Cara Jitu Mengatasi Rasa Cemburu Kakak pada Adik

Curhat Bidan | Menjadi anak pertama dan pastinya sering dimanja membuat si kakak sering cemburu pada adiknya ? Mengapa demikian ? Rasa cemburu bisa saja dialami oleh siapa saja termasuk kakak adik, rasa cemburu akan muncul ketika anak sudah beranjak pada usia 2-3 tahun. Biasanya rasa “cemburu” yang dialami oleh sang kak terjadi karena takut tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya karena pusat perhatian orang tua lebih mengacu pada adik bayi bukan dia. Oleh karena itu kakak biasanya merasa benci dan terancam karena adanya perubahan tersebut.

Si kecil pun mulai muncul kecemburuan, seperti :

  • Mudah cengeng, gampang emosi, bahkan bisa memukul teman, ayah bunda bahkan adik bayi.
  • Perubahan selanjutnya yaitu misalnya si kecil sudah jarang ngompol saat tidur, saat cemburu datang si kecil akan mulai ngompol bahkan buang air besar di celana lagi
  • Bahkan si kecil menjadi suka melawan.
  • Pada sebagian anak ketika rasa cemburu dia sering menggigit jari atau menghisap jempolnya
  • Rasa cemburu juga sering di ekspresikan dengan sering membuat ulah, bertingkah tidak seperti biasanya dan menjadi lebih keras.

Namun hal itu harus segera diatasi karena rasa cemburu muncul akibat takut kasih sayang bunda teralihkan semuanya, bila dibiarkan maka akan segala permintaan dan tuntutaanya harus di turuti, dikhawatirkan hal ini akan berkembang dan menjadi lebih parah lagi.

Cara Mengatasi Rasa Cemburu Kakak pada Adik

Hal yang paling utama harus dilakukan ketika bunda sedang hamil dedek bayi yaitu kenalkan sang kakak pada calon adik yang masih berada di dalam kandungan bisa dengan cara mengelur perut ibu, memperkenalkan kakak dengan calon aduk atau hanya dengan merasakan tendangan kaki sang adik. Ceritakan pula kalau dia akan memiliki adik yang lucu, bunda juga bisa sedikit demi sedikit mengajarkan kakak untuk memperlakukan bayi dengan benar misalnya memberi mainan berbentuk boneka dan menggunakan alat tersebut untuk menirukan cara menyayangi bayi.

Tak hanya itu ketika sang adik sudah lahir bunda harus melibatkan kakak untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk adinya misalnya saja dengan meminta kakak untuk mengambilkan peralatan mandi seperti bedak, handuk, popok sehingga sang kakak lebih bisa menyayangi adiknya. Ataupun kakak juga bisa membantu memilih barang-barang yang dipakai untuk sang adik. Jangan lupa puji dia dan tunjukan rasa bangga sudah memiliki anak yang sudah besar dan baik.

Apabila sudah terlanjur si kecil cemburu, lakukan juga beberapa langkah mengatasi rasa cemburu kakak pada adik di bawah ini :

  1. Tidak boleh menghapus kebutuhannya
    Salah satu yang membuat kakak cemburu yaitu biasanya bunda menghapus kebutuhannya, misalnya menyiapkan sarapan untuk dia, membacakan dongeng sebelum tidur, mengajak berjalan-jalan di pagi hari, dll karena tidak sempat lagi. Hal ini dapat menyebabkan kakak merasa kehilangan.
  2. Jangan melarang bermain
    Walaupun kakak sudah besar namun tetap biarkan kakak untuk bermain jangan melarangnya untuk bermain karena telah memiliki adik. Biarkan dia bermain sepuasnya dan ajari untuk berbagi dengan adiknya. Hal ini dapat menghapus rasa cemburu yang terkadang melukai perasaan nya.
  3. Jangan mudah memarahi anak
    Walaupun ketika sedang cemburu kakak sering bikin emosi, ternyata kakak sedang menarik perhatian bunda loh. Oleh karena itu jangan berteriak atau memarahinya karena hal tersebut dapat memperburuk keadaan dan malah tambah rewel.
  4. Jangan mengharapkan kakak menjadi “dewasa”
    Walau sudah punya adik, bukan berarti dia sudah mengerti dan tumbuh cepat dewasa. Dia masih tetap anak kecil yang perlu di bimbing dan diarahkan dari orang tua. Oleh karena itu ajari kakak untuk menyayangi adiknya.

Dengan tips diatas dijamin kakak tidak mempermasalahkan lagi dengan kehadiran sang adik. Semoga artikel diatas dapat menambah inspirasi anda. SEMOGA BERMANFAAT

Citra Dewi Amd.Keb - June 7, 2016
Diskusi Dari:
Intan Royana

Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Tika

Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

pertanyaan nya:
kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

Terima Kasih.

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
They Xantana Noeza

Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

Perlu Jawaban