasuki trimester kedua. Namun, kebetulan kemarin ada teman saya yang bilang, bahwa vitamin B kompleks sangat baik bagi ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Hanya saja saya takut dok, bukannya ibu hamil dilarang minum obat berbahan kimia yah dok? Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : Diranan
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    Dijawab Oleh : uye (wanita)
    Diskusi Dari:
    Hani fahrunnisa

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    Dijawab Oleh : Hani fahrunnisa