Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Ngompol Saat Tidur

Anak yang sering ngompol ketika tidur menjadi hal yang umum dijumpai, namun kemungkinan besar juga jika bunda akan sedikit jengkel karena harus mencuci banyak pakaian dan seprei setiap hari karena ulah anak yang selalu saja ngompol.

Jika bunda merasa bahwa usia anak sudah mulai cukup menghentikan kebiasaan buruknya tersebut, bunda bisa mengikuti beberapa tips atau cara menghentikan kebiasaan anak ngompol saat tidur berikut ini, di antaranya :

1. Membuat jadwal

Mulai ajak anak untuk terbiasa buang air kecil di setiap 2 jam sekali di malam hari, dan ketika ia akan tidur.

2. Batasi minum di malam hari

Bukan tidak memperbolehkan anak untuk minum di malam hari, tapi lebih kepada membatasi agar ia tak sering minum di malam hari untuk menghindari kebiasaan ngompol tersebut.

3. Melakukan “pillow talk”

Pillow talk adalah sebuah bisikan kepada anak agar ia bergegas ke kamar mandi ketika ingin buang air kecil. Baik dengan diantar bunda atau pergi sendiri jika ia sudah mampu.

4. Hindari makanan tertentu

Perhatikan pula untuk tidak memberikan beberapa makanan atu minuman yang bersifat diuretik seperti teh, kopi, cokelat dan bahan-bahan lain yang mengandung kafein.

5. Jangan perlakukan ia seperti bayi

Karena kebiasaanya suka ngompol saat tidur, lantas membuat bunda memperlakukannya seperti bayi dengan memakaikan popok atau celana plastik. Hal ini justru akan membuat anak malu dan marah ketika perlakukan bunda seperti ini padanya.

6. Jangan memarahinya

Ketika anak sulit untuk menghilangkan kebiasaan ngompolnya, anda jangan memarahi atau membentaknya, karena hal ini justru akan membuat anak takut hingga stres, sehingga memperburuk kondisi tubuhnya.

7. Mengajaknya saat mencuci bekas ngompol

Anak biasanya akan lebih paham betapa bundanya kerepotan harus mencuci banyak pakaian dan seprei akibat kebiasaannya yang suka ngompol. Dengan ini akan menumbuhkan motivasi tersendiri yang datang darinya agar ke depannya tak sering ngompol.

8. Berikan pujian saat ia tidak ngompol

Anak dikenal paling suka ketika dipuji. Oleh karena itu, puji ia ketika berhasil tidak melakukan kebiasaan ngompol lagi.

Selain cara sederhana di atas, bunda juga bisa memanfaatkan beberapa ramuan alami yang bisa menjadi pendukung untuk menghilangkan kebiasaan anak yang sering ngompol. Seperti yang telah dipublikasikan, dan kemudian bidan online rangkum kembali hingga mendapatkan solusi ramuan sehat dan alami penghilang kebiasaan ngompol pada anak, yang antara lain :

  • Buah jamblang

    Gunakan 8 buah jamblang dengan diberi garam secukupnya. Bungkus menggunakan daun pisang, kukus sampai airnya mendidih. berikan ramuan ini kepada anak sebelum ia tidur, untuk menghentikan kebiasaan ngompolnya.

  • Telur ayam telur

    Anda juga bisa menggunakan 1 butir telur ayam kampung mentah, lubangi ujungnya seidikit, masukkan 7 butir lada ke dalam telur tersebut. Tutup kembali lubang tersebut, kemudian kukus hingga matang. Berikan olahan telur ini pada anak yang masih suka ngompol.

  • Adas Pulasari

    Ambil 4 buah adas pulasari, 7 buah biji jamblang, serta sepotong gula jawa. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 2 cangkir air hingga mendidih. Setelah itu, ketika sudah mulai dingin, berikan ramun ini kepada anak yang suka ngompol di saat menjelang tidur sebanyak setengah sendok. Lakukan cara ini selama 3-4 hari dengan teratur.

Walaupun mungkin terasa menjengkelkan karena cucian bunda selalu menumpuk di setiap hari, bunda tak perlu memberikan arahan yang keras padanya. Jika usianya sudah terlampau dewasa, bunda bisa memeriksakan si kecil untuk mengetahui kondisi lanjut tentangnya. Semoga bermanfaat 🙂

Citra Dewi Amd.Keb - September 6, 2016
Diskusi Dari:
Tivaa Rachmawati Putri

Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Diranan

Halo Bu Bidan, saya mau tanya
Bayi saya umur 4 bulan setiap mau pipis gelisah dan kadang menangis dulu, baru setelah itu dia pipis, tapi tidak diserta demam. Apa kondisi ini normal ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Gek Anik

Siang bu bidan.

2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Debby

Siang Bu Bidan,
Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

Perlu Jawaban