Cara Untuk Melatih Konsentrasi Anak-Anak

Curhatbidan.com,Konsentrasi belajar adalah bagaimana fokus dalam mengerjakan atau melakukan sesuatu, hingga pekerjaan itu dikerjakan dalam waktu tertentu. Beberapa anak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi saat belajar dan beraktivitas. Contohnya seperi pikiran yang berubah-ubah, merasa gelisah, tidak memperhatikan dan pelupa. Hal inilah yang menjadi perhatian untuk orang tua jika melihat buah hatinya mengalami hal tersebut.

Parah ahli bahkan mengatakan bahwa kehilangan konsentrasi bisa menjadi faktor yang akan merugikan kehidupan anak. Kurangnya konsentrasi bisa disebabkan beberapa hal, yang sebagian besar tergantung pada usia dan status kesehatan anak, yakni :

Kurang beristirahat atau kelelahan

Kurangnya waktu istirahat anak bisa menyebabkan kelelahan dan kelelahan tersebut adalah salah satu alasan anak menjadi tidak konsentrasi. Kadang kala ada beberapa orang tua yang membuat anaknya terlalu sibuk dengan kegiatan belajarnya, contohnya anak SD mereka belajar dari jam 7 sampai jam 12 siang, dan ada orang tua yang sering mendaftarkan anaknya les untuk membuat anak lebih cerdas dan les tersebut bisa memakan waktu anak selama 2-3 jam. Selama itu anak hanya disuruh untuk belajar betapa lelah fisik dan mental anak. Dalam kondisi kelelahan seperti itu tentu anak  akan sulit berkonsentarsi karena tubuh mereka membutuhkan istirahat.

Kurang berminat atau tidak tertarik

Jika si Kecil kehilangan minat dalam materi yang dipelajari, kemungkinan hilangnya konsentrasi sangat mudah. 

Jangankan sikecil kita sebagai orang tua saja pasti merasa kesal apabila memikirkan hal ataupun kegiatan yang tidak kita sukai. Begitupun anak, anak akan kehilangan konsetrasinya apabila mereka kurang berminat pada hal yang dilakukannya.

Kesehatan

Kesehatan tubuh anak adalah hal paling penting. Jika fungsi tubuh anak lemah itu bisa menjadi salah satu alasan bagi anak dalam kehilangan fokus dan konsentrasi. Dehidrasi dan kebiasaan makan yang buruk bisa mempengaruhi tingkat konsentrasi anak.

Energi Berlebih

Anak yang memiliki energi berlebih pada tubuhnya biasanya tidak dapat duduk diam dalam waktu yang lama. Ia pasti merasa gelisah sebab ada desakan dari dalam untuk bergerak, mengeluarkan energi. Mempunyai energi yang besar juga sangat bagus untuk membantu tumbuh kembang anak. Tapi ini juga merupakan salah satu penyebab anak sulit berkonsentrasi.

Untuk mengatasi anak yang sulit berkonsentrasi bunda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini:

Berikan Waktu istirahat yang cukup

Seperti yang dijelaskan diatas istirahat yang kurang bisa menyebabkan anak sulit bernkonsentrasi. Untuk itu langkah pertama Anda harus memberikan anak istirahat yang cukup jangan memaksa anak untuk belajar terus. biasakan agar anak tidur siang walau hanya 1-2 jam. Ini membuat otak dan fisik mereka istirahat, sehingga bila bangun tidur anak akan lebih segar untuk diajak berpikir. Dan pada malam hari jangan biarkan anak tidur terlalu larut.

Komunikasi dua arah

Salah satu penyebab anak sulit berkonsentrasi karena adanya masalah yang mengganggu pikiran mereka. Hal ini dapat menyumbat konsentrasinya. Buatlah komunikasi dua arah yang baik.    Telusuri apa yang mengganjal pikiran mereka.     Ayah bunda dapat menjadi pendengar yang baik dan penanya aktif. Misalnya apa yang terjadi hari ini di sekolah.

Saat anak menceritakan masalahnya bunda haruslah menjadi pendengar yang baik dan berusaha untuk memberikan penjelasan solusi untuk masalahnya.

Sendiri dan mandiri

Ada baiknya Anda mengajarkan anak untuk bisa mandiri dalam melakukan kegiatannya. Seperti ajarkan dan biarkan anak memakai dan melepas bajunya sendiri atau mekai sepatunya sendiri. Pada proses itu anak akan memperhatikan langkah-lagkah untuk menuntaskan kegiatan tersebut. Disaat itulah anak belajar untuk berkonsentrasi. 

Berikan suasana yang nyaman

kemampuan konsentrasi anak tentu harus didukung dengan suasana yang baik. Anda harus menciptkan suasana yang menyenangkan dan membuat anak nyaman dengan aktivitas atau kegiatan yang sedang dilakukannya agar anak bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan hal tersebut.

Melalui aktivitas bermain dan berolah raga 

Dalam permainan biasanya ada instruksi yang diberikan. Dengan demikian secara tidak langsung melatih anak untuk mengikuti instruksi dan mampu melakukannya dengan tepat dan cepat.

Dari penelitian menunjukkan bahwa dengan aktif bergerak dan berolah-raga dapat meningkatkan kecerdasan karena dengan berolah-raga aliran darah dan oksigen ke otak akan lebih baik. Yang bisa membuat anak berkonsentrasi. Olahraga yang bisa dilakukan seperti berenang dan sepakbola.

Itu adalah beberapa cara sederhana untuk Anda dalam mengatasi anak yang sulit untuk berkonsentrasi. Konsentrasi anak sangat penting untuk kehidupan dan tumbuh kembang anak oleh sebab itu Anda harus memperhatikan hal tersebut.

Citra Dewi Amd.Keb - June 3, 2017
Diskusi Dari:
ANGGUN

Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

Dijawab Oleh : ANGGUN
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Della Aprita

Pagi dok. Saya seorang ibu yang memiliki anak berusia 7 bulan. Saat ini anak saya sering kali mengeluarkan darah dari bagian hidungnya yang disertai dengan panas dan juga mata merah. Terusterang saya sebagai orang tua merasakan khawatir dengan keadaan anak saya yang masih balita ini. Kalau boleh tau ini itu jenis gejala penyakit apa ya dok? Tolong berikan penjelasannya, terimakasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Fauzi

Halo Bu Bidan, saya mau bertanya, bolehkah bayi mandi dengan air dingin ? Sejak umur berapa bayi boleh dimandikan dengan air dingin ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi ibu bidan, saya mau tau dong ada ga tips sehat yang harus dilakukan ibu hamil penderita diabetes?

Dijawab Oleh :