Cara Untuk Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Curhatbidan.com – Nyeri punggung merupakan salah satu gangguan kehamilan  yang tidaklah mengejutkan selama kehamilan berlangsung. Keluhan tersebut sering kali di alami oleh sang ibu yang telah memasuki usia kehamilan 5 – 9 bulan atau trimester ke dua dan ke tiga. Meski begitu, kondisi tersebut tetap harus mendapatkan perhatian agar tidak merusak kenyamanan ibu hamil.

Kenaikan berat badan yang cukup drastis, merupakan salah satu penyebab yang melatar belakangi gangguan kehamilan tersebut. Sehingga, hormon pada tubuh akan mengendurkan otot-otot dan ligamen yang berada di seluruh tubuh, terutama pada daerah persendian. Selain itu, rahim yang semakin membesarpun berpengaruh pada pusat gravitasi, yang membentang keluar dan melemahkan otot-otot pada perut anda. Sehingga perubahan postur tubuhpun memberikan tekanan pada punggung anda.

Namun anda tak perlu khawatir, gangguan sakit punggung selama kehamilan ini selain bisa di cegah juga dapat di obati. Andapun dapat mempertimbangkan beberapa cara mengatasi sakit punggung saat hamil yang akan kami rekomendasikan berikut ini.

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil Secara Alami


Ada beberapa cara menghilangkan nyeri punggung saat hamil yang dapat anda lakukan secara alami dan mudah dan tentunya tidak membahayakan kesehatan janin anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengompres bagian punggung yang sakit
Cara mengatasi nyeri punggung saat hamil yang pertama adalah anda dapat mengompres bagian punggung yang terasa sakit. Anda dapat meminta bantuan pada orang lain untuk mengompres punggung anda dengan bantalan hangat. Selain itu, anda dapat menjadwalkan pijat sebelum melahirkan.

2. Melakukan gerakan ringan
Aktivitas fisik reguler dan menjaga punggung anda tetap kuat adalah salah satu cara yang dapat menyembuhkan keluhan sakit punggung yang sedang anda derita. Dengan persetujuan dokter atau bidan, anda dapat melakukan beberapa gerakan ringan maupun olahraga yang sangat di rekomendasikan selama kehamilan seperti berjalan dan berenang di antaranya.

Selain itu,  andapun dapat melakukan gerakan ringan dengan merenggangkan punggung bagian bawah anda, dengan cara mengistirahatkan lutut dan tangan anda dengan kepala sejajar dengan punggung anda.  Kemudian, tarik perut dan punggung anda memutar ke belakang  secara perlahan. Tahan selama beberapa detik, dan andapun dapat merilekskan punggung dan perut anda. Pastikan punggung anda sedatar mungkin, ulangi berturut-turut sebanyak sepuluh kali. Anda pun dapat menanyakan kepada dokter kehamilan ataupun bidan seputar olahraga peregangan.

3. Sikap Tubuh Yang baik
Gaya graviatasi pada ibu hamil akan berpindah ke depan, mengingat janin yang berada di dalam rahim terus tumbuh dan berkembang setiap harinya. Untuk mencegah anda jatuh ataupun mengalami gangguan kehamilan seperti sakit punggung di antaranya, anda dapat menerapkan beberapa sikap tubuh yang baik selama masa kehamilan, yang diantaranya:

  • Berdiri dengan tegak.
  • Tarik dagu anda tinggi-tinggi.
  • Pastikan saat duduk, pundak anda bersandar ke belakang secara rileks.
  • Jangan mengatupkan lutut.

Sikap tubuh yang baik juga dapat berupa duduk dengan penuh kehati-hatian. Anda dapat memilih kursi yang dapat menyokong punggung anda, ataupun anda dapat menempatkan bantal kecil di belakang punggung anda, sehingga punggung atas dan leher anda aada dalam keadaan lurus dan nyaman. Namun jika suatu kondisi mengharuskan anda berdiri dalam waktu yang cukup lama, anda dapat mengataur posisi berdiri anda yang nyaman, dan mengistirahatkan salah satu kaki anda pada bangku yang kecil dan rendah secara bergantian.

4. Menggunakan Pakaian yang tepat
Pilahlah baju yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Ataupun anda dapat menggunakan celana khusus dan baju untuk hamil dengan ikat pinggang rendah. Andapun dapat menggunakan sabuk khusus ibu hamil yang dapat membantu menyokong tekanan pada perut anda. Menggunakan sepatu berhak rendah dengan  yang didukung dengan lekungan yang baikpun dapat membantu meringankan nyeri punggung yang sedang anda alami.

5. Tidur menyamping
Pastikan anda tidur dengan posisi menyamping sambil salah satu atau kedua lutut di tekuk. Posisi tidur tersebut di bilang efektif di banding dengan anda tidur menggunakan punggung, karena itu akan hanya menambah sakit punggng yang sedang anda derita. Anda juga dapat menggunakan bantal yang seukuran dengan tubuh, yang dapat membuat posisi tidur anda semakin nyaman.

6. Mengangkat benda dengan posisi yang tepat
Saat anda hendak mengangkat benda yang kecil, hendaklah anda berjongkok dan ambil benda dengan tangan anda. Hindari menekuk pada bagian pinggang atau mengangkat punggung anada karena itu dapat menyebabakan nyeri pinggang yang anda alami semakin parah. Namun, jika anda tidak sanggup untuk mengangkat beban tersebut, anda dapat meminta pertolongan pada orang lain.

Nah itulah  beberapa cara mengatasi sakit punggung saat hamil yang dapat anda coba dan praktekan sekarang juga, untuk mengurangi dan menghilangkan keluhan sakit punggung yang sedang anda derita saat ini. Selain dengan beberapa cara di atas, sebaiknya anda dampingi dengan beristirahat yang cukup,  serta mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah agar kondisi tubuh anda sang janin tetap sehat.

Citra Dewi Amd.Keb - May 31, 2016
Diskusi Dari:
Ai Ni

Sore bu, saya mau nanya nih.
Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Rhiyad Suhpriatin

Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

Dijawab Oleh : Rhiyad Suhpriatin
Diskusi Dari:
Anonymous

Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Nurul

Siang dok, saya mau bertanya, ko akhir akhir ini saya sering merasakan sakit pada bagian perut ya? Saat saya pegang bagian itu malah semakin sakit. Memang badan ini terbilang gemuk, apa kah ini bisa berpengaruh pada kondisi perut yang menjadi keras dan besar? Mohon penjelasnnya dok, Terimakasih

Dijawab Oleh : Nurul