Cara Mengatasi Mual Saat Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Dalam masa kehamilan, ibu adalah satu-satunya sumber nutrisi yang dibutuhkan bagi si kecil dalam kandungan. Oleh karenanya, penting utnuk ibu mendapatkan asupan kandungan nutrisi terbaik di masa kehamilannya. Kecukupan akan kandungan nutrisi dan gizi ibu hamil harus terus terjaga hingga sampai masa persalinan dan menyusui. Hal inilah sebabnya menyusui adalah jalan cara terbaik dalam menyalurkan nutrisi ibu ke bayi. Selama dalam amsa penting ini, ibu memerlukan nutrisi dan gizi tambahan lebih untuk meningkatan kualitas kesuburan ASI. Ahli kesehatan turut menyarankan agar ibu hamil dapat memperoleh asupan gizi dan nutrisi tambahan, dapat dengan cara mengkonsumsi susu khusus ibu hamil.

    Namun sayangnya, tidak semua ibu hamil menyukai susu khusus ibu hamil. Sebagian diantaranya malah merasakan mual saat mulai mengkonsumsi susu ibu hamil, dan akhirnya menyebabkan ibu hamil kurang yakin untuk mengkonsumsinya. Padahal, kandungan susu ibu hamil sangat baik manfaatnya untuk kesehatan ibu dan juga janin. 

    Pada dasarnya, semua produk susu khusus untuk ibu hamil memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Susu penting untuk dikonsumsi dari awal kehamilan Bunda. Bahkan sebagian calon ibu sudah mempersiapkan dengan mengkonsumsi susu sebelum kehamilan.

    Ibu hamil yang ingin mengkonsumsi susu kehamilan disarankan untuk mengkonsumsi perdua gelas tiap harinya. Susu ibu hamil memiliki kandungan pelengkap nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil, terutama kalsium yang bermanfaat untuk membantu menunjang pertumbuhan tulang dan otak janin. Dengan minum susu khusus ibu hamil, manfaat yang Bunda dapat tidak lain adalah untuk menyeimbangkan kele Kandungan di dalam susu ibu hamil buasana dilengkapi oleh Asam folat, Kalsium ekstra, Yodium, Vitamin C, B1, B6 dan juga kandungan DHA dan AA.

    Pentingnya susu dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam segelas susu dapat membantu menjaga kesehatan selama kehamilan. Susu juga memiliki kandungan Protein yang bermanfaat dalam membangun jaringan tubuh janin, juga membantu dalam pembentukan darah, untuk membentuk antibodi. Kalsium di dalamnya bermanfaat untuk pembentukan tulang, menjaga kebutuhan kalsium di dalam tubuh untuk menghindari gangguan Osteoporosis dan membantu ibu hamil mempersiapkan ASI. Lalu Vitamin D bermanfaat dalam penyerapan Kalsium. Vitamin A membantu  menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi serta pembentukan jaringan seperti rambut, gigi, kuku, penglihatan pada bayi. Sangat penting kandungan susu pada ibu hamil, hingga para ahli medis menyarankan untuk mengkonsumsi susu setidaknya dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari.

    Adapun Cara Mengatasi Mual Saat Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil berikut khusus untuk Anda yang tidak bisa mengkonsmsi susu ibu hamil karena mengalami gangguan mual. Diantaranta :

    1.  Mengatur takaran susu yang akan dikonsumsi.

    Bunda yang sering mual saat minum susu ibu hamil, bisa disiasati dengan mengatur kembali takaran dari hari pertama hingga terbiasa. Misalnya, di hari pertama ibu bisa mengkonsumsi terlebih dahulu 1 sendok makan dengan tambahan air sepertiga gelas. Konsumsi terlebih dahulku satu helas pada malam hari saja. Baru kemudian setelah memasuki hari ke-5, ibu bisa meningkatkan takaran susu menjadi 2 sendok makan ditambah air 2/3 gelas dengan diminum saat pagi ataupun siang, hanya satu kali. Di hari ke tujuh, dengan takaran yang sama namun mengkonsumsi 2 kali, yakni di pagi hari dan malam hari.

    2. Minum susu ibu hamil setelah makan.

    Untuk menghindari mual saat minum susu ibu hamil, Bunda bisa mengkonsumsi susu ibu hamil setelah sarapan di pagi hari. 

    3. Memilih susu khusus ibu hamil yang memberikan rasa berbeda.

    Sekarang ini beragam sekali susu ibu hamil yang memiliki variasi rasa berbeda untuk membantu mengurangi rasa mual pada saat dikonsumsi. Dengan pilihan rasa berbeda, Bunda bisa memilih rasa favorit, dan jika bosan dengan rasa tersebut bisa berganti ke rasa lain.

    Semoga bermanfaat Bunda, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia:) Salam, Curhat Bidan.

    Baca juga :

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - September 8, 2017
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    Bu bidan saya kemarin menikah dan melakukan hub intim bersama suami saya tapi ga keluar darah. Katanya kalo ga keluar darah saat malam pertama ga perawan. Mohon penjelasanya

    Dijawab Oleh :
    Diskusi Dari:
    rina

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

    Dijawab Oleh : rina
    Diskusi Dari:
    erin dianawati

    bu bidan, saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangkitkan nafsu makan pada ibu hamil muda,

    Dijawab Oleh : erin dianawati
    Diskusi Dari:
    frenni franita

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Dijawab Oleh : frenni franita
    Diskusi Dari:
    Sherly davies

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Dijawab Oleh : Sherly davies