bahaya dari placenta previa

  • Dari
    Pertanyaan
  • #2021

    Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

  • #2291

    Selamat sore terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com
    Plasenta previa akan menyebabkan ibu hamil mengalami perdarahan. Ibu hamil yang mengalami plasenta previa juga sebaiknya menghindari berhubungan seksual karena berpotensi memicu perdarahan begitu juga dengan olahraga. Apabila terjadi perdarahan, ibu hamil dihimbau untuk segera ke rumah sakit sebelum perdarahan bertambah parah.
    Sementara ibu hamil yang pernah mengalami perdarahan selama masa kehamilan disarankan untuk menjalani sisa masa kehamilan di rumah sakit dari minggu ke-34. Langkah ini dianjurkan agar pertolongan darurat (seperti transfusi darah atau pencegahan kelahiran prematur) bisa segera diberikan jika perdarahan kembali terjadi. Prosedur caesar juga akan dilakukan begitu kehamilan mencapai batas usia yang cukup, yaitu minggu ke-36.
    Apabila tidak ditangani dengan cepat, perdarahan ini dapat menyebabkan suatu komplikasi yang mengancam nyawa, yakni syok hipovolemik. Selain itu, komplikasi lain yang dapat ditimbulkan akibat plasenta previa antara lain:
    1. Tromboemboli vena, biasanya disebabkan oleh durasi rawat inap yang terlalu lama dan efek samping dari penggunaan obat antikoagulan (obat anti pembekuan darah).
    2. Kelahiran prematur, biasanya terjadi pada ibu hamil dengan perdarahan yang tidak kunjung berhenti. Dokter mungkin akan menganjurkan prosedur caesar meski usia kandungan belum cukup.
    3. Asfiksia janin dalam kandungan.
    4. Cedera pada bayi saat lahir.
    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

You must be logged in to reply to this topic.