Cara Merawat Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupannya

Saat ini kampanye 1000 hari kehidupan pertama terus digalakkan di Indonesia. Pada usia nol sejak di dalam kandungan hingga dua tahun merupakan periode penting. Periode ini disebut dengan masa keemasan (golden age) bagi anak. Pada masa ini pula pertumbuhan otak pada anak sangat pesat.

Asupana makanan yang tepat untuk anak di usia 1000 hari kelahirannya menjadi periode penting dalam menunjang tumbuh kembang anak. Maka dari itu, kenali 4 hal penting yang wajib Anda lakukan untuk menjadikan anak Anda cerdas, seperti yang dikutip saat promosi kesehatan dinas kesehatan Kota Depok. Berikut ini cara merawat anak di 1000 hari pertama kehidupannya.

Cara Merawat Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupannya


Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
Ini adalah tahap pertama kali bayi dilahirkan dan sangat penting. Biarkan bayi meraba dan merayap di dada ibu untuk menemukan puting ibu. Beri bayi kesempatan menyusu sendiri segera lahir selama minimal 1 jam.

Beri ASI Eksklusif
Kenapa bayi harus diberi ASI eksklusif? Karena ASI berperan penting dalam tumbuh kembang bayi dan menjaga bayi tetap sehat dan cerdas. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan lebih tangguh terhadap penyakit, daya tahannya jauh lebih bagus. Berikan ASI kepada bayi hingga usianya menginjak 6 bulan.

MP ASI (Makanan Pendamping ASI)
Setelah bayi usia 6 bulan, maka ibu bisa memberikan asupan makanan pendamping ASI, namun tetap berikan ASI pada anak hingga usianya menginjak 2 tahun.

Ajarkan Anak Hidup Bersih

Bagi para orang tua, sebaiknya terapkan hidup sehat pada anak sejak usia dini dengan cara mengajarkannya untuk hidup bersih, apalagi pada saat anak sudah mulai merangkak dan berjalan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pengajaran dengan cara mengajarkan buah hati Anda untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan.

Berikan Asupan Makanan Bergizi
Dalam periode emas ini, sebaiknya Anda sebagai orang tua untuk memberikan asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi, karena hal ini bisa menunjang kecerdasan anak. Selain itu, ajarkan pula anak untuk menyantap makanan dengan gizi seimbang dengan makanan kaya vitamin, mineral dan serat dari buah dan sayuran.

Nah, maka dari itu penting sekali informasi kesehatan ini bagi para ibu muda yang kini sedang merawat buah hati tercintanya. Semoga artikel di curhat bidan ini bisa memberikan pelajaran berharga dan bermanfaat untuk Anda semua, dan terimakasih telah mengunjungi situs kami.

Citra Dewi Amd.Keb - February 23, 2017
Diskusi Dari:
Tika

Saya mau bertanya kasus mengenai let it ovum.. itu kasus yang seperti apa ya? Ada nama lain nya tidak? Saya cari di google tdk ada

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Obey Hungkul

Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

Dijawab Oleh : Obey Hungkul
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 27 tahun dan saat ini sedang hamil 6 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah aman berhubungan intim saat usia kehamilan 6 bulan? apakah ada efeknya sama janin? trims mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Assalamualaikum bik sy mo nnya kan sy haid bulan kemaren tgl 19 oktber dan selsai haid tgl 25okt, nah sekarng sdh blan nov tgl 29 berart telat sdh bbrpa hari kan buk? Apa benar buk sdh di hitung 2 bulan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Fitriyan Tng

Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

Perlu Jawaban