cara mengatasi alergi dingin

  • Dari
    Pertanyaan
  • #2072

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

  • #2140

    Selamat siang terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com
    Udara dingin sebaigan besar akan menyerang daya tahan tubuh yang menstimulasi produksi lendir/dahak di saluran pernapasan. Hal ini juga biasanya disertai dengan batuk berdahak.
    Pada anak yang memiliki alergi pada suhu yang dingin mak a harus segera membawanya ke tempat yang lebih hangat, kemudian memakaikan pakaian yang lebih tebal (jaket/sweater), diberikan minuman hangat supaya tubuhnya terasa hangat dari dalam. Boleh juga mengolesi tubuh dengan balsam/minyak untuk menghangatkan tubuh. Kalau memang sudah ada obat dari dokter, segera minum obatnya.
    Tapi jangan minum obat sembarangan (bila belum pernah mendapat obat yang diresepkan dokter), sebab bila alergi itu muncul pada saluran napas, yang ditandai dengan batuk/banyak dahak/sesak, konsumsi obat sembarangan bisa menyebabkan anak makin sesak napas. Pasalnya, saat alergi terjadi pembengkakan di saluran napas dan pembengkakan itu terjadi ke arah dalam. Hal ini tentu bisa fatal jika obat malah semakin menutup saluran napas.
    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

You must be logged in to reply to this topic.