Cara Mengatasi Tipes Pada Ibu Hamil

Sudah merupakan kewajiban untuk ibu hamil untuk menjaga senantiasa kesehatan dirinya, juga memastikan janin di dalam kandungan terpenuhi keutuhan nutrisinya.

Namun kadang kala, kehamilan juga diiringi oleh beragam masalah kesehatan, termasuk halnya penyakit Tipes. Penyakit Tipes ini adalah jenis penyakit yang menyebabkan infeksi akut pada usus halus. Penyebabnya berasal dari bakteri salmonella thypi dan salmonella parathypi A, B, C. Akibatnya, Tipes berdampak buruk pada kehamilan dan beberapa kondisi berbahaya lainnya seperti mengalami infeksi pada kehamilan, kelahiran bayi lebih awal (prematur), hingga keguguran.

Melihat bahaya yang bisa terjadi pada ibu hamil akibat penyakit Tipes yang tidak ditangani, maka sebaiknya ibu hamil mengantisipasi atau melakukan segala hal yang bisa dilakukan sebagai upaya mencegah Tipes dengan melakukan kebiasaan sehat seperti menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi, alat makan yang digunakan, juga memperhatikan lingkungan sekitar agar selalu dalam lingkungan yang bersih untuk mencegah terserangnya tubuh karena bakteri salmonella ke saluran pencernaan.

Penyakit tipes pada umumnya dapat dikenali dengan beberapa gejala yang timbul, diantaranya :

  • Demam dan suhu tubuh meningkat.
  • Sakit kepala seiring naiknya suhu tubuh.
  • Demam tinggi yang terjadi pada sore dan malam hari pertama, lalu demam akan terjadi lagi pada pagi dan siang hari setelah satu minggu.
  • Mengalami infeksi tenggorokan.
  • Kondisi lidah berwarna putih kotor dan tepian lidah berwarna merah.
  • Mengalami penurunan nafsu makan.
  • Mual dan muntah.
  • Mengalami sakit di perut, hingga seperti kembung.
  • Mengalami susah buang air besar, sembelit ataupun diare.

Dalam mengatasi penyakit Tipes pada ibu hamil, beberapa tips penting dilakukan untuk mengantisipasinya. Diantaranya :

  • Mengantisipasi faktor 5F.

Tipes ditularkan melalui 5F, yaitu food (makanan), fingers (jari kuku tangan), fomitus (muntah), fly (lalat), dan juga feses (kotoran). Untuk itu, selalu waspada pada muntah dan feses penderita Tipes. Selain itu, tetap jaga kebersihan makanan dan kuku tangan serta tubuh untuk meminimalkan risiko tertular Tipes.

Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Masak dengan benar bahan makanan dan minuman, serta perhatikan apakah sudah bersih dan benar cara mengolahnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah makanan dan minuman yang akan dikonsumsi tidak tercemar oleh bakteri Salmonella. Selain itu, usahakan untuk tidak jajan di luar karena makanan yang dijual tersebut tidak dapat dijamin kebersihan dan kehigienisannya.

  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Upayakan selalu untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Anda bisa memulai dengan menjaga kebersihan dari sumber air minum, tempat pembuangan limbah rumah tangga, kandang hewan peliharaan, kamar mandi, dan lainnya. Hal ini dapat membantui menghentikan perkembangan kuman penyebab Tipes. Pastikan lingkungan Anda bersih dan tidak terdapat lalat karena lalat ini sering menjadi perantara bakteri Salmonella.

  • Beristirahat total.

Jika ibu hamil sudah terserang penyakit Tipes, maka yang harus dilakukan adalah beristirahat total atau bed rest total selama beberapa minggu. Selama beristirahat ini, ibu hamil harus menerapkan pola makan yang benar, seperti mengonsumsi makanan lunak, menghindari makanan bercita rasa pedas, asam, berminyak, dan berbumbu. Untuk mempercepat penyembuhan Tipes, ibu hamil disarankan untuk melakukan diet rendah serat, namun tinggi kalori dan protein.

Dengan demikian, keseluruhan artikel diatas mengenai Cara Mengatasi Tipes Pada Ibu Hamil semoga dapat bermanfaat.

Nantikan artikel lainnya yang kami update setiap hari seputar kehamilan, ibu hamil, anak dan lainnya hanya di Curhat Bidan. Salam.

Citra Dewi Amd.Keb - October 4, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Gita Febian

bagi saya pasangan suami istri muda sangat susah menemukan gspot pada istri saya, takutnya tidak memuaskan. Bagaimana cara kita menemukan g spot pada pasangan kita ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Muhammad Hanif Maulana

Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

Dijawab Oleh : Muhammad Hanif Maulana
Diskusi Dari:
Sahputri Ramadhani

Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

Perlu Jawaban