Bunda, Pentingnya Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak-anak

Di Indonesia sebagian besar masyarakat sudah sadar akan pentingnya kesehatan anak. Namun tahukah bunda, hanya 20% ibu di Indonesia yang sadar akan pentingnya kesehatan pencernaan pada anak?

Sistem pencernaan merupakan bagian vital yang sangat wajib untuk dijaga agar berfungsi maksimal karena tubuh kita mendapatkan nutrisi melalui sistem pencernaan. Apabila sistem pencernaan baik, maka penyerapan nutrisi akan maksimal sehingga tubuh menjadi sehat dan kuat.

Sistem pencernaan pada manusia terbagi pada dua kelompok utama yaitu saluran pencernaan dan organ pencernaan tambahan. Saluran pencernaan terdiri dari mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar serta anus. Sedangkan organ pencernaan terdiri dari gigi, lidah, kantung empedu dan kelenjar pencernaan (kelenjar hati, lidah dan kelenjar pankreas).

Bila Pencernaan anak-anak tidak dijaga dengan baik, kemungkinan terserang penyakit pencernaanpun semakin beresiko. Beberapa penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan anak antara lain:

  • Sakit Gigi.
  • Gastritis Merupakan suatu peradangan akut atau kronis pada lapisan mukosa (lender) dinding lambung.
  • Sariawan. Alat pencernaan yang terganggu atau terserang oleh sariawan adalah mulut (bibir dan gusi) dan lidah.
  • Diare.
  • Konstipasi atau yang sering kita sebut dengan sebutan “sembelit” adalah keadaan yang dialami seseoang dengan gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan. Sembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan.
  • Maag. Penyakit ini juga disebut tukak lambung atau luka pada lambung. 
  • Xestomia: Produksi air liur sangat sedikit.

Itu adalah beberapa penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan, gangguan tersebut pada umumnya disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

  • Makan tidak teratur .
  • Makan sambil minum air secara terus menerus.
  • Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.
  • Kebiasaan makan yang cepat sehingga makanan tidak dikunyah dengan baik.
  • Organ yang sudah tidak berfungsi dengan semestinya, seperti gigi yang tidak lengkap dan lain sebagainya.

Bunda, mulailah dari sekarang untuk lebih memperhatikan kesehatan sistem pencernaan anak-anak, agar anak-anak terhindar dari beberapa penyakit sistem pencernaan seperti yang telah disebutkan diatas. 

Citra Dewi Amd.Keb - February 13, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan, bagaimana cara menjaga kehamilan supaya baik dan tetap sehat hingga tiba waktu kelahiran?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Santana jaya

Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Rennym

Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

Dijawab Oleh : Rennym
Diskusi Dari:
Theresia Tina

Selamat siang bu bidan, maaf mau bertanya mengenai susah makan yang saya alami saat ini. Kenapa ya bawaan mau makan itu susah, rasanya mual dan mau muntah. Hal itu tidak terjadi hanya satu kali, melainkan sering. Saat ini usia kandungan saat menginjak 3 bulan.

Bagaimana langkah yang sebaiknya saya lakukan bu bidan ?? saya takut bayi dalam kandungan saya tidak mendapatkan nutrisi yang baik. Mohon saran dan jawabannya bu

Dijawab Oleh : Theresia Tina
Diskusi Dari:
ade

Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

Dijawab Oleh : ade