Cara Membersihkan Kerak Pada Kulit Kepala Bayi

www.curhatbidan.com – Mungkin pada sebagian orang akan merasa kaget saat melihat kulit kepala bayi terlihat seperti ada ketombe. Tetapi hal ini tidak perlu khawatir karena kerak kepala pada bayi baru lahir memang sangat umum terjadi. Meskipun tidak berbahaya, tetapi kondisi tersebut sangat perlu ditangani dengan tepat.

Kerak kepala atau yang disebut dengan Crandle Cap adalah istilah umum dari dermatitis seboroik menurut istilah kedokteran. Menurut orang awam hal tersebut dikenalnya dengan istilah ketombe yang biasa terjadi pada anak-anak atau dewasa. Kerak ini biasanya akan terkelupas dengan sendirinya seperti serpihan ketombe. Kerak tersebut muncul karena dipengaruhi hormon sang ibu, sehingga mengakibatkan produksi minyak yang berlebih pada jaringan kulit bayi. Tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut bersifat sementara hingga usia bayi 8-12 bulan. Adanya kerak pada kulit kepala bayi tersebut cukup membuat gatal, dan mengganggu pada pertumbuhan rambut bayi. Oleh karena itu Bunda harus rutin merawat rambut serta kulit kepala bayi dengan tepat dan baik.

Cara Membersihkan Kerak Kepala Bayi

Untuk membantu dalam mengurangi penumpukan kerak pada kulit kepala bayi, berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengatasi kondisi tersebut, antara lain :

1. Gosok secara perlahan pada kulit kepala dengan menggunakan jari atau kain untuk meluruhkan serpihan kerak. Tetapi jangan sampai menggaruk kulit kepalanya. Setelah itu gunakan shampo bayi dengan formulasi yang ringan. Perlu diketahui, sebelum menggunakan shampo tersebut baca terlebih dahulu pada cara pemakaiannya sebelum menggunakannya.

2. Saat menggunakan shampo, bersihkan serpihan kerak tersebut menggunakan sisir kecil dengan sikat yang lembut, kemudian bilas dengan air.

3. Untuk menghilangkan kerak yang keras, Bunda bisa gunakan minyak zaitun, baby oil, atau minyak almond guna untuk membantu melepaskan kerak yang menempel. Setelah melakukan pemijatan dengan minyak, biarkan selama 15 menit, lalu sisir dengan lembut untuk mengeluarkan kerak-keraknya.

4. Pastikan untuk tidak meninggalkan minyak dengan terlalu lama pada kepala karena dapat menyumbat pori-pori serta akan membuat kerak menjadi sulit untuk dihilangkan.

5. Tidak dianjurkn untuk menghilangkan kerak dengan mengelupasnya menggunakan kuku karena dapat menyebabkan luka di kulit bahkan bisa terinfeksi.

Jika kerak pada kulit kepala bayi tidak kunjung membaik setelah melakukan perawatan selama beberapa minggu, dan keraknya menyebar pada area lain atau berubah menjadi warna merah, sebaiknya untuk segera konsultasikan pada dokter guna untuk mencegah penyebaran. Pastikan untuk selalu mencegahnya datang kembali. Perlu diketahui, jangan terlalu banyak memberikan shampo pada bayi, karena hal tersebut dapat merangsang kelenjar minyak. Saat memandikan bayi, bilas shampo hingga bersih sehingga pori-pori kepala tidak tertutup.

Citra Dewi Amd.Keb - November 15, 2017
Diskusi Dari:
Nenden Mustika

Ibu saya ingin bertanya,,saya ingin sekali mempunyai momongan,apakah menstruasi saya di katakan normal kalau bulan
januari menst tgl 10
Febuari menst tgl 10
Maret menst tgl 11 karena selama sebelum menikah dan sudah menikah jadwal menst saya tanggal tdk pernah berubah ubah,,terimakasih banyak atas jawabannya..

Dijawab Oleh : Nenden Mustika
Diskusi Dari:
Sri Maryati

Selamat pagi dok, saya mau bertanya tentang usia kehamilan yang sebarnya. Sebenarnya bagian mana cara menghitung kehamilan ini? Kemarin saya periksa ke dokter kandungan, katanya kandungan saya sudah 29W lebih, padahal terakhir saya hed tanggal 18-04-2016. Mohon infonya ya dok.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Hasya

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Sekarang ini lagi heboh penyebaran virus zika yang tengah masuk ke Singapura dan ditakutkan juga bisa masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, terutama ibu hamil bisa terhindar dari virus zika tersebut ? Katanya yang dengar, virus zika bisa mengganggu perkembangan otak bayi dan membuatnya cacat otak. Mohon penjelasannya bu, terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Putri Kintamani

Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
Trims yaa

Dijawab Oleh :