Cara Agar Ibu Hamil Nyaman Saat Sedang Puasa

Bidan Online -, Bantyak orang yang beranggapan bahwa ibu hamil ini di larang untuk berpuasa, padahal banyak juga di antara mereka yang memiliki untuk terus berpuasa meski dalam keadaan mengandung. Hal ini memang diperbolehkan secara medis dan agama, asalkan ibu hamil ini memperhatikan asupan makanan yang dia konsumsi untuk kesehatan janin yang ada di dalam janinnya ini.

Berikut ini beberapa cara agar ibu hamil nyaman saat sedang puasa, diantaranya adalah :


  • Mengkonsumsi Kurma Selama PuasaUntuk mengobtrol gerak rahim saat sedang mengandung, sebaiknya anda mengkonsumsi kurma ini karena kurma ini mengandung kandungan vitamin B1 bagi kesehatan tubuh anda dan janin yang ada dalam perut anda ini. Kurma ini menjadi salah satu jenis menu wajib bagi para ibu hamil saat berbuka dan sahur.
  • Memperhatikan Menu Puasa
    Bagi para ibu hamil yang ingin berbuka puasa, disarankan untuk mengkonsumsi air atau buah buahan terlebih dahulu dan tidak langsung mengkonsumsi nasi, karena biasanya perut akan menjadi kaget. Ini salah satu cara agar ibu hamil nyaman saat sedang puasa.
  • Jangan Berbuka Dengan Minuman Dingin
    Akibat perut kosong seharian, anda tidak di perbolehkan langsung mengkonsumsi minuman yang dingin karena hal ini bisa memicu adanya masalah asam lambung yang meningkat.
  • Memperhatikan Waktu Istirahat
    Jika anda memang ingin berpuasa, sebaiknya anda memperhatikan hal ini, anda perlu beristirahat dengan cukup selama bulan ramadhan ini, agar kesehatan anda terjaga dan janin dalam perut anda pun terhindar dari berbagai jenis masalah yang berbahaya bagi kesehatan.
  • Mengkonsumsi Susi
    Untuk menghindaro cepat lemas dan menambah energi, sebaiknya anda mengkonsumsi susu saat sedang sahur. Kondisi ini sangat baik di lakukan.
  • Mengkonsumsi Madu
    Untuk menjaga metabolisme tubuh, menghindari dehidrasi dan juga melancarkan BAB, sebaiknya anda mengkonsumsi madu saat berbuka dan sahur.
  • Mengkonsumsi Air Putih Yang Cukup
    Ada banyak dampak dehidrasi yang bisa anda rasakan saat berpuasa ini. Untuk menghindarinya, anda sebaiknya mengkonsumsi banyak air saat sedang sahur. Ini menjadi salah satu hal yang memang perlu diperhatikan bagi anda yang ingin terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini pada bagian tubuh anda ini.

                      Baca Juga : Cara Aman Menghilangkan Bengkak Kaki Pada Ibu Hamil

Citra Dewi Amd.Keb - May 24, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang Bu Bidan,
Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

Dijawab Oleh :