Bunda, Kenali Ciri Lapar Palsu Pada Bayi

Bunda, Kenali Ciri Lapar Palsu Pada Bayi -, Bidan Online -, Pada usia bayi yang sudah 6 bulan maka pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) sangat disarankan karena di samping pencernaan bayi yang sudah sempurna juga mengajarkan bayi secara bertahap untuk mengenal tekstur dan rasa yang berbeda dari variasi makanan. Makanan pendamping ini bisa Bunda buat sendiri di rumah dengan menu makanan berbeda pada bayi. Sangat disarankan untuk mengolah makanan tanpa menggunakan bahan kimia agar menjaga makanan pilihan makanan menu makanan bayi.

Pemberian MPASI tidak selamanya akan berjalan lancar karena seringkali makanan yang sudah Anda olah jutru malah ditolak oleh sang bayi. Namun jika sang bayi sering menolak makanan pendamping asi kemungkinan bayi Anda mengalami lapar palsu.

Taukah Anda terkadang bayi sering memberikan ciri lapar palsu atau haus palsu dan hal ini akan mengira ibu bawa bayi membutuhkan ASI bahkan di malam hari saat bayi terlihat lapar membuat ibu menyusui meluangkan waktunya untuk memenuhi kebutuhan bayi. Padahal kemungkinan bayi Anda sedang mengalami lapar palsu.

Lapar palsu yang sering terjadi pada bayi juga kerap membuat banyak ibu khawati jika ASI tidak bisa mencukupi kebutuhan bayi dan seringkali ibu memberikan susu formula karena ibu hamil akan menyebabkan bayi kurang mendapatkan makanan karena seringkali bayi terlihat seperti lapar.

Berikut di bawah ini beberapa ciri lapar palsu pada bayi yang harus Anda perhatikan :

  • Terburu – buru minum susu sehingga anak Anda tidak sabar saat mendapatkan ASI yang sebenarnya bahwa bayi Anda tidak sedang mengalami lapar atau haus sehingga tidak perlu mengkhawatirkan bahwa ASI Anda tidak akan mencukupi kebutuhan bayi.
  • Sering menete kurang lebih 1,5 jam dan membuat Anda terjaga serta mengira bahwa bayi Anda sedang mengalami lapar atau haus. Anda juga berulang kali menawarkan untuk mendapatkan ASI padahal rentan waktu yang tidak berselang lama dari proses menyusui akhir ke menyusui selanjutnya.
  • Terkadang bayi sering melakukan kebiasaan ngepeng ke payudara dan padahal bayi tidak mengisap ASI tapi sulit untuk melepaskan ASI padahal bayi Anda tidak menyusui. Hal seperti ini menjadi salah satu ciri bahwa bayi Anda sedang mengalami lapar atau haus palsu.
  • Dan yang terakhir ciri bayi yang mengalami lapar palsu yaitu menunjukan gerakan tubuh yang tidak berhubungan langsung dengan rasa lapar dan beberapa tanda yang bukan menjadi ciri bayi lapar atau haus diantaranya sering menjulurkan lidah, refleks mengisap, bayi memasukan jari ke mulutnya dan terakadang Anda mengecap mulu bayi. Kondisi ini menjadi gejala bahwa bayi Anda tidak sedang kelaparan.

Demikian pembahasan mengenai kenali lapar palsu pada bayi yang harus Anda ketahui untuk mengurangi rasa khawatir bahwa ASI yang Anda berikan pada bayi Anda tidak akan cukup.

Artikel Lainnya :

Citra Dewi Amd.Keb - June 20, 2017
Diskusi Dari:
Fauzi

Halo Bu Bidan, saya mau bertanya, bolehkah bayi mandi dengan air dingin ? Sejak umur berapa bayi boleh dimandikan dengan air dingin ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Sahputri Ramadhani

Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Dinda vika

Dok saya mau bertanya, terakhir istri saya kan haid pada tanggal 8 februari hingga tanggal 14 februari. Namun setelah 1 minggu bersih dari haid, kemudian pada tanggal 20, 21, 22 istri saya mengeluarkan darah yang memang terbilang kecil hanya sebesar cendol tapi bergumpal. Namun, setiap hari hanya ada 1 gumpalan saja yang keluar ini. Yang saya mau tanyakan, ini kira kira kenapa ya dok dengan kondisi istri saya? berbahaya tidak dok, mohon penjelasannya, terimakasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

usg belum terlihat kantung janin

Dijawab Oleh :