Cara Mengatasi Mudah Cape dan Napas Sesak Saat Hamil Tua

Tanya Bidan – Untuk naik tangga sedikit saja, nafas menjadi ngos ngosan mudah cape dan lelah, terlebih hal ini dialami diakhir kehamilan anda. Lantas apakah kondisi mudah lelah ini berbahaya bagi ibu hamil ? Dan seperti apa langkah yang harus Ibu lakukan untuk mengatasi napas yang ngos ngosan saat hamil tua ?

Pada dasarnya seorang ibu hamil tidak perlu untuk merasa khawatir dengan adanya kondisi seperti ini. Napas yang ngos ngosan ini merupakan hal yang umum untuk terjadi diakhir kehamilan anda. Dan mengapa kondisi ini bisa terjadi ? Pada akhir kehamilan , maka janin semakin berkembang dan mendorong rahim, dan menekan diafragma anda.

Serta adanya perubahan diafragma yang ikut mempengaruhi paru paru anda. Dan inilah yang akan membuat ibu sulit untuk menerima udara yang cukup setiap kali bernapas. Pada saat bersamaan juga adanya perubahan hormon pada masa kehamilan yang membuat ibu mengambil napas yang lebih lambat.

Cara Mengatasi Mudah Cape dan Napas Sesak Saat Hamil Tua

Maka dari itu, Ibu hamil perlu melakukan beberapa langkah mudah dalam mengatasi masalah ini. Dan cobalah untuk mengatur postur yang lebih baik seperti dengan berdiri tegak. Postur tubuh yang tepat ini akan memberikan paru paru sedikit ruangan untuk bernapas.

Mencoba untuk rileks setiap kali anda merasa kecapean terlebih saat merasa kesulitan untuk bernapas. Dan jangan memaksakan diri untuk melakukan kegiatan fisik yang berlebihan. Dan hal ini yang bisa membuat napas semakin parah dan bisa menyulitkan ibu semakin tidak nyaman untuk bernapas.

Posisi tidur juga bisa menyebabkan masalah pada pernapasan anda. Dan usahakan untuk tidur kearah sisi kiri. Dan gunakan bantal yang cukup banyak, hal ini bisa sebagai penompang kepala supaya tidur terasa lebih nyaman. Saat mencoba untuk tidur, maka cobalah untuk mengatur posisi tidur yang nyaman. Pelan pelan saja, diusahakan jangan melakukannya dengan terburu buru dan panik, karena hal ini justru bisa membuat ibu semakin susah tidur.

Meskipun kita tidak perlu untuk mengkhawatirkan masalah ini, namun ada baiknya apabila kita waspada jika mempunyai masalah mengenai pernapasan lain seperti halnya asma. Dan ini sebabnya hampir sekitar 30% perempuan dengan asma biasanya akan mengalami keadaan yang memburuk selama masa kehamilannya. Bahkan apabila kambuh dengan level yang cukup, dikhawatirkan bisa membahayakan ibu dan janin.

Untuk perempuan hamil yang telah mengalami penyakit pernapasan maka sering kali dia juga mengalami sebuah kondisi yang serius dan mungkin bisa mengalami komplikasi seperti halnya pneumonia. Ibu memerlukan sebuah pemeriksaan dari bidan kandungan atau dokter apabila sesak napas dan asma anda semakin parah.

Denyut nadi yang menjadi lebih cepat, dan juga detak jantung yang tidak teratur menjadi salah satu gejala yang cukup parah. Nyeri dada, kepucatan bahkan adanya bibir dan jari yang berubah menjadi biru ini bisa menjadi hal yang perlu untuk kita waspadai.

Citra Dewi Amd.Keb - July 28, 2017
Diskusi Dari:
Via

ibu bidan, saya mau bertanya tentang istri saya yang mengalami buang-buang air mencret, katanya perutnya tidak enak seperti ada bunyi air deras, dia juga punya maag. apa bahaya nanti buat janin di dalam perutnya?

Dijawab Oleh : Via
Diskusi Dari:
Anonymous

Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil 17 minggu. Akhir-akhir saya sering sekali merasa sesak napas dan cepat lelah. Bagaimana cara mengatasinya dan apakah hal tersebut wajar saat hamil?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Sering mules pada usia kehamilan 7 bulan ini wajar atau tidak dan di sertai plek

Dijawab Oleh :