Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak-anak

Mata adalah salah satu panca indra yang memiliki peran penting bagi setiap orang. Maka dari itu, kita wajib memelihara kesehatan mata, apalagi pada anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. Anak-anak tidak sama dengan orang dewasa, kesehatan mata mereka masih rentan karena mereka masih dalam proses pertumbuhan sehingga harus benar-benar diwaspadai dan diperhatikan asupan makanannya.

Sering tidak kita sadari banyak sekali penyakit mata yang mengintai, mulai dari katarak, miopi, rabun jauh, prebiopi, kelelahan mata, iritasi, dll. Nah, padahal banyak sekali cara agar mata sehat dan terhindar dari penyakit yang bisa kita lakukan, tidak harus mahal. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menjaga kesehatan mata pada anak-anak.

Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Anak-anak


Hindari melihat terlalu dekat
Ajaklah buah hati Anda untuk memandang jauh dan banyak beraktivitas di luar rumah. Ibu juga sebaiknya menjaga si kecil untuk tidak melihat terlalu dekat.

Posisi membaca benar
Saat Anda mengajarkan anak membaca, ingatkanlah anak untuk duduk dalam posisi yang baik. Hindari membaca dalam keadaan berbaring atau posisi miring. Selain itu, larang anak membaca atau bermain game di ruangan yang cahayanya kurang terang.

Hindari menonton TV terlalu dekat
Sebaiknya para orang tua larang jika buah hati Anda menonton TV terlalu dekat, jarak atntara si kecil dan TV yang dianjurkan adalah 4x diagonal TV.

Pemandangan di Kendaraan

Hindari anak bermain game disaat mobil sedang melaju, sebaiknya arahkan buah hati Anda untuk melihat-lihat aktivitas di luar mobil daripada waktu perjalanan dihabiskan untuk bermain game atau membaca buku di tempat bergerak.

Istirahatkan mata
Jangan paksa mata untuk bekerja terlalu lama. Misalnya saat membaca 1 jam, istirahatkan mata setidaknya 10 menit.

Bijak Memakai Gadget
Menurut dr. Florence Meilani Manurung, spesialis mata dari Jakarta Eye Center, biasanya ia akan menyarankan pasiennya untuk memberikan ijin buah hati memakai gadget, maksimal 2 jam setiap minggu. Apabila orang tua disiplin menerapkan hal tersebut, maka dapat berdampak baik pada kesehatan mata anak.

Asupan vitamin A yang cukup
Ajarkan buah hati Anda untuk rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Misalnya wortel, pepaya dan alpukat. Atau Anda juga memberikan buah hati Anda suplemen yang mengandung vitamin A. Selain itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan mata anak Anda ke spesialis mata.

Nah, jadi itulah moms beberapa tips menjaga kesehatan mata buah hati. Semoga bermanfaat yah moms, dan bagi Anda yang berminat untuk bertanya pada kami, silahkan tanyakan di form tanya bidan dan kami akan menjawabnya. Dan semoga artikel kami membantu Anda dalam mendapatkan informasi tepat untuk menjaga kesehatan buah hati Anda. Terimakasih

Citra Dewi Amd.Keb - February 16, 2017
Diskusi Dari:
Hasya

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Sekarang ini lagi heboh penyebaran virus zika yang tengah masuk ke Singapura dan ditakutkan juga bisa masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, terutama ibu hamil bisa terhindar dari virus zika tersebut ? Katanya yang dengar, virus zika bisa mengganggu perkembangan otak bayi dan membuatnya cacat otak. Mohon penjelasannya bu, terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ratu

Selamat malam bu bidan,
Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

Dijawab Oleh : Ratu
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan suami saya usia 26 tahun. Sudah 6 bulan kami menikah dan saat ini sedang melakukan program kehamilan. Saat ini saya mengkonsumsi susu pra kehamilan dan natur E, apakah keduanya dapat membantu mempercepat kehamilan dan apakah ada efek sampingnya?? mohon jawbannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Mbak aty

Selamat pagi,
Saat ini saya tengah hamil dan memasuki trimester ketiga. Namun, saya mengalami masalah pada pencernaan yang membuat saya susah BAB atau sembelit. Mau minum obat, takutnya kenapa-kenapa. Adakah solusi lain yang bisa mengatasi masalah pencernaan saya selama masa kehamilan?

Dijawab Oleh : Mbak aty
Diskusi Dari:
eureeka

Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?

Dijawab Oleh : eureeka