Bayi usia 3 bulan belum bisa miring dan tengkurap

  • Dari
    Pertanyaan
  • #108

    Anonymous

    Siang dok, saya mau tanya. Anak saya umur 3 bulan lebih belum bisa miring apalagi tengkurap, apa itu tidak apa-apa dok ? bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat miring dan tengkurap ? Terimakasih

    #432

    Siang Lesti,

    Petumbuhan dan perkembangan setiap bayi berbeda-beda. Pada umumnya bayi bisa tengkurap antara usia 3-5 bulan dan rata-rata pada usia 4 bulan. Anda tidak perlu khawatir jika pada usia 3 bulan anak anda belum bisa miring, karena hal tersebut masih dalam batas normal. Ada baiknya anda juga rajin melakukan stimluasi pada anak anda dengan cara berikut :

    • Rangsang bayi dengan melakukan tummy time atau meletakkan bayi dalam posisi tengkurap selama 3-5 menit kemudian balikkan badannya kembali dan lakukan tummy time ini secara berulang.
    • Coba ajarkan bayi dan bantu bayi untuk memiringkan badannya.
    • Bunyikan dan gerakkan mainan yang dia sukai di samping badan bayi agar bayi berusaha meraih mainan tersebut dengan memiringkan dan membalikkan badan.
    • Berikan semangat pada bayi dan ucapkan selamat serta beri pujian padanya ketika bayi berhasil miring sendiri atau tengkurap dan menegakkan kepalanya dalam waktu tertentu.

    Dengan stimulasi di atas diharapkan bayi anda dapat miring dan tengkurap serta menggulingkan badan di usia 3-5 bulan. Jika setelah usia 6 bulan bayi anda belum juga bisa tengkurap, anda patut waspada. Sebaiknya anda memeriksakan kondisi anak anda ke dokter anak agar dapat dilakukakan penanganan dengan tepat. Sekian dan semoga bermanfaat.

You must be logged in to reply to this topic.