Bagaimana mengatasi kaki bengkak saat hamil

  • Dari
    Pertanyaan
  • #70

    Selamat pagi, maaf bu bidan saya ingin menanyakan perihal kehamilan saya yang disertai dengan gejala kaki bengkak dan kini usia kehamilan saya menginjal trimester 3. Apakah hal ini wajar dan bagaimana cara mengatasinya ?

  • #358

    Umumnya kaki bengkak saat hamil disebabkan oleh banyaknya cairan dalam tubuh, malas bergerak dan aliran darah kurang lancar. Hal ini sering juga disebabkan oleh adanya hormon estrogen. Untuk mengatasinya, berikut dibawah ini cara mudah mengatasi kaki bengkak saat hamil.

    > Jangan terlalu lama berdiri
    > Lakukan gerakan kaki
    > Hindari pemakaian sendal atau sepatu yang mengikat kaki
    > Duduk dengan posisi kaki diatas
    > Berjalan kaki di air saat berenang
    > Pola makan teratur

  • #2215

    Selamat siang terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com
    Pembengkakan pada kaki sering terjadi pada ibu hamil di trimester ke tiga. Tidak jarang hal ini membuat ibu hamil ttidak nyaman dan sulit beraktivitas. Adapun cara untuk mencegah dan mengatasi kaki bengkak yaitu
    1. Ketika duduk atau tidur, ganjal kaki dengan bantal, tujuannya untuk memperbaiki sirkulasi darah.
    2. Umumnya edema terjadi pada ibu hamil yang kurang berolahraga. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk rutin berolahraga ringan, seperti berenang atau berjalan kaki. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.
    3. Mengenakan sepatu yang nyaman jika berpergian.
    4. Kurangi penggunaan garam pada masakan. Mengonsumsi makanan yang asin dapat memperparah edema.
    Anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan rutin ke dokter atau bidan untuk memantau kesehatan ibu dan janin. Pemeriksan rutin juga berguna untuk mendeteksi secara dini apakah kaki bengkak saat hamil merupakan kondisi yang wajar atau disebabkan oleh kondisi serius lainnya. Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

You must be logged in to reply to this topic.