Bunda, Kenali Penyebab Bayi Terlambat Berjalan

Halo, selamat berkunjung di Bidan Online. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi penting mengenai tumbuh kembang si kecil. Lebih lengkapnya silahkan simak di Bunda, Kenali Penyebab Bayi Terlambat Berjalan.

Pada umumnya dalam kondisi normal, bayi usia 12 bulan sudah bisa berjalan. Meskipun kemampuan berjalan dalam setiap anak berbeda – beda. Ada anak memiliki kemampuannya di awal yaitu pada usia 8 bulan atau ada pula yang lebih dari 12 bulan. Selama dalam rentang usia yang masih bisa dikatakan wajar, maka anak Anda tidak dikategorikan dalam sulit berjalan. Tapi, jika si kecil sudah mencapai usia 18 bulan dan masih belum bisa berjalan maka Anda patut waspada.

Pada rentang usia 15-18 bulan masih dalam rentan waktu yang normal jika si kecil kesulitan dalam berjalan, namun jika sudah melebihi usia 18 bulan sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan untuk mengetahui gangguan yang sedang menyerang si kecil sehingga menyebabkannya sulit berjalan. Umumnya anak sulit berjalan sering dikaitkan dengan gangguan motorik kasar yang mengganggu keseimbangan sehingga lebih baik melakukan stimulas semenjak dini.

Dalam tahap perkembangan motorik pada setiap anak berbeda – beda, meskipun seperti itu Anda selaku orang tua harus melakukan stimulasi yang bisa membantu memberikan ransangan dasar dalam perkembangan motorik anak.

Kemampuan berjalan anak dimulai dengan beberapa tahapan mulai dari 12-18 bulan yang berjalan dengan menggunakan bantuan atau kemampuan anak berjalan 5-15 menit tanpa bantuan. Sedangkan usia 18 sampai 24 bulan anak Anda sudah bisa berjalan dan tidak mengalami kesulitan dalam berjalan.

Lalu sebenarnya apa saja yang bisa menyebabkan bayi terlambat berjalan ? Ada banyak sekali penyebabnya. Berikut informasi lebih lengkapnya.
  • Tingkat Kematangan Saraf

Gerakan motorik pada anak sangat dipengaruhi oleh saraf yang sudah matang untuk mengatur setiap gerakan. Saata nak Anda dilahirkan memang dengan saraf yang masih belum berkembang sesuai dengan fungsinya tapi dengan pertumbuhan yang optimal dan stimulasi yang benar maka membantu mempersiapkan tingkat kematangan saraf.

  • Terganggunya Keseimbangan

Keseimbangan yang terganggua bisa diakibatkan karena anak mengalami dysfunction of sensory integration (DSI) dan gangguan ini biasanya ditandai dengan ketakukan si kecil saat melakukan aktifitas seperti berenang, menaiki mainan yang bergoyang atau kegiatan lainnya. Anak yang bisa mengalami kesulitan saat memegang kepalanya ketika sedang duduk dan gerakan yang canggung sera dengan terlambatnya beraktifitas.

  • Gangguan Sensoris

Penyebab bayi terlambat bejalan juga bisa diakibatkan adanya gangguan sensoris atau menalami sensitif pada kaki dan tangan. Anak yang mengalami gangguan ini biasanya akan berjinjit atau sering terjatuh pada saat berdiri yang pada umumnya diusianya anak – anak sudah bisa berjalan dan berlari.

  • Masalah Psikologis

Sedangkan yang terakhir penyebab bayi terlambat berjalan setelah usia 18 bulan karena mengalami masalah psikologis yang berkaitan dengan pola asuh, trauma dan kebiasaan yang tidak diberikan stimulasi. Dengan kondisi seperti ini sangat penting bagi para orangtua untuk memantau anak – anaknya.

Sehingga Anda selaku orang tua, harus mengamati si kecil dengan seksama apabila mengalami ciri – ciri yang sama dan segeralah berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga : Bahaya Tidur Menggunakan Bantal pada Bayi Baru Lahir

Citra Dewi Amd.Keb - January 16, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang,
Saya Nandini dan saat ini saya tengah hamil memasuki minggu ke 6. Bagi seorang ibu yang menginginkan kehamilannya tetap sehat, terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada janin. Apa yang seharusnya saya konsumsi. Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Jenni

Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Sahputri Ramadhani

Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
mohon penjelassannnya

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :