Cara Merawat Anak yang Sedang Sakit Pilek

Anak memang sangat rentan tersering pilek karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah sehingga virus penyakit mudah menyerang tubuhnya. Pilek pada anak memang agak lama sembuhnya dan perlu istrihat yang cukup. Lantas ibu perlu merawat buah hati dengan benar supaya cepat lekas pergi pileknya, dan berikut dibawah ini beberapa cara merawat anak yang sedang sakit pilek.

Cara Merawat Anak yang Sedang Sakit Pilek

Berikan Asupan Cairan yang Cukup
Bagi anak yang masih berusia 4 bulan kebawah, disarankan untuk selalu memberikan asupan ASI atau susu formula yang cukup. Sedangkan untuk bayi usia 5 bulan, ibu bisa memberikan air putih atau sedikit jus pada bayi yang telah berusia di atas 6 bulan.

Bantu Anak Mengeluarkan Lendir di Hidung
Pastinya bayi belum bisa mengeluarkan lendir dihidungnya sendiri. Padahal lendir dapat menyumbat hidung sehingga anak rewel dan susah bernapas. Untuk membantunya, ibu perlu mengeluarkan lendir tersebut dengan cara merebahkan anak dan teteskan sedikit air garam pada lubang hidungnya untuk mengencerkan lendir. Lalu, beberapa saat kemudian, keluarkan lendir tersebut dengan menggunakan pipet atau alat khusus untuk mengeluarkan lendir pada bayi.

Buatlah Udara Ruangan Menjadi Lembab
Ibu dapat menaikkan suhu AC di dalam kamar atau mungkin mematikan AC untuk sementara waktu. Selain itu, Ibu juga dapat membawa si kecil ke dalam kamar mandi dengan air panas untuk mendapatkan uap hangat dari shower panas tersebut.

Tidurkan dalam Posisi Semi berdiri
Anda bisa melakukannya sementara dalam beberapa jam. Hindari menggunakan bantal untuk membantunya berdiri karena dapat membuatnya sulit bernapas serta jangan meletakkan bantal dibawah tempat tidurnya karena bisa membuatnya tidak stabil.

Itulah beberapa tips dan cara merawat anak yang sedang sakit pilek. Jika ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan bertanyalah di form tanya bidan kami, semoga artikel dan jawaban yang kami berikan nanti bisa membantu Anda. Terimakasih atas kunjungannya.

Citra Dewi Amd.Keb - February 9, 2017
Diskusi Dari:
Rikha Fatimah

Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Dah Wisnugaduh

Hallo bu bidan, saya ini termasuk wanita yang suka mengalami PMS ketika menstruasi, yang ingin saya tanyakan ketika PMS makanan dan minuman apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari agar PMS tidak mengganggu aktivitas saya. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

Dijawab Oleh :