Cara Merawat Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupannya

Saat ini kampanye 1000 hari kehidupan pertama terus digalakkan di Indonesia. Pada usia nol sejak di dalam kandungan hingga dua tahun merupakan periode penting. Periode ini disebut dengan masa keemasan (golden age) bagi anak. Pada masa ini pula pertumbuhan otak pada anak sangat pesat.

Asupana makanan yang tepat untuk anak di usia 1000 hari kelahirannya menjadi periode penting dalam menunjang tumbuh kembang anak. Maka dari itu, kenali 4 hal penting yang wajib Anda lakukan untuk menjadikan anak Anda cerdas, seperti yang dikutip saat promosi kesehatan dinas kesehatan Kota Depok. Berikut ini cara merawat anak di 1000 hari pertama kehidupannya.

Cara Merawat Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupannya


Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
Ini adalah tahap pertama kali bayi dilahirkan dan sangat penting. Biarkan bayi meraba dan merayap di dada ibu untuk menemukan puting ibu. Beri bayi kesempatan menyusu sendiri segera lahir selama minimal 1 jam.

Beri ASI Eksklusif
Kenapa bayi harus diberi ASI eksklusif? Karena ASI berperan penting dalam tumbuh kembang bayi dan menjaga bayi tetap sehat dan cerdas. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan lebih tangguh terhadap penyakit, daya tahannya jauh lebih bagus. Berikan ASI kepada bayi hingga usianya menginjak 6 bulan.

MP ASI (Makanan Pendamping ASI)
Setelah bayi usia 6 bulan, maka ibu bisa memberikan asupan makanan pendamping ASI, namun tetap berikan ASI pada anak hingga usianya menginjak 2 tahun.

Ajarkan Anak Hidup Bersih

Bagi para orang tua, sebaiknya terapkan hidup sehat pada anak sejak usia dini dengan cara mengajarkannya untuk hidup bersih, apalagi pada saat anak sudah mulai merangkak dan berjalan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pengajaran dengan cara mengajarkan buah hati Anda untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan.

Berikan Asupan Makanan Bergizi
Dalam periode emas ini, sebaiknya Anda sebagai orang tua untuk memberikan asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi, karena hal ini bisa menunjang kecerdasan anak. Selain itu, ajarkan pula anak untuk menyantap makanan dengan gizi seimbang dengan makanan kaya vitamin, mineral dan serat dari buah dan sayuran.

Nah, maka dari itu penting sekali informasi kesehatan ini bagi para ibu muda yang kini sedang merawat buah hati tercintanya. Semoga artikel di curhat bidan ini bisa memberikan pelajaran berharga dan bermanfaat untuk Anda semua, dan terimakasih telah mengunjungi situs kami.

Citra Dewi Amd.Keb - February 23, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Malam Dok…!
Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
Terima kasih atas jawabannya dok…!

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Ramadhan

Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Siti Rohmah

Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Alfiyah

Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Mbak aty

Selamat pagi,
Saat ini saya tengah hamil dan memasuki trimester ketiga. Namun, saya mengalami masalah pada pencernaan yang membuat saya susah BAB atau sembelit. Mau minum obat, takutnya kenapa-kenapa. Adakah solusi lain yang bisa mengatasi masalah pencernaan saya selama masa kehamilan?

Dijawab Oleh : Mbak aty