Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dengan Mudah dan Aman

Momen kehadiran sang buah hati sangatlah dinantikan oleh para ayah dan juga bunda, apalagi bagi pasangan muda yang baru menikah. Dengan kehadiran sang buah hati akan membuat suasana rumah menjadi semakin hidup dan menambah semarak dalam rumah tangga, serta kebahagiaan keluarga terasa lebih komplit.

Namun untuk Anda yang sudah menjadi ayah dan bunda pasti akan khawatir jika sang buah hati tiba-tiba mengalami sakit, salah satunya jika sang anak sedang mengalami hidung tersumbat.

Mengatasi hidung tersumbat pada sang anak apalagi masih bayi memang akan membuat kita panik. Pada pasalnya, bayi akan bisa rewel karena ketidaknyamanan yang ia rasakan sendiri. Namun pada saat itulah Anda harus tetap tenang dan dapat Anda lakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Pada saat hidung tersumbat tidak hanya penumpukkan cairan hidung atau ingus yang ada dalam hidung bayi, tetapi hal ini terjadi karena saat pilek, bagian hidung, pembuluh darah, dan juga jaringan hidung yang posisinya berdekatan mengalami pembengkakan. Nah..kondisi inilah yang membuat bayi sulit untuk bernafas sehingga menjadi rewel karena ketidaknyamanan itu.

Berikut teknik atau cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, diantaranya:

– Hangatkan tubuh bayi
Dengan memberikan kehangatan pada sang bayi seperti diberi selimut, didekap dengan kasih sayang, menggendongnya disekitar rumah agar terkena sinar matahari atau bisa dengan memandikannya dengan air hangat. Oleskan berupa minyak telon yang disertai dengan pijitan lembut pada perut bayi, punggung, dan dada.

– Pijat lembut hidung bayi
Memijat hidung bayi bagian atas dengan lembut sambil dioles minyak telon, akan membantu mengeluarkan lender dalam hidung yang telah menghalangi pernafasan. Tetapi pijatan tersebut harus diusahakan dengan dilengkapi sapu tangan dan juga cotton bud yang lembab. Ingat, harus dengan benar-benar dan dengan lembut.

– Mengatur posisi tidur bayi
Teknik ini dapat membantu melegakan pada sistem pernafasan bayi yang tersumbat. Memiringkan posisi badan sang bayi dengan secara bergantian akan sangat membantu.

– Penguapan secara alami
Cara ini dikenal dengan Inhalasi atau juga dikenal dengan terapi uap. Dengan memberikan uap dari air panas yang sebelumnya sudah ditetesi minyak telon. Teknik tersebut akan membantu melegakan hidung yang tersumbat, karena bayi akan menghirup uap dari air hangat tersebut. Tetapi teknik ini harus dengan ekstra hati-hati.

Teknik lain untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, yaitu:

– Menyedot cairan lendir (ingus)
Teknik ini dapat dilakukan dengan mengguanakan alat khusus penyedot ingus bayi, dan alat ini juga tersedia di apotik. Namun dalam penggunaan alat ini harus dengan hati-hati karena kulit bayi yang masih sensitif serta rentan iritasi.

– Jauhkan obat antibiotik
Pada bayi yang berusia 1-4 tahun, sering sakit batuk, pilek, radang, dan yang lainnya sebenarnya dalam proses membangun sistem antibody. Untuk itu bagi ayah dan bunda jangan panik. Memang hasil dari pengobatan antibiotik prosesnya lebih cepat, tapi kasihan pada bayi harus memproses obat, jadi lebih baik lakukan dengan cara yang alami.

– Manfaatkan bahan alami
Dengan memanfaatkan bahan alami seperti kencur yang diparut kemudian diambil sarinya sangat berguna. Meminumkan dengan dosis 1 sendok teh. Atau apabila untuk pilek lakukan dengan kunyit.

Itulah beberapa teknik atau cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan aman dan mudah. Namun perlu Anda ingat, jangan asal memberikan obat pilek pada sang buah hati. Semoga bermanfaat 😉

Citra Dewi Amd.Keb - January 5, 2017
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat Pagi dok,

istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

mohon jawabannya Dok,

salam,

Dijawab Oleh : Pipit Winartii
Diskusi Dari:
Anonymous

saya melakukan onani, kemudian saya mandi, ganti baju memakai sepatu lalu berkendara 15 menit kemudian tangan kanan saya jari telunjuk dan tengah menyentuh bagian atas vagina istri saya dan istri saya baru haid dapat 3 hari apakah bisa hamil ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Fitriyan Tng

Sore bu bidan, alhamdulillah bulan ini menginjak usia kehamilan 9 bulan. Dan ini adalah kehamilan kedua saya. Biasanya saat menuju proses lahiran ada beberapa rasa sakit, apakah ada beberapa tips untuk meringankannya? Saya khawatir, karena kelahiran anak saya yang pertama itu rasa sakitnya parah sekali bu bidan.
Saya tunggu jawabannya ya, terimakasih 🙂

Dijawab Oleh : Fitriyan Tng
Diskusi Dari:
Nenk Marsya

Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Fitriyan Tng

Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

Perlu Jawaban