Buah Nanas Diduga Mampu Menyebabkan Keguguran

Buah Nanas Diduga Mampu Menyebabkan Keguguran

Selama ini buah nanas muda dianggap dapat mencegah kehamilan sehingga sering digunakan untuk mengatasi haid yang terlambat dan berpotensi sebagai abortivum (menghentkan kehamilan). Hal ini karena ekstrak buah nanas muda banyak mengandung enzim bromelin. Kandungan enzim ini umumnya akan semakin menurun seiring matangnya buah. Enzim bromelain yang tinggi bisa menjadi penyebab pada kerusakan janin. Enzim ini bereaksi terhadap peningkatan suhu air ketuban dan rahim sehingga menyebabkan pertumbuhan janin terhambat dan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan janin berhenti tumbuh hingga akhirnya mati dan terjadi abortus.

Kadar dan aktivitas enzim bromelain dipengaruhi oleh beberapa hal di antaranya adalah tingkat kematangan buah, bagian buah, dan waktu. Kandungan enzim bromelain pada nanas muda dan nanas tua memiliki perbedaan. Aktivitas dan kadar enzim bromelain pada nanas muda lebih tinggi daripada nanas tua. Berdasarkan fenomena tersebut, diduga bahwa konsumsi buah nanas, terutama nanas muda oleh wanita selama masa kehamilan memengaruhi kontraksi uterus/rahim.

Kandungan Bromelain pada Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang bekerja memecah protein dalam tubuh. Karena janin yang baru dikandung terdiri dari sel protein sederhana, asupan bromelain diduga dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran. Selain itu, bromelain juga diduga merangsang leher rahim untuk melunak dan melonggar sehingga dapat memicu persalinan dini.

Tablet atau kapsul suplemen yang mengandung bromelain juga, memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu selama hamil. Benar bahwa bromelain memecah protein dalam tubuh yang dapat memicu kontraksi dini dan/atau perdarahan abnormal, dan oleh karena itu akan meningkatkan risiko keguguran.

Tidak Selamanya Mengkonsumsi Buah Nanas Akan Menyebabkan Keguguran

Mengkonsumsi nanas saat hamil tidak selamanya menyebabkan ibu hamil keguguran, jika dosis bromelain dalam satu buah nanas segar tidak cukup tinggi dan dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Selain iut jumlah bromelain yang ditemukan pada nanas segar kecil untuk memiliki efek perubahan nyata pada rahim dan sitem reproduksi.

Buah Nanas Boleh Dikonsumsi Wanita Hamil

Wanita hamil akan mengalami keguguran jika memakan 7-10 buah nanas segar utuh sekaligus karena kandungan bromelain yang cukup tinggi. Oleh sebab itu ibu hamil boleh mengkonsumsi nanas dalam porsi secukupnya (tak lebih dari 3 potong per hari). Jika tidak dikonsumsi berlebihan maka tidak akan membawa dampak buruk apapun pada keselamatan kehamilan Anda.

Buah Nanas Memberikan Manfaat Pada Kehamilan

Mengkonsumsi buah nanas saat hamil bisa memberikan dorongan nutrisi bagi janin dalam kandungan untuk bisa bertumbuh kembang dengan optimal. Satu porsi nanas potong segar menunjang kurang lebih 79 mg vitamin C, nutrisi yang diperlukan untuk menyuplai produksi kolagen yang membantu pertumbuhan kulit, tulang, tulang rawan, tendon bayi dan menunjang kekebalan tubuh Anda selama kehamilan. Nanas merupakan sumber serat tinggi, yang secara efektif meringankan sembelit. Sembelit adalah keluhan umum yang ditemukan pada tahap awal kehamilan. Nanas juga menyediakan banyak nutrisi lainnya, termasuk vitamin A dan B6, folat, niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat, besi, magnesium, kalium dan mangan.

Tidak Semua Wanita Boleh Konsumsi Nanas Saat Hamil

Berhati-hatilah jika Anda memiliki organ pencernaan yang sensitif. Asam dalam nanas dapat menyebabkan perut mulas atau refluks asam lambung. Jika Anda mengonsumsi jus nanas yang belum cukup matang, bromelain yang terkandung mungkin dapat mendatangkan efek pencahar parah, yang menyebabkan diare.

Selain itu wanita hamil yang memiliki diabetes gestasional (atau berada pada risiko tinggi) mungkin perlu berhati-hati tentang konsumsi nanas, terutama dalam bentuk jus. Jus buah adalah sumber gula alami terkonsentrasi tinggi dari buah-buahan utuh, sehingga bisa menyebabkan gula darah meningkat tajam jika dikonsumsi dalam jumlah besar dalam satu waktu.

Citra Dewi Amd.Keb - July 19, 2018
Diskusi Dari:
Anonymous

usg belum terlihat kantung janin

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya ingin bertanya apakah setiap kehamilan BO slalu disertai perdarahan?kl tidak alasannya apa.tks

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Hafis Alfarozi STm

Maaf dok, saya mau tanya.
Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

Dijawab Oleh : Hafis Alfarozi STm
Diskusi Dari:
Reny Anggra

Sore bu bidan.
Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
teenasuttor096

Selamat malam bu bidan saya mau tanya apakah onani atau masturbasi bisa mempengarhi kesuburan? Mohon jawabannya

Dijawab Oleh : teenasuttor096