Cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Curhatan Bidan,- Banyak cara agar tetap sehat saat menjalani kehamilan salah satunya yaitu menerapkan pola makan sehat. Karena dengan menjaga kesehatan saat hamil, maka ibu akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan dan janin didalam kandunganpun tetap sehat. Oleh karena itu, ibu hamil harus selalu menjaga kesehatannya serta kehamilannya. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan saat hamil yang harus ibu hamil ketahui.

Beberapa Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Pola makan sehat

Ibu hamil harus selalu menerapkan pola makan sehat dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dari mulai usia kehamilan 1-9 bulan. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan mengandung serat, asam folat dan zat besi.

Gaya hidup sehat

Selain pola makan sehat, ibu hamil juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Karena jika gaya hidup ibu tidak sehat dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatan dan kehamilannya. Oleh karena itu, hindarilah asap rokok, sangat tidak disarankan bagi ibu hamil merokok dan minum alkohol.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara menjaga kesehatan saat hamil. Apalagi di saat awal kehamilan biasanya ibu hamil sering mual serta pusing, dengan istirahat yang cukup maka keluhan tersebut akan hilang.

Jangan terlalu banyak pikiran/stres

Sebaiknya jangan stres atau terlalu banyak pikiran di saat hamil karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil.

Hindari aktivitas berat

Saat hamil sebaiknya hindari aktivitas berat serta jangan terlalu capek karena dapat membuat ibu keguguran dan perdarahan.

Selain itu juga, jangan melakukan olahraga berat. Bukan berarti ibu hamil tidak boleh olahraga, tapi lakukanlah olahraga yang ringan seperti senam hamil, yoga dan jalan kaki.

Itulah beberapa tips dan cara menjaga kesehatan saat hamil. Bila ibu hamil selalu menjaga kesehatannya, maka dapat memperkecil resiko terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Semoga informasi mengenai cara menjaga kesehatan saat hamil yang kami hadirkan, dapat bermanfaat. Terimakasih.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Citra Dewi Amd.Keb - June 9, 2016
Diskusi Dari:
Didin Bajarudin

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Ramadhan

Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

Dijawab Oleh : Ramadhan
Diskusi Dari:
Muhammad Hanif Maulana

Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

Dijawab Oleh : Muhammad Hanif Maulana
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Mbak aty

Selamat pagi,
Saat ini saya tengah hamil dan memasuki trimester ketiga. Namun, saya mengalami masalah pada pencernaan yang membuat saya susah BAB atau sembelit. Mau minum obat, takutnya kenapa-kenapa. Adakah solusi lain yang bisa mengatasi masalah pencernaan saya selama masa kehamilan?

Dijawab Oleh : Mbak aty