Daftar Obat-obatan Kimia Yang Dapat Mengurangi Kesuburan

Daftar Obat-obatan Kimia Yang Dapat Mengurangi KesuburanBidan Online,- Saat ini banyak para pasangan suami istri yang mengeluhkan sulitnya untuk mendapatkan momongan. Tingkat kesuburan pria atau wanita akan sangat berpengaruh pada terjadinya kehamilan. Pria atau wanita dengan kesuburan yang baik maka akan membuka peluang besar terjadinya kehamilan. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kesuburan menurun dan perlu adan tahu ternyata mengkonsumsi obat-obatan sangat pengaruh pada kesuburan. Tentunya bukan hal yang asing lagi jika obat kimia memiliki efek samping tertentu bagi kesehatan, terlebih lagi jika di konsumsi dalam jangka panjang.

Mungkin dari anda hanya mengira jika efek samping dari obat-obatan kimia hanya sebatas mengantuk, alergi, hingga naiknya asam lambung. Banyka yang tidak tahu jika mengkonsumsi obat-obatan terntentu memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kesuburan. Bukan tanpa alasan jenis obat-obatan tertentu diketahui dapat berpengaruh pada kinerja organ reproduksi. Dan jika jenis obat-obatan tenrtentu di konsumsi dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan kemandulan atau infertilitas.

Nah untuk anda pasangan suami istri yang sedang melakukan program hamil atau memililki keinginan untuk segera mempunyai momongan sebaiknya hibdari mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Dan berikut ini beberapa obat-obatan yang bisa menurunkan kesuburan.

Obat penenang
Obat penenang memang menjadi obat yang banyak di konsumsi terlebih lagi untuk orang dengan stres berat. Diketahui obat penenang memiliki efek yang sangat fatal bagi reproduksi wanita. Obat penenang bekerja pada syaragf pusat sehingga merangsang pembentukan hormon prolaktin. Diketahui hormon prolaktin dapat mengganggu ovalusi atau pembuahan yang akan sangat berdampak pada kesuburan.

Obat anti inflamasi atau peradangan
Khusus untuk pria penggunaan obat anti peradangan yang berbasis steroid contohnya sulfasalazine ternyata memiliki dampak buruk bagi kualitas sperma. Diketahui obat anti peradangan ini dapat mengurangi produksi sperma dan tentunya juga berdampak pada kesuburan.

Obat penghilang nyeri
Obat penghilang nyeri memang banyak terkandung pada berbagai jenis obat. Namun untuk anda yang sedang merancanakan kehamilan sebaiknya untuk menghindari mengkonsumsi obat pereda nyeri. Obat pereda nyerui diketahui dapat mengganggu proses pembuahan atau ovulasi sehingga sangat berpengaruh terhadap terjadinya kehamilan. Tidak hanya itu penggunaan obat penghilang rasa nyeri dalam jangka panjang dapat menyebabkan luka pada lambung. Beberapa obat perada nyeri yang banyak di gunakan seperti asam mefenamat, ibuprofen dan aspirin.

Obat hipertensi atau darah tinggi
Obat hipertensi atau darah tinggi memiliki kandungan blocker juga diuretik. Kedua kandungan tersebut memiliki fungsi untuk mengontrol tekanan darah namun dalam penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan impotensi bagi pria.

Obat kanker
Obat kanker disini yaitu kemoterapi dan radiasi. Kedua pengobatan tersebut memiliki efek yang kurang baik untuk kesuburan. Selain dapat merusak sel kanker juga akan berimbas pada sel-sel lainnya seperti sel sperma pria.

Itulah beberapa obat yang dapat menurunkan kesuburan, tentunya dengan pemakaian yang bijak maka hal tersebut dapat di minimalisir. Apalagi untuk anda yang sedang melakukan program hamil. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat Vitamin D Bagi Kesuburan
Tips Berhenti Merokok Untuk Meningkatkan Kesuburan

Terapi Untuk Meningkatkan Kesuburan

Citra Dewi Amd.Keb - December 31, 2016
Diskusi Dari:
emilia

Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Alwia

Selamat pagi bu bidan saya adrian usia 27 tahun saya sudah menikah 1,5 tahun namun saat ini belum mempunyai momongan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan sperma agar saya cepat dapet momongan. Ditunggu jawabannya trims

Dijawab Oleh : Alwia
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
Anonymous

kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Opik Taufik

Selamat pagi dok. Saya memiliki bekas luka yang memang cukup hitam dibagian kulit dan susah sekali untuk hilang. Saya mau bertanya, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan masalah kulit hitam ini pada kulit agar seperti warna kulit semula? Jika ada, bagai mana caranya?

Perlu Jawaban