×

ASI

Bagikan Artikel :

  • erni uli
  • bu bidan saya saya seorang ibu yg lagi menyusui,anak saya baru berumur 2,5 bulan,waktu lahir asi saya blm keluar sampai hari ke 3 setelah operasi namu anak saya gak mau menyusui langsung,jadi saya harus pumping,sementara dari PD saya setia setengah jam asi sudah menetes,jadi per dua jam saya pumping bisa sampai 500-600 ml
    nah karena saya sdh kerja saya jarang pumping akhirnya sekarang asi saya terjun bebas sekali pumping cuma 60 ml,sedih bu bidan anak saya jadi rewel
    apa yg saya harus lakukam agar asi saya bisa kembali banyak ?
    dan apakah masih mungkin bisa banyak
    Terimakasih sebelumnya

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Memang sudah menjadi harapan semua ibu bisa memberikan ASI kepada si Kecil hingga 2 tahun. Tapi ada kalanya pemberian ASI ini terhambat karena beberapa faktor misalnya ASI yang sedikit, ibu berkarir dan lain-lain.
    Nah untuk ibu yang mengalami pengurangan produksi ASI jangan dulu stress ya, ini ada beberapa tips agar asi melimpah ruah kembali. Salah satunya :

    Tips Solusi ASI Lancar

    1. Memijat Payudara
    Dengan melakukan pemijatan yang benar maka produksi ASi bisa meningkat.
    2. Memompa ASI
    Rajin memompa ASI akan membuat payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI.
    3. Menyusui setiap 2-3 jam
    Dengan menyusui yang teratur juga dapat menjadi solusi ASI lancar. Jadwal menyusui yang teratur dapat membuat produksi ASI akan semakin terangsang.
    4. Hindari stres
    Jauhkan pikiran dari stres, karena hal tersebut hanya akan membuat produksi ASI terganggu akibat dari hormon dalam tubuh yang tidak seimbang.
    5. Makan makanan bergizi
    Makanan bergizi dan sehat akan meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Maka dari itu setiap hari diperlukan tambahan asupan kalori 300 – 500.
    6. Banyak mengosumsi air putih
    Rutin dan cukupi kebutuhan air mineral akan membantu ASI agar terus diproduksi secara teratur. Tidak hanya air mineral, minum jus tanpa gula (baik jus buah maupun sayur) juga akan memperbanyak ASI.
    7. Meminum suplemen penambah ASI
    Bisa meminum tambahan suplemen untuk penambah ASI seperti yang tersedia dalam bentuk teh, susu atau pil juga dapat menjadi solusi ASI lancar bagi busui.
    8. Memperbanyak makan kacang-kacangan
    Dengan banyak mengonsumsi makanan yang berbahan kacang, maka dipercaya dapat memperlancar ASI. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang dimiliki oleh kacang.
    9. Pijat oksitosin
    Nah untuk pijato oksitosin ini Anda butuh bantuan suami atau keluarga dengan memijat memutar dari bagian leher hingga batas bra belakang Anda.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    1 balasan, 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan