Cara Merawat Anak yang Sedang Sakit Pilek

Anak memang sangat rentan tersering pilek karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah sehingga virus penyakit mudah menyerang tubuhnya. Pilek pada anak memang agak lama sembuhnya dan perlu istrihat yang cukup. Lantas ibu perlu merawat buah hati dengan benar supaya cepat lekas pergi pileknya, dan berikut dibawah ini beberapa cara merawat anak yang sedang sakit pilek.

Cara Merawat Anak yang Sedang Sakit Pilek

Berikan Asupan Cairan yang Cukup
Bagi anak yang masih berusia 4 bulan kebawah, disarankan untuk selalu memberikan asupan ASI atau susu formula yang cukup. Sedangkan untuk bayi usia 5 bulan, ibu bisa memberikan air putih atau sedikit jus pada bayi yang telah berusia di atas 6 bulan.

Bantu Anak Mengeluarkan Lendir di Hidung
Pastinya bayi belum bisa mengeluarkan lendir dihidungnya sendiri. Padahal lendir dapat menyumbat hidung sehingga anak rewel dan susah bernapas. Untuk membantunya, ibu perlu mengeluarkan lendir tersebut dengan cara merebahkan anak dan teteskan sedikit air garam pada lubang hidungnya untuk mengencerkan lendir. Lalu, beberapa saat kemudian, keluarkan lendir tersebut dengan menggunakan pipet atau alat khusus untuk mengeluarkan lendir pada bayi.

Buatlah Udara Ruangan Menjadi Lembab
Ibu dapat menaikkan suhu AC di dalam kamar atau mungkin mematikan AC untuk sementara waktu. Selain itu, Ibu juga dapat membawa si kecil ke dalam kamar mandi dengan air panas untuk mendapatkan uap hangat dari shower panas tersebut.

Tidurkan dalam Posisi Semi berdiri
Anda bisa melakukannya sementara dalam beberapa jam. Hindari menggunakan bantal untuk membantunya berdiri karena dapat membuatnya sulit bernapas serta jangan meletakkan bantal dibawah tempat tidurnya karena bisa membuatnya tidak stabil.

Itulah beberapa tips dan cara merawat anak yang sedang sakit pilek. Jika ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan bertanyalah di form tanya bidan kami, semoga artikel dan jawaban yang kami berikan nanti bisa membantu Anda. Terimakasih atas kunjungannya.

Citra Dewi Amd.Keb - February 9, 2017
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
Uchi Susilawati

Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

Dijawab Oleh : Uchi Susilawati
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
ANGGUN

Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat saya dalam keadaan sadar atau bahkan ketika sedang bermimpi. Bagaimana cara menyembuhkannya bu ? Saya merasa terganggu dengan kondisi seperti ini dan tolong segera dijawab ya. Terima kasih bu bidan.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Risky nur

Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

Dijawab Oleh : Risky nur