Cara Ibu Hamil Mengatasi Susah Tidur Di Trisemester Tiga

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Tanya Bidan – Susah tidur memanglah sebuah keluhan yang hampir setiap ibu hamil mengalaminya. Dan sebuah studi dari Yale University menemukan yang mana hampir sebanyak 60% wanita hamil akan mengalami nyeri punggung dibagian bawah yang pada akhirnya bisa menyebabkan gangguan tidur. Kondisi seperti ini sangat mungkin terjadi pada trisemester ketiga. Lantas apa yang perlu mama lakukan untuk mengatasi susah tidur khususnya pada trisemester tiga.

    Tidak hanya masalah yang terjadi pada punggung saja, di trisemester ketiga juga ibu hamil cenderung sering mengalmi pipis atau sering pergi ke toilet terutama dimalam hari. Hal ini menyebabkan bunda mengalami susah tidur. Rahim ibu hamil yang kian tumbuh besar akan menekan panggul. Dan masalah pernapasan juga menyebabkan mama mengalami susah tidur dimalam hari. Karena saat hamil terjadi masalah dibagian hidung dan besarnya janin dalam kandungan juga menutup saluran udara. Kondisi seperti ini akan menyebabkan penyumbatan hidung dan masalah pernapasan lainnya.

    Susah tidur yang dialami oleh ibu hamil juga bisa saja terjadi akibat masalah pada kaki. Hal ini dikarenakan hampir 20% wanita hamil akan mengalami kram pada kaki. Kondisi yang mana akan menyebabkan kesemutan yang terjadi secara terus menerus khususnya dimalam hari. Biasanya kondisi ini diakibatkan oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi serta makanan yang mengandung asam folat. Dari berbagai macam keluhan diatas, ada beberapa diantaranya langkah yang perlu mama lakukan guna mengatasinya.

    Cara Mengatasi Susah Tidur Di Trisemester Tiga


    Sebagai solusi yang paling bisa ibu hamil ambil adalah dengan mengubah posisi tidur. Posisi tidur yang miring ke kiri akan meringankan nyeri pada punggung bagian bawah. Dan posisi ini juga akan mencegah mama untuk mengalami masalahan pada bagian pernapasan dan tetap menjaga sirkulasi darah dan oksigen untuk janin dalam rahim. Berikan bantal pada bagian lutut anda, pada belakang punggung dibawah perut. Dan tidak sampai disitu saja, anda dianjurkan untuk meregangkan perut, sebagai langkah untuk mengatasi hal tersbeut.

    Dan ada baiknya bagi ibu hamil yang akan tidur untuk tidak minum terlebih dahulu sebelumnya, paling tidak anda minum 2 jam sebelumnya. Setalah itu maka kurangilah pasokan air supaya tidak terbangun saat tidur karena ingin buang air kecil. Dan jika terpaksa pergi ke toilet saat anda tidur, pastikan kalau kandung kemih anda kosong, supaya tidak bolak balik terbangun karena pipis.

    Baca Juga : Alasan Perlu Mengkonsumsi Nanas Sebelum Melahirkan
    Ditambah sirkulasi udara pada kamar anda tentunya sangat penting guna mengatasi ibu hamil yang susah tidur. Pastikan udara baik supaya bunda dan jainin tetap mendapatkan cukup oksigen. Dan jika mendengkur maka gangguan saluran pernapasan akan semakin mengganggu. Ada baiknya apabila mama segera untuk memeriksakan diri dokter atau ke bidan kandungan.

    Tetap melakukan aktifitas juga baik untuk mengurangi kram dimalam hari. Ibu hamil yang mengalami susah tidur juga perlu untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau guna mendapatkan asupan zat besi dan juga asam folat yang sangat dibutuhkan tubuh ketika menjalani kehamilan.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - October 10, 2016
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    ALif AL Maun Yoyox

    Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    richamayati

    Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

    Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : richamayati
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline
    Diskusi Dari:
    Lutfi Maharani

    Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

    Dijawab Oleh : Lutfi Maharani