Cara Menjadi Orang Tua Tegas Tanpa Membentak Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Ketika anak melakukan sebuah kesalahan, bunda atau ayah mungkin selalu mudah marah dan membentak mereka, bahkan di hadapan teman-temannya sekalipun. Padahal apa yang dilakukan orang tua yang terbiasa tegas dengan cara kasar justru akan membuat anak tertekan, atau justru berbalik menjadi seorang pembangkang di suatu saat ini. Jika bunda atau ayah merasa kesulitan untuk menghindari kebiasaan membentak tersebut, bidan online kini memiliki cara terbaik untuk membantu anda agar bisa tegas pada anak tanpa harus kasar atau memberikan bentakan.

    Cara Menjadi Orang Tua Tegas Tanpa Membentak Anak

    Mengubah cara pandang

    Hal utama yang diperlukan adalah dengan mengubah cara pandang dan melihat siapa ia seutuhnya. Jika ia masih kecil, apakah pantas jika kita berbicara dan berperilaku sekasar itu kepada anak yang masih ingin tahu bagaimana dunia ini sebenarnya. Mereka yang masih belum tahu tentang perbuatan mereka yang ternyata bisa menimbulkan gangguan atau pengaruh buruk bagi orang lain, dan mereka yang masih belum mengerti apa yang dimaksud dengan sabar dalam setiap keadaan.

    Jika anak anda saat ini sudah remaja, kemungkinan besar ia bertingkah seperti dengan sebab tertentu, yang biasanya karena hanya ingin diperhatikan lebih oleh orang tua, atau memiliki keinginan tak biasa yang ingin diwujudkan. Jika anda tahu apa alasan mereka berbuat hal yang menjengkelkan, cobalah untuk mencari solusinya dengan tepat.

    Menjauhkan diri anda dari masalah, sebentar saja

    Ketika masalah pada anak muncul, cobalah untuk bekerja sama dengan pasangan dan mengambil alih posisi anda saat itu dengan cara keluar ruangan sebentar saja. Keluar ruangan bukan berarti anda lari dari masalah, namun justru cara ini sedikitnya bisa meredupkan amarah dalam hati saat itu. Dengan cara ini pula masalah akan bisa terselesaikan dengan baik tanpa teriakan atau makian.

    Jangan memendam apa yang anda rasakan

    Ketika anda merasa kesal atau marah pada anak, anda berhak mengungkapkan bahwa anda sekarang ini marah dengan mereka. Dengan cara ini, anak akan sadar akan perbuatannya yang bisa membuat anda marah. Dan kemungkinan, ia tak akan mengulangi kesalahan tersebut untuk kedua kalinya.

    Menetapkan batas kemarahan

    Walaupun ada kalanya anda bisa marah, namun amarah tersebut harus memiliki batasan tertentu agar tak berkepanjangan dan membuat anak justru takut dengan anda. Sebaiknya, anda melakukan kegiatan tertentu setelah marah tanpa mengatakan apapun. Kemudian selang beberapa waktu, katakan bahwa anda telah lelah untuk marah. Meskipun sang anak merasa tak terima anda marahi, namun ia justru akan mudah memaafkan anda pula dan merasa bahwa semua itu adalah kesalahannya sendiri.

    Bayangkan jika ada yang melihat anda membentak anak

    Ketika anda memiliki pengalaman melihat anak yang dibentak-bentak orang tua mereka di depan umum, mungkin saat itu pula anda merasa iba atau kasihan pada sang anak. Bagaimana jika kejadian ini menimpa anda ? anda akan merasa malu dan banyak dibenci oleh orang lain. Begitu juga anak anda yang akan merasa malu dibentak di hadapan teman-temannya saat itu. Untuk itu, pikirkan dengan baik sebelum membentak anak.

    Membantu anak menjelaskan perasaan mereka

    Ketika anak berperilaku tidak baik, pastikan jika anda juga tahu alasan mengapa ia berbuat demikian. Jangan sampai anda sudah membentaknya habis-habisan, namun pada kenyataannya, sumber dari masalah tersebut bukan berasal dari ia sendiri. Walaupun ia hanya membela diri dari masalahnya, namun dengan cara yang salah, jelaskan padanya jika tak perlu membalas perbuatan yang tidak baik dengan hal yang tidak baik pula.

    Mencari benda yang bisa mengatasi amarah

    Jika anda memiliki hobi melukis, anda bisa tuangkan perasaan anda saat itu melalui lukisan tanpa harus membentak anak. Cara ini juga dipercaya efektif dalam meredam amarah anda di waktu tersebut.

    Cobalah untuk mengajaknya bermain

    Mungkin sedikit dari anda yang bisa melakukan ini, mengajak anak bermain ketika anda mulai ingin marah akibat perilakunya. Memang bukan hal mudah, namun jika anda mencoba dan membiasakannya, nantinya anda bisa merasakan kenyamanan dan ketenangan.

    Dekatkan diri kepada Tuhan

    Sebagai manusia yang taat beragama, sudah seharusnya anda menyerahkan semua yang sudah anda lakukan kepada Yang Maha Kuasa. Dengan lebih  mendekatkan diri kepada-Nya, niscaya hati anda akan lebih tenang walaupun masalah pada anak akan datang silih berganti.

    Dengan Cara Menjadi Orang Tua Tegas Tanpa Membentak Anak di atas, anda bisa menjadi orang tua yang lebih baik, dan anak pun bisa menjadi generasi yang berbakti dan patuh pada perintah orang tua.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - September 27, 2016
    Diskusi Dari:
    Cherma

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Dijawab Oleh : Cherma
    Diskusi Dari:
    Sheila Marwah

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Risky nur

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    Dijawab Oleh : Risky nur
    Diskusi Dari:
    arronbustard86

    Malam bu,bulan kemarin saya melakukan pemeriksaan usg dan diketahui usia kandungan sy sudah 10minggu.hari ini jadwal saya melakukan pemeriksaan lagi di usia kehamilan 14minggu.yg ingin sy tanyakan apakah harus melakukan usg lagi atau tidak?terimakasih

    Dijawab Oleh : arronbustard86
    Diskusi Dari:
    Sahputri Ramadhani

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

    Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani